Bokeh Dalam Fotografi Dan Kenali Karakteristik Lensa

bokeh

Saat ini istilah bokeh sering kali terdengar ketika ada merk smartphone mengeluarkan seri terbarunya. Bagi orang awam, tentunya istilah bokeh masih asing di telinga. Bokeh adalah salah satu istilah di dalam dunia fotografi untuk menggambar sebuah objek yang blur. Supaya lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai bokeh.

Pengertian Bokeh

Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang, yaitu “boke” yang dapat diartikan buram, bias atau mengaburkan. Di dalam dunia fotografi, bokeh adalah sebuah wilayah yang out of focus pada foto yang diciptakan karena keterbatasan lensa sehingga cahaya yang masuk ke foto tersebut menjadi buram.

Secara definisi, Bokeh adalah cara lensa dalam menampilkan titik cahaya di luar area fokus. Hasil efek bokeh sangat tergantung pada perbedaan aberasi lensa serta bentuk apertur.

Teknik fotografi bokeh sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Mike Johston di tahun 1997. Ia adalah seorang editor majalah Photo Techniques yang karya-karya sebelumnya pun sudah terkenal dan memiliki kualitas yang tinggi.

Apa itu Bokeh

Contoh foto bokeh diatas, terdapat sebuah objek yang terlihat sangat jelas dan posisinya tepat berada di tengah foto, sedangkan area di belakangnya buram sehingga berdampak pada objek foto akan tampak terlihat dengan jelas.

Alasan Membuat Foto Bokeh

Menyembunyikan Bagian yang Tidak Perlu

Dengan menggunakan teknik bokeh Anda dapat menyembunyikan bagian dari sebuah foto yang mengganggu dan tidak perlu ditampilkan. Karena bagian tersebut belum tentu bisa disingkirkan secara fisik, maka Anda bisa menggunakan teknik bokeh ini.

Background foto yang buram atau kabur karena teknik bokeh akan membuat objek akan tampak lebih jelas dan background yang mengganggu tidak akan tampak kembali.

Menonjolkan Objek Utama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknik fotografi bokeh akan membuat objek utama akan tampak terlihat lebih jelas.

Dengan background yang kabur, otomatis objek utama di dalam foto akan semakin menonjol sehingga mata yang melihat akan langsung terfokus ke objek utamanya tersebut.

Menambah Nilai Estetika Foto

Selain dapat menyembunyikan bagian yang tidak perlu dan menonjolkan objek utama, teknik fotografi bokeh juga banyak digunakan untuk membuat nilai estetika dari sebuah foto menjadi lebih tinggi.

Membuat background foto yang menjadi buram adalah teknik dan kreatifitas yang akan selalu dipelajari oleh fotografer. Background yang buram namun tetap dapat menyatu dengan objek utama tentunya akan membuat kualitas foto menjadi lebih baik.

Bahkan saat ini sudah terdapat beberapa jenis bokeh yang banyak digunakan oleh fotografer profesional, seperti bokeh creamy, swirly, circular, pentagonal, donat, dan masih banyak lagi.

Walaupun begitu, nilai estetika dari teknik fotografi bokeh akan kembali lagi ke selera individunya, terdapat beberapa orang yang menyukai latar belakang yang benar-benar kabur sehingga objeknya dapat terlihat dengan jelas.

Namun terdapat juga orang yang ingin masih memperlihatkan bentuk asli dari latar belakangnya agar tampak lebih alami.

Teknik Memotret Foto Bokeh

Mendapatkan kualitas efek bokeh yang baik tidak selalu harus menggunakan kamera terbaik ataupun lensa mahal. Tetapi sebelum menentukan kamera atau lensa ada baiknya Anda mempelajari beberapa hal yang dapat mempengaruhi kualitas bokeh dibawah ini.

Aperture

Setting Aperture pada bukaan lensa yang paling besar dengan cara mengatur F-number pada nilai terkecil menurut kemampuan lensa. misalnya f/2.8 atau jika lensa masih mampu terbuka lebih besar maka atur f/1.4.

Aperture

Aperture sangat berpengaruh dalam menghasilkan foto bokeh. mengatur bukaan lensa semakin lebar maka semakin besar Depth of Field bisa tercapai.

Jarak Objek Dengan Background

Jarak objek dengan background ternyata sangat membantu tugas Aperture dalam mencapai area Depth of Field. Jika Aperture mengatur kedalaman ruang dari kemampuan lensa, maka mengatur jarak objek dengan backround merupakan cara mengatur kedalaman ruang secara manual.

Menentukan fokus pada objek dengan jarak background yang jauh. Maka dengan Depth of Field yang sempit akan menambah blur pada background.

Focal Length

Setting kamera pada Focal Length terpanjang semampu lensa. Misalnya ketika Anda menggunakan lensa Canon EFS 18-55mm, maka putar ring lensa hingga batas maksimum ke 55mm.

Focal Lentgh berpengaruh terhadap sudut pandang, menggunakan Length Focal besar akan memberikan sudut pandang yang sempit. Dalam hal ini area yang masuk kedalam frame akan semakin sempit sehingga menambah kesan dramatis.

Jarak Objek Dengan Kamera

Mendekatkan objek dengan kamera akan mempertegas ketajaman foto pada area titik fokus. Sehingga menghasilkan foto semakin tajam pada titik fokus namun blur disekitarnya.

Hal ini berguna dalam membantu memaksimalkan Focal Length ketika Anda menggunakan Lensa bawaan. Tetapi Anda harus tetap memperhatikan objek agar tidak terpotong frame.

Tips Mendapatkan Foto Bokeh

Perhatikan Fokus pada Objek

Fotografi bokeh memiliki tujuan untuk menonjolkan objek utamanya, sehingga Anda harus menempatkan titik fokus kamera ke objek agar bagian tersebut dapat terlihat lebih jelas dan tajam. Jika Anda melakukan pemotretan pada manusia, bisa memfokuskan pada mata orang tersebut.

Apat itu Bokeh1

Saat ini teknik bokeh sendiri juga telah didukung dengan berbagai kamera canggih yang dapat menentukan fokus ke objek utama secara otomatis, contohnya seperti Sony A7 Mark III. Kamera keluaran Sony ini mampu mendeteksi objek mata secara otomatis.

Namun terkadang kamera yang memiliki teknologi canggih sekalipun tetap dapat melakukan kesalahan ketika memilih titik fokus. Biasanya hal ini dikarenakan terdapat benda yang cahayanya lebih cerah atau lebih kontras dibandingkan objek utamanya.

Gunakan Lensa Fix / Prime

Teknik membuat hasil bokeh selanjutnya yaitu dengan menggunakan bantuan lensa fix/prime. Lensa fix atau lensa prime adalah jenis lensa kamera yang hanya memiliki 1 focal length saja. Contoh lensa fix antara lain, Canon 50mm f/1.8, Nikon 35mm f/1.4G, dan Canon EF 20mm f/2.8.

lensa bokeh

Lensa fix dapat digunakan untuk membuat efek bokeh karena memiliki kualitas optik yang bagus. Produsen dari lensa fix memang sengaja membuat lensa ini hanya fokus untuk menghasilkan kualitas gambar terbaik di focal length tersebut.

Tidak hanya itu saja, lensa fix memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan lensa zoom. Hal ini dikarenakan konstruksi lensa dan jumlah elemen yang terdapat di dalamnya tidak sebanyak lensa zoom.

Faktor yang Mempengaruhi

Jumlah dan Bentuk Blade Aperture

Jumlah suatu aperture dapat ditentukan dari mekanisme yang terbentuk oleh beberapa keping metal atau yang lebih dikenal dengan Blade Aperture. Blade ini lah yang akan membuka dan menutup untuk membentuk lubang seukuran aperture yang telah diatur.

blade aperture
Blade Aperture

Semakin banyak jumlah blade (biasanya di atas 6 blade) maka akan membuat efek bokeh yang membentuk circular (lingkaran). Sebagian besar produsen lensa membuat efek bokeh dengan bentuk yang circular smooth.

efek bokeh adalah

Teknik yang mereka gunakan pada umumnya akan membentuk blade yang melengkung dengan jumlah yang banyak. Hasil dari circular tersebut nantinya akan membuat efek bokeh menjadi lebih bagus dan terkesan cinematic.

Karakteristik Spherical Aberration

Spherical Abberation adalah sebuah efek optikal yang akan terjadi jika cahaya mengenai atau masuk ke dalam lensa kamera. Setiap lensa kamera memiliki karakteristik spherical abberation masing-masing, tergantung dari kualitas material yang digunakan dan juga proses fabrikasinya.

Spherical Aberration
+ve Spherical Aberration

Setiap lensa kamera akan menghasilkan pantulan sinar cahaya yang berbeda-beda di bagian tepi maupun tengah. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan karakteristik di setiap material pembentuk lensa tersebut.

Spherical Aberration
-ve Spherical Aberration

Setiap efek yang ditimbulkan oleh spherical aberration akan mengakibatkan iluminasi berbentuk bokeh yang berbeda-beda, biasanya terdapat sisi yang lebih terang di pinggir dan lebih gelap berada di tengah.

Karakteristik Comatic Aberration

Efek comatic atau yang lebih dikenal dengan efek coma adalah suatu efek optik yang dapat terjadinya disebabkan adanya ketidaksempurnaan pada sebuah lensa.

aberasi comatik
Aberasi Comatik

Adanya efek coma menyebabkan beberapa bagian optikal yang terdapat di dalam lensa tidak dapat merefleksikan cahaya dengan tepat ketika masuk ke titik yang berada di luar fokus. Hal ini menyebabkan area out of focus terdistorsi dan mengakibatkan terjadi efek bokeh.

Bentuk efek bokeh yang dihasilkan oleh efek comatic ini dapat ditemukan pada lensa-lensa manual yang sudah lawas.

Elemen Pada Lensa

Terdapatnya elemen di depan lensa juga bisa menyebabkan terjadinya efek bokeh. Biasanya fotografer profesional menambahkan beberapa elemen dengan bentuk tertentu supaya efek bokeh yang dihasilkan nantinya terlihat lebih unik dan menarik.

teknik foto bokeh

Selain menambah beberapa elemen tertentu di depan lensa, Anda juga bisa menggunakan lensa yang sudah memiliki elemen tambahan langsung dari pabrikannya, seperti Mirror Lens atau Catadioptric Lens.

Efek Bokeh Menggunakan Kamera HP

Sebenarnya efek bokeh dapat dihasilkan dengan baik ketika menggunakan kamera DSLR maupun Mirrorless. Tetapi spesifikasi hanyalah catatan diatas kertas jika Anda punya kreatifitas dalam meng-eksplor efek bokeh.

Anda dapat memulainya dengan mendekatkan kamera ke objek dan mengatur perbedaan jarak antara objek dan background secara signifikan. Tujuannya adalah mengatur titik fokus dengan perbedaan jarak yang signifikan, akan membuat fokus kamera hanya berfokus pada objek.

Jenis Foto Bokeh

Donat Bokeh

Bokeh Donat

Creamy Bokeh

bokeh creamy

Circular Bokeh

bokeh circular

Pentagonal Bokeh

bokeh pentagonal

Swirly Bokeh

bokeh swirly

Bokeh adalah salah satu jenis efek fotografi yang dapat membuat hasil foto menjadi lebih berkualitas. Efek dalam fotografi tidak hanya dapat diciptakan oleh fotografer profesional saja, namun fotografer amatir pun dapat menghasilkan foto bokeh yang berkualitas jika mengikuti cara pengambilan foto yang tepat.

 

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *