Pengertian Medium Long Shot dalam Fotografi

Pernahkah kamu melihat film atau gambar dimana di dalamnya terdapat karakter yang dipotret dari lutut ke atas? Jika pernah, maka kamu sedang melihat produk dari pengambilan gambar dengan teknik medium long shot. Medium long shot merupakan teknik fotografi yang mampu menangkap ekspresi dengan baik.

Gambar yang dihasilkan akan memadukan bahasa tubuh dan ekspresi wajah yang jelas dengan latar tempat yang umumnya tampil memukau dan mempertegas apa yang ditampilkan oleh karakter. Hasil dari fotografi long shot medium dapat kamu temukan di banyak tempat, terutama dalam banyak judul film.

Apa itu Medium Long Shot?

Apa Itu Medium Long Shot

Medium long shot adalah adalah teknik yang menangkap gambar karakter dari lutut ke atas. Long shot medium ini merupakan teknik pengambilan gambar yang mampu menangkap emosi dan bahasa tubuh karakter dengan baik dan sekaligus menampilkan latar belakang area dengan baik dan jelas.

Nama lain dari long shot medium adalah medium full shot dan cowboy shot. Teknik ini berada di antara normal medium shot dan full shot. Selain di dunia fotografi, long shot medium juga digunakan dalam dunia film. Istilah cowboy shot sendiri berasal dari dunia film, khususnya genre wild west.

Tujuan Medium Long Shot

Long shot medium digunakan untuk menampilkan emosi dan bahasa tubuh, latar tempat dan karakter, hubungan antara lebih dari satu karakter dalam satu bingkai. Berikut adalah penjelasan dari tujuan digunakannya teknik fotografi medium long shot.

1. Emosi dan Bahasa Tubuh

Emosi dan Bahasa Tubuh

Long shot medium mampu menampilkan emosi dan bahasa tubuh dari karakter dengan baik dan jelas. Kamu bisa melihat ekspresi wajah karakter sekaligus ekspresi tubuh bagian atas. Gambar yang didapatkan bisa menggambarkan intensi, emosi, dan cerita yang tegas. Selain itu, gambar yang dihasilkan artistik.

2. Karakter dan Latar Tempat

Karakter dan Latar Tempat

Dalam long shot medium, kamu bisa melihat dan mengamati area latar belakang dengan jelas. Medium long shot memang digunakan untuk memberi narasi dan hubungan antara karakter dengan latar tempat. Adapun latar tempat akan mempertegas emosi dan ekspresi yang ditampilkan oleh karakter dalam gambar.

3. Hubungan Antar Karakter

Hubungan Antar Karakter

Kamu bisa menggunakan fotografi long shot medium untuk menampilkan lebih dari satu karakter dalam bingkai. Pengambilan gambar banyak orang tersebut bisa digunakan untuk mempertegas interaksi antar karakter. Dalam jarak menengah, kamu bisa menyaksikan emosi dan interaksi karakter yang lebih hidup.

Medium Shot dan Medium Close Up

Medium long shot bukan satu-satunya jenis medium shot. Long shot medium bisa masuk dalam kategori long shot fotografi dan fotografi medium shot. Tipe lain medium shot adalah medium shot dan medium close up. Berikut adalah penjelasan lebih jauh dari medium shot dan medium close up.

1. Medium Shot

Medium Shot

Medium shot adalah pengambilan gambar yang menangkap gambar karakter dari pinggang ke atas. Sama seperti long shot medium, teknik ini memang berusaha menampilkan emosi dan bahasa tubuh. Medium shot diambil dari jarak menengah dari kamera dengan sedikit background di sekitar area yang tampak.

2. Medium Close Up

Medium Close Up

Medium close up tentu mengambil jarak kamera dengan objek yang lebih dekat. Aturannya, gambar karakter yang ditangkap adalah bagian dada ke atas. Dalam fotografi ini ekspresi wajah menjadi lebih jelas dan muncul. Medium close up digunakan untuk membuat gambar profil terlihat sangat dominan dan tegas.

Medium long shot tentu tidak hanya bekerja pada karakter dalam hal ini manusia. Makhluk hidup lain dan benda mati bisa menjadi objek dalam fotografi tersebut. Kamu bisa menemukan fotografi long shot medium pada banyak film. Teknik fotografi dan videografi tersebut termasuk teknik yang umum dan tidak spesifik.

Check Also

Lensa fleksibel

5 Kelebihan Lensa Kit dan Trik Jitu Memaksimalkannya

Lensa kit adalah paket lensa dengan ukuran zoom 18-55 mm, 16-50 mm, 15-45 mm dan sejenisnya. …