Ini Dia Kamera GoPro, Rajanya Kamera Vlog untuk Segala Kondisi

Saat mendengar kamera GoPro tentu banyak orang akan langsung memikirkan kamera kecil yang canggih dan sering dipakai saat mengambil momen penuh aksi dan pergerakan. Kamera ini juga sering digunakan oleh konten kreator untuk membuat vlog ketika melakukan traveling.

Kamera ini memang sudah menjadi bagian dari perekaman video yang penuh aksi dan juga petualangan sejak orang-orang mulai sering mengabadikan momen mereka. Apa sebenarnya yang membuat kamera ini begitu diminati terutama untuk vlog akan dibahas dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Kamera GoPro dan Keunggulannya Buat Vlog

Kamera GoPro adalah nama dari sebuah brand yang membuat kamera, tak berbeda dengan Canon, Sony, dan sejenisnya. Namun berkat kehadirannya dengan bentuk yang ringkas namun dengan performa yang mempuni membuatnya memiliki tempat dan segmen tersendiri.

Penggunaannya lebih sering dimanfaatkan untuk situasi perekaman yang sulit hingga ekstrem seperti olahraga pemacu adrenalin semisal bungee jumping, downhill, sky diving dan sejenisnya. Maka tidak heran jika kamera ini sering dikategorikan sebagai action camera.

Sebenarnya brand kamera lain juga memiliki jenis kamera yang dikhususkan untuk merekam aksi dengan konsep serupa. Namun karena GoPro sejak awal sudah fokus ke dalam segmen ini, dalam hal daya tahan dan performa di tempat yang ekstrem GoPro menjadi lebih diunggulkan dan dipercaya.

Apa saja keunggulan kamera action ini untuk membuat vlog?

1. Ukuran serta desain yang kecil dan ringkas

Ukuran serta desain yang kecil dan ringkas

Siapa yang mau memegang kamera yang besar dan berat saat berpetualang di alam dengan medan yang sulit atau sedang melakukan olahraga ekstrem? Tentu saja bukan hanya merepotkan tetapi juga akan menambah risiko hal-hal yang tidak diinginkan terutama soal keamanan.

Bayangkan saja jika yang melekat di helm pada pesepeda gunung adalah kamera DSLR atau mirrorless. Kemungkinan yang terjadi adalah kepala dan leher mereka lebih dulu lelah dan pegal ketimbang kaki yang digunakan untuk mengayuh sepeda. Itulah mengapa kamera yang kecil seperti GoPro yang dipilih.

Dengan ukuran yang kecil dan desain yang ringkas ini, GoPro sangat memudahkan para traveler dan juga pecinta olahraga ekstrem. Selain itu pecinta kendaraan yang senang melakukan touring juga sering menaruh kamera ini di kendaraan mereka untuk mengabadikan momen perjalanan.

2. Memiliki daya tahan yang luar biasa

Memiliki daya tahan yang luar biasa

Untuk bisa menyabet gelar action camera tentunya sebuah kamera harus memiliki daya tahan yang kuat dan tangguh. Berada di tempat yang penuh risiko serta aktivitas yang penuh pergerakan tentu sangat meningkatkan kemungkinan kamera mengalami beberapa hal tidak diinginkan.

Misalnya saja kondisi dimana kamera terjatuh, terbentur dan sejenisnya. Jika kamera tidak memiliki daya tahan yang baik maka momen aksi yang diharapkan tidak bisa diabadikan. Oleh karena itu GoPro menghadirkan kamera dengan daya tahan yang kuat dan tangguh.

Dilengkapi dengan casing bening yang menjadi andalan, kamera ini siap untuk dibawa merekam berbagai aksi untuk dijadikan konten vlog. Sebagai referensi, coba bandingkan antara Compact Camera Vs Action Camera.

3. Bisa digunakan di berbagai medan dan cuaca

Bisa digunakan di berbagai medan dan cuaca

Tak hanya memiliki daya tahan pada benturan atau guncangan saja, kamera GoPro juga memiliki daya tahan terhadap berbagai jenis medan dan cuaca. Ingin membuat vlog di lingkungan yang panas seperti gunung? Atau di kondisi yang sangat dingin serta bersalju? Semua tidak masalah dengan kamera ini.

Selain itu kamera ini juga bisa digunakan di lingkungan yang basah seperti pada saat hujan, merekam aktivitas air atau yang sejenisnya. Hanya bermodalkan case plastik saja untuk bisa menggunakan kamera ini untuk merekam aktivitas yang melibatkan air.

Maka dari itu GoPro sering digunakan oleh para peselancar untuk mengabadikan momen ketika melakukan surfing atau digunakan oleh pecinta bawah laut saat diving. Coba gunakan teknik perekaman sinematik agar hasil video terlihat aesthetic.

4. Fitur wide angle yang sangat luas

Fitur wide angle yang sangat luas

Salah satu fitur yang wajib ada untuk sebuah kamera aksi atau outdoor adalah wide angle. Akan sangat disayangkan jika pemandangan indah saat berpetualang tidak bisa direkam dengan sempurna karena keterbatasan penangkapan gambar kamera.

Oleh karena itu GoPro sering digunakan untuk mengabadikan momen sekaligus pemandangan menakjubkan saat beraktivitas di alam. Selain itu dengan wide angle yang luas memungkinkan untuk berfoto bersama secara penuh saat berpetualang bersama kelompok yang besar.

5. Memiliki fitur yang canggih

Memiliki fitur yang canggih

Meskipun memiliki ukuran yang kecil dan ringkas, namun dari segi fitur tidak perlu meragukan kamera ini. Beberapa model dari kamera GoPro bisa melakukan perekaman 4K pada 60fps, hingga merekam dengan fps tinggi untuk menghasilkan slow motion yang mulus.

Selain itu, kamera ini juga ada yang menawarkan kemudahan penghubung perangkat dengan peralatan tambahan seperti drone. Fitur lainnya adalah adanya koneksi WiFi yang membuatnya bisa dihubungkan dengan perangkat smartphone untuk kendali jarak jauh.

Dengan segala keunggulan dan fitur yang tersedia, tidak heran lagi jika yang terlintas di pikiran pada saat ingin merekam aktivitas outdoor atau kegiatan penuh aksi adalah kamera GoPro. Desain ringkas, daya tahan tangguh, serta fitur yang canggih menjadi faktor utama dari pemilihan kamera ini.

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …