Review Fujifilm GFX 100S: Harga, Spesifikasi dan 7 Fitur Canggih

Bagi pengikut setia atau orang yang sudah lama tertarik dengan kamera Fujifilm, kamera mirrorless GFX 100 bukanlah sebuah hal asing. Menilai kesuksesan seri pertamanya, brand kamera ternama ini mengeluarkan seri kedua untuk tipe tersebut, yaitu Fujifilm GFX 100S yang hadir dengan fitur yang lebih mutakhir.

Desain kamera mirrorless ini dibuat lebih compact dari kamera mirrorless full frame pada umumnya. Dimensi dari kamera seri ini dibuat lebih ringkas dengan bobot lebih ringan, yaitu hanya 900 gram. Nah, mau tahu fitur canggih apalagi yang dimiliki kamera ini? Mari kita bahas pada artikel review kamera berikut.

Spesifikasi Fujifilm GFX 100S

Spesifikasi Fujifilm GFX100S

Berikut spesifikasi Fujifilm GFX 100S.

  • Dimensi : 150 x 104 x 87 mm.
  • Berat : 900 gram.
  • Sensor : Medium format 102 Megapixel (BSI-CMOS).
  • Prosesor : X-Processor 4.
  • ISO : Auto, 100-12800.
  • Auto Focus : Contrast detect, phase detect, face detection, multi-area, center, selective single-point, single, tracking, continuous, touch, live view.
  • Fokus : 425 dot.
  • Lensa: Fujifilm GF 80mm (focal length).
  • LCD : 3,2 inchi (2,36 juta dot).
  • Fitur LCD: Touchscreen, tilting.
  • Tipe Viewfinder : Elektronik.
  • Continuous drive: 5 fps.
  • Resolusi: 4K 30fps
  • Aspek rasio: 16:9 atau 17:9 .
  • Koneksi: HDMI.
  • Slot memori: Dual SD/SDHC/SDXC card (support UHS-II).

7 Fitur Fujifilm GFX 100S

Fitur Fujifilm GFX100S

Dengan resolusi sensor mencapai 102 megapixel, mirrorless medium format ini diklaim mampu dioperasikan pada suhu ekstrem hingga -10°C. Dengan X-Processor 4, kamera ini mampu memberikan pengalaman pengambilan gambar lebih menarik dari seri pertamanya.

Selain hadir dengan tampilan dan spesifikasi baru, Fujifilm GFX 100S juga menawarkan beberapa fitur menarik yang beberapa di antaranya tidak ada pada seri pertamanya. Berikut beberapa fitur canggihnya.

1. Sistem Autofocus Hybrid

Sama dengan seri sebelumnya, kamera mirrorless satu ini juga dilengkapi dengan sistem autofocus hybrid phase detection yang mencakup area sensor mendekati 100%. Terlebih lagi, total 425 titik focus membuat hasil jepretan kamu bokeh, tetapi tetap jernih dan tajam.

2. Resolusi 4K

Kurang lengkap rasanya jika review kamera tidak membahas soal kualitas rekaman videonya. Untuk hasil pengambilan gambar maupun video, kamera ini telah didedikasikan untuk mampu menghasilkan resolusi terbaik hingga 4K dengan frame 30fps.

Aspek yang disediakan adalah 16:9 dan 17:9 dengan dukungan penuh pada pengambilan video pada bit rate maksimal 400Mbps.

3. AF Phase Detection Pixel

Fujifilm GFX 100S menggunakan prosesor X-Processor 4 yang dilengkapi dengan fitur AF phase detection pixel. Fitur ini dapat melacak fokus dengan kecepatan 0.16 detik pada mode Tracking AF maupun Eye AF.

Hal tersebut membuat gambar yang dihasilkan akan lebih baik dan fokus walaupun dalam kondisi gelap (cahaya minimal -5,5 EV).

4. Kamera LCD Layar Sentuh 3,2 Inchi

Kamera ini juga dilengkapi LCD monitor layar sentuh dengan ukuran 3,2 inchi yang memiliki resolusi sekitar 2,36 dot. LCD tersebut dilengkapi dengan mekanisme titing dengan kemiringan tiga arah (90°, 45°, 60°).

5. Penstabil 5-Axis

Kamera Fujifilm GFX 100S juga dilengkapi dengan fitur penstabil 5-axis yang tertanam pada bodi ringkasnya. Ukuran dari penstabil sudah diperkecil 20% dan 10% lebih ringan dari versi sebelumnya. Untuk performa, penstabil ini adalah stabilisasi hingga 6-stop.

6. Mode Film Simulation

Kamera ini mengeluarkan fitur eksklusif, yaitu 19 film simulation yang diberi nama Nostalgic Neg. Simulasi ini memberikan warna nada yang menyerupai “American New Color”.

Selain itu, kamera ini juga menyediakan 2 slot kartu memori USH-II yang bisa menampung lebih banyak file mentahan video dan gambar.

7. Support Connection HDMI

Untuk pengambilan video, kamera ini memiliki kualitas yang cukup besar, yakni bit rate mencapai 400 Mbps dalam 10-bit 4:2:0 F-log yang akan disimpan otomatis pada memori internal atau SD card. Kamera ini juga support 10 bit 4:2:2 F-Log atau 12 bit RAW melalui koneksi HDMI.

Harga Fujifilm GFX 100S

Harga Fujifilm GFX100S

Dengan semua fitur dan spesifikasi di atas, kamera mirrorless Fujifilm GFX100S dibanderol dengan kisaran harga US$ 5.999 atau setara dengan Rp84,6 juta untuk bodinya saja. Sedangkan, untuk Lensa Fujifilm GF 80mm, dibandrol dengan kisaran harga US$ 2.299 atau setara dengan 32,4 juta.

Nah, itu dia review kamera Fujifilm GFX 100S berdasarkan fitur dan harganya. Meskipun mahal, harga tersebut sebanding dengan fitur dan kualitas gambar maupun video yang dihasilkan dari mirrorless canggih 102 megapiksel ini.

Baca Juga:

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …