7 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan untuk Pemula

Di zaman serba digital saat ini, makin banyak orang yang ingin memiliki bisnis online. Hal ini dikarenakan bisnis secara online cukup menguntungkan dan bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu menyewa sebuah tempat.

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai berbisnis, kamu bisa mempertimbangkan 7 ide bisnis online yang cukup menjanjikan ini.

1. Jasa Foto Produk

bisnis online Foto Produk

Foto menjadi aspek paling penting saat menjual barang online karena calon pembeli hanya mempertimbangkan produk dari foto saja. Jadi, para penjual harus bisa menggunakan foto semenarik mungkin.

Namun sayangnya, tidak semua orang ahli dalam pengambilan foto. Itulah sebabnya jasa foto produk dibutuhkan oleh pasar. Maraknya penjual online saat ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk layanan foto produk.

Cara kerjanya pun cukup sederhana. Pertama, penjual mengirimkan produk yang akan diambil fotonya. Lalu, penyedia layanan foto produk melakukan proses pemotretan dan mengirimkan hasil.

2. Buket

Buket

Selanjutnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi penyedia buket. Di banyak momen istimewa, seperti wisuda, ulang tahun, wedding anniversary, dan lainnya, buket menjadi salah satu buah tangan paling hits saat ini.

Kamu hanya perlu memilih jenis buket apa yang ingin dijual, mulai dari bunga, makanan kemasan, hingga uang. Lalu, untuk memasarkan produk, kamu bisa memanfaatkan e-commerce dan media sosial.

Lebih lanjut, usaha buket ini bisa dikatakan sebagai kegiatan menjanjikan di masa mendatang. Pasalnya, hari-hari atau momen peringatan spesial akan terus ada sepanjang zaman. Selain itu, modal bisnis yang relatif rendah bisa jadi nilai positif bagi pemula, seperti kamu, untuk mencoba. 

3. Jasa Desain Grafis

bisnis online Desain grafis

Seorang desainer grafis akan selalu dibutuhkan di masa depan. Oleh karena itu, jika kamu memiliki kemampuan desain, membangun usaha jasa desain grafis bukan ide buruk.

Tawarkan berbagai desain yang kamu buat ke calon pelanggan, seperti logo, kemasan produk, dan desain konten media sosial. Agar lebih meyakinkan dan menarik perhatian calon konsumen, sediakan pula portofolio desain lengkap.

4. Pakaian

Jual pakaian

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan ketika membahas inspirasi usaha online adalah bisnis pakaian. Mengapa? Karena setiap orang akan selalu membutuhkan pakaian baru.

Jika belum punya modal, mulailah dengan menjalankan sistem dropship dari toko lain. Ingin lebih menantang? Buatlah brand pakaian sendiri jika kamu memiliki ide-ide keren seputar desain pakaian.

Bukan hanya menguntungkan, membangun merek baju sendiri juga membuka peluang besar bagi kamu untuk mengasah kemampuan terpendammu. 

5. Jasa Copywriting

bisnis online copywriting

Kemampuan copywriting sangat dibutuhkan di dunia digital marketing saat iniBanyak perusahaan bahkan membutuhkan staf khusus di bagian copywriting, dikenal copywriter.

Jadi, jika kamu merupakan salah seorang penulis copywriting andal, tidak ada salahnya untuk membuka jasa copywriting online.

Umumnya, klien akan meminta seorang copywriter untuk menyiapkan landing page, artikel, caption, script, dan lainnya.

Supaya mendapatkan klien, kamu harus membangun portofolio dan terus mempromosikan jasa kamu di media sosial atau platform freelance.

6. Cake

Cake

Menjual cake menjadi salah satu peluang usaha daring yang cukup menjanjikan karena publik gemar mengonsumsi penganan manis ini sebagai teman minum teh atau kopi, baik di pagi ataupun sore hari.

Ada berbagai macam jenis cake yang bisa kamu jual, mulai dari cake ulang tahun, cake pernikahan, hingga cake untuk perayaan wisuda.

Jika kamu ingin memulai bisnis ini, kamu tentu harus menguasai cara membuat cake. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat desain cake yang unik nan menarik sesuai permintaan konsumen.

Untuk mempromosikan keahlianmu dalam membuat cake, kamu bisa menggunakan aplikasi TikTok dan IG Reels pribadimu. Unggahlah beragam konten menarik, seperti cara membuat kue, tips menggunakan alat pembuatan kue, dan lainnya.

7. Bahan Packaging

Packaging

Maraknya online shop saat ini membutuhkan bahan pengemasan atau packaging yang tidak sedikitseperti box, bubble wrap, dan plastik polimer. Alat-alat untuk mengemas ini tentu sangat dibutuhkan oleh setiap toko guna menjaga keamanan produk mereka sampai ke tangan pelanggan.

Maka dari itu, kesempatan emas ini tentu tidak boleh dilewatkan. Mulailah dengan mencari supplier bahan pengemasan tepercaya. Lalu, jalin kerja sama dengan penyedia jasa cetak logo untuk menambah nilai jual bahan packaging-mu.

Itulah tujuh inspirasi bisnis online yang bisa kamu kembangkan dan pertimbangkan. Ketujuh ide usaha tersebut tetap akan dibutuhkan di masa depan. Hal terpenting adalah kamu harus menerapkan strategi marketing yang tepat.

Lalu, jangan lupa untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial. Dengan begitu, kamu dapat menjangkau pasar lebih luas. Selain 7 ide di atas, kamu juga bisa mencoba ide bisnis digital yang kalah menjanjikannya.

Check Also

5 Bisnis Tanpa Modal Menguntungkan untuk Pemula

Memulai sebuah bisnis memang identik dengan mengeluarkan modal. Modal yang dikeluarkan cukup beragam, mulai dari modal minim …