6 Aplikasi Kamera Translate Semua Bahasa untuk Android dan iOS

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, melakukan alih bahasa sudah tidak lagi menggunakan kamus fisik. Sudah banyak kamus digital yang tersedia secara gratis dan dapat diakses dengan mudah. Bahkan lebih canggih lagi sudah ada aplikasi kamera translate untuk menerjemahkan tulisan dari foto.

Cukup dengan mengarahkan kamera smartphone ke arah tulisan yang ada di buku, teks, rambu, dan tempat-tempat lain, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan melakukan alih bahasa atau translate ke bahasa yang diinginkan. Apa saja aplikasi translate lewat kamera yang bisa diunduh di smartphone?

6 Aplikasi Kamera Translate Terbaik untuk Android dan iOS

Saat ini, selain aplikasi edit foto juga ada banyak aplikasi yang menawarkan fitur kamera yang dapat men-translate sebuah teks ke bahasa tertentu dan berikut ini adalah 6 diantaranya.

1. Kamera Google Translate

Aplikasi Google Translate

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi translate paling terkenal dari Google ini? Sudah menjadi kamus digital paling terkenal dan pasti pernah digunakan oleh hampir seluruh pengguna internet, aplikasi Google Translate ternyata memiliki fitur untuk melakukan translate menggunakan kamera smartphone.

Di dalam aplikasi ini terdapat opsi untuk melakukan terjemahan melalui kamera dengan tiga pilihan yaitu terjemahan instan atau langsung, melakukan pemindaian dengan mengambil gambar, dan mengimpor gambar yang mengandung teks yang ingin diterjemahkan dari galeri.

Aplikasi Google Translate dapat dijalankan dalam kondisi online maupun offline dengan dukungan bahasa yang berbeda. Dengan kondisi online, translate foto dapat mendukung hingga 90 bahasa, sedangkan versi offline-nya memiliki 59 bahasa untuk diterjemahkan.

2. Microsoft Camera Translator

Aplikasi Microsoft Translator 1

Dimana ada Google, di situ ada Microsoft dan juga sebaliknya. Microsoft juga memiliki aplikasi penerjemah untuk smartphone yang dapat diunduh di Android maupun iOS. Fitur kamera pintar di aplikasi ini dapat menerjemahkan teks atau gambar dengan lebih dari 70 bahasa yang tersedia.

Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam keadaan online dan juga offline serta memiliki fitur untuk menerjemahkan suara. Dengan begitu Microsoft Translator bisa digunakan untuk melakukan percakapan dengan orang lain dari berbagai negara dan bahasa yang berbeda-beda.

3. Aplikasi Naver Papago Translate

Aplikasi Naver Papago Translate

Ingin bepergian ke negara terkenal seperti Inggris, Jepang atau Thailand? Aplikasi Naver Papago bisa menjadi salah satu bekal penting untuk mempermudah menerjemahkan tanda maupun melakukan percakapan ke bahasa di negara tersebut.

Pasalnya aplikasi Naver Papago sudah mendukung kamera translate yang bisa digunakan untuk menerjemahkan teks dari gambar dengan dukungan 13 negara seperti Inggris, Korea, Cina, Jepang, Italia, Spanyol, Jerman, Vietnam, Thailand, Prancis, dan tentunya Indonesia.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store ini juga memiliki fitur untuk menerjemahkan percakapan dari suara secara langsung.

4. Yandex.Translate Camera

Aplikasi Yandex.Translate

Ingin mencoba aplikasi penerjemah yang mendukung terjemahan ke bahasa lokal seperti Jawa dan Sunda? Aplikasi Yandex.Translate bisa menjadi salah satu opsi yang bisa kamu coba. Selain itu ada 100 bahasa yang tersedia untuk penerjemahan saat digunakan dalam kondisi online.

Kamu juga bisa menyimpan terjemahan yang sering digunakan sehingga bisa dengan mudah serta terdapat pula fitur penerjemahan frasa. Aplikasi yang dikembangkan oleh Intertech Services AG ini dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa lewat teks, foto, atau rambu-rambu di jalanan.

5. Kamera Translate TripLingo

Aplikasi TripLingo

Berikutnya ada aplikasi TripLingo yang dapat menerjemahkan bahasa dari suara, gambar hingga frasa dari bahasa tertentu. Aplikasi satu ini cocok untuk menemani perjalanan ke luar negeri karena dapat membantu beradaptasi dengan budaya dari negara tersebut.

Namun meskipun memiliki berbagai fitur, terdapat batasan jumlah kata yang bisa diterjemahkan pada versi gratisnya. Jika ingin menggunakan seluruh fitur secara penuh, penggunanya harus melakukan upgrade ke versi pro dan membayar sebesar $7.49 atau berkisar Rp111.000an per bulannya.

6. Kamera Translate All Language

Aplikasi Translate All Language

Translate All Language merupakan aplikasi gratis di Android dan iOS yang dapat melakukan penerjemahan melalui suara, teks hingga gambar dari berbagai bahasa. Jika tidak tahu bahasa apa yang digunakan dalam teks, kamu bisa langsung memindainya dan aplikasi ini secara otomatis mencari tahu bahasa apa itu.

Lebih dari 100 bahasa tersedia yang bisa diterjemahkan dalam kondisi online serta beberapa bahasa dalam kondisi offline. Terdapat juga fitur untuk melakukan alih bahasa secara verbal dengan pendeteksi suara sehingga praktis digunakan sebagai penerjemah dalam percakapan.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah pada versi gratisnya terdapat iklan yang bagi beberapa orang akan mengganggu. Untuk bisa menikmati fitur penuh dari aplikasi ini tanpa gangguan iklan, kamu harus membayar dan melakukan upgrade ke versi berbayar terlebih dahulu.

Sekarang jika menemukan tulisan bahasa asing yang tidak dimengerti, tidak perlu lagi mengetik secara manual di aplikasi terjemahan yang tentunya memakan waktu dan tidak praktis. Cukup gunakan aplikasi kamera translate dan mengarahkan kamera HP ke teks tersebut maka masalah sudah terselesaikan.

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …