Ingin Menjadi Desainer Grafis? Yuk, Simak Informasinya!

Salah satu pekerjaan yang banyak diminati saat ini adalah graphic designer. Seorang desainer grafis berperan penting untuk menciptakan sebuah desain visual yang berguna untuk menyampaikan informasi. Bagi yang ingin menekuni dunia kerja dalam bidang ini, berikut ini ada beberapa informasi penting.

Apa itu Desainer Grafis?

Apa itu Desainer Grafis?

Kamu pasti pernah mendengar profesi desainer grafis, karena dunia desain grafis memang sedang dibutuhkan saat ini. Graphic designer adalah sebuah profesi untuk menghasilkan desain visual berupa ilustrasi, fotografi, atau tipografi. Jadi, profesi ini bertanggung jawab atas tampilan visual sebuah media.

Seorang graphic designer harus mampu menyampaikan informasi hanya dari tampilan visual pada media. Media yang digunakan bisa berupa logo, poster, gambar, dan lainnya. Jadi, seorang desainer grafis harus bisa menggabungkan unsur gambar, tulisan dan warna menjadi satu kesatuan.

Umumnya, bidang kerja untuk profesi jenis ini adalah pemasaran atau periklanan. Namun, seorang graphic designer juga banyak bekerja di bidang lain, seperti konstruksi, teknologi informasi, pendidikan dan lainnya.

Tugas Desainer Grafis

Tugas yang Harus dikerjakan seorang Desainer Grafis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang graphic designer bertugas untuk menciptakan sebuah desain visual. Selain bertugas untuk membuat rancangan desain visual, beberapa tugas lainnya adalah sebagai berikut.

  • Menciptakan desain visual dengan menggabungkan unsur tulisan, gambar dan warna yang menyiratkan sebuah informasi.
  • Menyiapkan konsep dan draft desain visual yang ingin dibuat.
  • Berdiskusi dengan seorang art director atau klien untuk membahas konsep rancangan desain yang perlu dibuat.
  • Membuat ilustrasi desain dari sebuah konsep.
  • Menciptakan desain grafis seperti logo, ilustrasi produk, konsep iklan produk dan lainnya.
  • Melakukan evaluasi dan revisi sesuai permintaan klien.

Gaji Desainer Grafis

Gaji

Menekuni profesi di dunia kreatif ini bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, ada banyak ilmu, keahlian, keterampilan, dan tools yang dibutuhkan. Jadi, tidak heran jika penghasilannya pun terbilang cukup tinggi dibandingkan pekerjaan lainnya.

Dilansir dari Lifepal, gaji desainer grafis untuk fresh graduated umumnya berkisar sepuluh juta rupiah per bulan. Makin banyak pengalaman seseorang, makin tinggi juga nominal yang didapatnya. Seseorang yang memiliki pengalaman bekerja di industri ini biasanya malah mendapatkan uang berkisar 42 juta hingga 70 juta rupiah per bulan.

Sangat menggiurkan, bukan? Akan tetapi, hal ini tentu saja setara dengan kemampuan yang harus dimiliki. Jika berminat menjadi menjadi seorang graphic designer, jangan lupa untuk asah kemampuanmu di bidang desain grafis.

Skill yang Dibutuhkan

Skill yang Dibutuhkan Desainer Gratis

Hal terpenting yang harus dimiliki oleh desainer grafis adalah skill atau kemampuan yang mumpuni, bahkan ini menjadi salah satu syarat agar bisa diterima di industri ini. Berikut ini adalah beberapa skill desain grafis yang perlu kamu miliki.

1. Menggambar

Skill pertama adalah menggambar, baik menggambar secara manual maupun menggunakan software. Menggambar dengan menggunakan software lebih sering dilakukan sekarang ini karena pekerjaan utama dari profesi ini dalah membuat desain produk digital.

Lalu, bagaimana jika tidak bisa menggambar, tetapi ingin menjadi graphic designer? Asah kemampuan menggambarmu. Dengan begitu, kamu bisa terus menggapai impian menjadi seorang desainer grafis.

2. Tipografi

Tipografi adalah ilmu yang mempelajari tentang penataan huruf di sebuah desain. Jadi, seorang graphic designer harus memahami berbagai macam jenis font yang sesuai untuk sebuah desain. Penggunaan font tentu akan sangat memengaruhi hasil desain grafis yang telah dibuat.

3. Copywriting

Meski tidak semua graphic designer harus memiliki kemampuan copywriting, skill ini cukup penting untuk dunia pemasaran dan periklanan. Pasalnya, kamu harus membuat copywriting yang sesuai untuk sebuah ads. Namun, tidak semua perusahaan mengharuskan kamu  memiliki skill ini, apalagi perusahaan sudah memiliki tim copywriting sendiri.

4. Ideation

Ideation adalah kemampuan untuk melakukan riset atau mencari tahu metode untuk mengembangkan sebuah tren menjadi tampilan visual yang menarik. Jadi, seorang graphic designer harus mampu menginterpretasikan ide atau konsep yang akan digunakan menjadi sebuah desain visual yang sesuai dengan ide tersebut.

Itulah sedikit pembahasan tentang pengertian, tugas, gaji dan skill seorang desainer grafis. Jadi, apa kamu masih berminat untuk berkecimpung di dunia periklanan ini? Jika berminat, asah terus kemampuan desain grafis dan siapkan portofolio dari sekarang.