6 Ide Bisnis Digital Kekinian Menjanjikan yang Bisa Kamu Coba

Menjalankan bisnis digital kecil-kecilan telah memiliki daya tarik tersendiri untuk publik luas. Meski kamu akan menemui tantangan saat akan memulai, untungnya internet mampu menjadi salah satu solusi menghadapi tantangan tersebut.

Jadi, tidak mengherankan kalau bisnis kecil makin cepat bertumbuh di era perkembangan dan percepatan teknologi seperti sekarang. Bisnis digital dianggap menarik karena memiliki saluran untuk bisa terhubung dengan banyak calon pelanggan.

Pada akhirnya, bisnis ini memungkinkan kamu untuk menjangkau siapa saja dari mana saja di dunia. Namun agar bisa sukses, kamu harus menghubungkan pelanggan dengan penawaran barang atau jasa yang tepat.

Lantas, apa saja kira-kira ide bisnis yang bisa dilakukan secara digital dan tentunya patut untuk dicoba? Simak beberapa contohnya berikut ini!

Ide Bisnis Digital Menjanjikan di Tahun 2022

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan secara daring.

1. Menjual Pakaian

Bisnis pakaian

Bisnis pakaian, baik itu pakaian baru atau pakaian bekas, nyatanya cukup menjanjikan jika dilakukan dengan bantuan internet. Kamu bisa membuat website sendiri dan membuat branding seperti yang kamu inginkan. Bisnis pakaian juga memungkinkan kamu mewujudkan ide-ide kreatif menjadi nyata sekaligus menguntungkan.

2. Menjadi Dropshipper

Dengan banyaknya e-commerce yang ada sekarang, kamu bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis dropship. Model bisnis ini berjalan dengan cara menjual produk yang dibuat oleh pihak lain. 

Namun, untuk menjual produk ini, kamu tidak perlu lagi menyetok dan mengirimkannya secara manual sebagaimana reseller. Sebab dengan model ini, kamu bisa langsung mengirimkannya ke konsumen.

Jadi, kamu hanya perlu mengurus hal-hal administratifnya saja dan tidak perlu buang tenaga untuk melakukan packing dan sebagainya.

3. Menjual Karya Seni Sendiri

Karya Seni

Jika kamu seorang pelukis, fotografer, atau pematung, kamu bisa mengubah mahakarya terbaru kamu menjadi sumber pendapatan.

Terlebih lagi, kalau kamu memiliki karya seni dengan ciri tersendiri yang unik, kamu bisa membuat jasa custom seperti pin, gelas, patung, baju, atau sebagainya. 

Jadi, mulailah menjual karya seni sendiri dengan menggunakan website atau melalui situs galery online seperti Saatchi Art atau Fine Art America. Dengan begitu, kamu bisa mengubah kecintaan kamu terhadap seni menjadi hal yang menguntungkan.

4. Menjadi Freelancer

Freelancer

Content writer, desainer grafis, membuat font, dan pengembang program lepas adalah salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis ini sering disebut juga dengan freelancer.

Penulis, desainer grafis, dan pengembang dapat memulai bisnis mereka sendiri dengan menjual jasa mereka kepada orang-orang di seluruh dunia.

Bekerja secara lepas ini tidak akan memaksa kamu untuk berkomitmen pada suatu proyek selama berbulan-bulan yang menggerogoti waktumu.

Kamu pun bisa mengambil pekerjaan yang hanya sesuai dengan waktu yang kamu miliki. Bahkan, kamu juga sangat bisa membuat perusahaan kecil bersama rekan-rekan lainnya. 

5. Mengajar Kursus Online

ecourse

Mengajar secara daring kini menjadi populer. Nyatanya, kegiatan ini hanya memerlukan persiapan yang sederhana. Kamu bisa menyusun sendiri materi yang disajikan dalam bentuk video atau kamu paparkan langsung dalam pertemuan daring.

Meski begitu, mengajar bukan hal yang sederhana, apalagi di era tanpa tatap muka sekarang. Kamu harus bisa merancang kurikulum yang menarik bahkan materi ajar yang juga tidak membosankan agar orang lain mau berlama-lama mendengar penjelasanmu.

Untuk mulai membuat kursus online pertama, coba lakukan brainstorming topik yang kamu kuasai untuk mengajari seseorang bagaimana melakukannya dari awal.

Ini bisa berupa apa saja, seperti produksi musik, pemasaran media sosial, pengembangan web, atau apa saja dalam format video. Video itu Kemudian bisa kamu pasarkan di situs seperti Udemy atau Skillakademy.

6. Menjadi Influencer

Influencer

Influencer marketing telah menjadi hal yang cukup populer belakangan ini di dunia bisnis pemasaran. Kamu pun bisa mencoba untuk menjadi salah satu influencer tersebut dan menggiring pengikut kamu untuk mencoba produk atau jasa tertentu.

Cara tersebut akan memberikan kamu banyak sekali penghasilan. Sayangnya, untuk menjadi influencer, kamu membutuhkan proses panjang. Terlebih lagi kalau kamu bukan seorang publik figur atau entertainer, kamu akan kesulitan mendapatkan pengikut.

Namun, jika kamu sudah memiliki ratusan ribu pengikut, pastikan untuk menjadi influencer yang jujur. Pilih dan kurasi dengan baik produk yang akan kamu pasarkan agar citra kamu tidak rusak. 

Itulah beberapa jenis ide bisnis digital yang bisa kamu coba. Pastikan untuk mengedepankan kreativitas dan memanfaatkan segala peluang yang ada agar bisnis kamu berhasil. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: