Rekomendasi 7 Platform Digital untuk Belajar Bisnis Online

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin memulai sebuah usaha daring adalah belajar berbisnis online. Melalui pembelajaran tersebut, kamu bisa memahami cara menyusun strategi pemasaran, cara menyusun anggaran, dan lainnya.

Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari cara berbisnis online, tujuh rekomendasi platform berikut bisa jadi tempat menimba ilmu.

1. PanduanIM

Platform digital untuk belajar usaha online yang pertama adalah PanduanIM. PanduanIM merupakan sebuah website asal Indonesia yang menyediakan berbagai macam artikel berisi panduan dan strategi untuk memulai bisnis online dan blog. 

Berbagai jenis panduan yang bisa dibaca melalui PanduanIM meliputi panduan SEO, social media marketing, content marketing, ide bisnis online, copywriting, dan WordPress. Setiap artikel dibahas secara dalam oleh penulis ahli tepercaya, yaitu Darmawan.

Saking padat dan berisinya sebuah artikel, kamu akan merasa seperti sedang menggali materi dari sebuah buku saat membacanya. Kerennya lagi, semua artikel dalam website ini bisa diakses secara gratis.

2. Kuncie

Kuncie

Jika kamu lebih menyukai platform belajar dalam bentuk aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi Kuncie. Aplikasi ini menyediakan mentor dan juga video course yang bisa diakses secara gratis.

Beberapa mentor di aplikasi ini merupakan pebisnis sukses di Indonesia. Contohnya adalah Helmy Yahya, Jessica Lin, Najla Bisyir, Raditya Dika dan lainnya. Kamu juga akan menemukan ide bisnis digital yang cukup menjanjikan nantinya.

3. Udemy

Udemy

Ketika berbicara tentang platform belajar, Udemy harus masuk ke dalam daftar. Udemy adalah sebuah platform belajar berbayar yang sudah tersebar luas di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Jika kamu membeli materi dan berhasil menyelesaikan satu materi tersebut, kamu akan mendapatkan sertifikat kursus dari Udemy. Menariknya lagi, Udemy menyediakan berbagai macam materi bisnis online yang cukup beragam.

Kamu bisa memilih ingin mempelajari materi bisnis online sesuai bidang,seperti bidang kuliner, fashion, design, dan lainnya. Tips membeli materi di Udemy adalah kamu harus melihat ulasan dari customer sebelumnya, carilah materi dengan ulasan yang tinggi.

4. Neil Patel

Neil Patel merupakan seorang pebisnis sukses asal India yang pernah menyandang gelar top marketer versi Forbes. Kini, Neil Patel menyediakan sebuah platform untuk mempelajari cara berbisnis online melalui website NeilPatel

Kamu bisa mempelajari materinya secara gratis maupun berbayar. Jika ingin yang gratis, kamu bisa membaca beberapa artikel di blog dan juga melihat video di channel Youtube Neil Patel.

Kamu juga bisa membayar sesi konsultasi online dengan pembahasan content marketing, SEO, analisis bisnis dan lainnya. Jangan khawatir karena semua materi tersedia dalam bahasa inggris. 

5. Skill Academy

Skill Academy

Platform belajar yang juga memberikan sertifikat kursus adalah Skill Academy. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa digunakan oleh orang-orang yang ingin mengasah kemampuan mereka. Salah satunya yang bisa kamu perdalam di aplikasi ini adalah skill berbisnis online.

Di aplikasi Skill Academy ini, kamu akan menemukan materi bisnis online yang sangat beragam, mulai dari cara bisnis online di Instagram dan e-commerce, cara bisnis kue online, cara bisnis kecantikan online, hingga strategi bisnis online.

Namun, untuk mengakses materi dalam platform ini, kamu harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

6. edX

edX

Jika ingin belajar materi bisnis online dari Universitas terkemuka, kamu wajib mencoba platform edXPlatform edX ini bekerja sama dengan beberapa Universitas, seperti Harvard University, American University, LSE dan lainnya.

Saat mengunjungi website edX, kamu bisa langsung mencari materi bisnis online dan mengaksesnya secara gratis.

7. Hubspot Academy

Dapatkan sertifikat kursus dan juga materi bisnis online melalui website Hubspot Academy. Jadi, jika kamu berhasil menyelesaikan satu kursus, kamu akan mendapatkan sertifikatnya. Uniknya lagi, kamu bisa mengakses materi dan mengumpulkan sertifikatnya secara gratis.

Caranya adalah cukup buat akun di Hubspot Academy. Beberapa materi bisnis online yang bisa kamu pelajari di Hubspot Academy adalah strategi marketing online, cara menganalisis bisnis, SEO dan lainnya.

Setiap materi yang tersedia memiliki modul pembelajaran berbeda. Beberapa materi tersedia dalam bentuk video, kuis, materi tertulis dan lainnya.

Itulah tujuh platform digital untuk mempelajari cara berbisnis online. Kamu bisa mengaksesnya melalui ponsel atau laptop.

Adanya platform digital ini memudahkan semua orang untuk mempelajari hal baru dimana saja dan kapan saja. Tentunya, sembari belajar, kamu juga harus melakukan praktik secara langsung untuk menjalankan bisnis online.