Cara Setting Tanggal di Open Camera (Format Hari/Bulan/Tahun)

Perkembangan teknologi membuat berbagai momen istimewa bisa dengan mudah diabadikan ya, yaitu lewat kamera hp ataupun aplikasi kamera pihak ketiga, seperti salah satunya Open Camera. Agar tak lupa kapan momen tersebut terjadi, kamu bisa pelajari cara setting tanggal di open camera.

Meski masing-masing smartphone sudah dibekali kamera bawaan, tapi kamu bisa dapatkan fitur yang lebih beragam dengan Open Camera. Jangan khawatir, fitur-fiturnya gratis digunakan kok.

Berbagai Fitur pada Aplikasi Open Camera

Berbagai Fitur pada Aplikasi Open Camera

Aplikasi Open Camera dikembangkan oleh Mark Harman sebagai aplikasi kamera tanpa berlangganan dan bebas iklan lho. Meski tak berbayar, tapi aplikasi populer ini dilengkapi dengan segudang fitur keren seperti:

  • Auto-stabilise: membuat objek foto terlihat lebih detail dan jelas meski kamera bergoyang saat shoot objek.
  • Pengurang kebisingan untuk video.
  • Fitur kontrol jarak jauh: timer dengan hitungan mundur, mode pengulangan jepret otomatis, penundaan waktu pengulangan dapat diatur, jepret jarak jauh dengan suara.
  • Perekaman video HD seperti DSLR.
  • Berbagai mode: focus, bracketing fokus, ISO, face detection, color effects, white balance, efek warna, mode pemandangan, eksposur, selfie dengan flash, panorama, mode malam.
  • Penandaan lokasi pada video dan foto.
  • Stamp photos: penampil tanggal dan jam saat foto diambil.
  • Fitur tambah dan edit tulisan khusus ke foto.
  • Fitur lainnya: zoom in/out, timer, selfie camera, flash, preview, overlay, grid, shutter speed.

Link Download Open Camera

Link Download Open Camera

Jika tertarik untuk menjajal berbagai fitur keren di atas, maka kamu bisa download Open Camera dari sumber yang aman seperti di bawah ini:

Tanggal rilis aplikasi17 Okt 2013
Versi saat ini1.50.1
Terakhir update8 Jun 2022
Perangkat yang kompatibelAndroid versi 4.0.3 atau lebih tinggi
Ukuran aplikasi4 MB
Halaman downloadOpen Camera

Sejauh ini Open Camera hanya tersedia untuk perangkat Android ya, jadi untuk kamu yang menggunakan iOS belum bisa mencobanya. Adapun cara setting tanggal di Open Camera bisa kamu cek di bawah ini.

Baca Juga:

Cara Setting Tanggal di Open Camera

  • Buka aplikasi dan masuk ke menu Settings.
  • Pilih Photo and Video Settings.
  • Pilih Photo Settings.
  • Aktifkan fitur Stamp Photos.
Atur waktu di bagian Timestamp format dan atur tanggal di kolom Datestamp format.
  • Atur waktu di bagian Timestamp format dan atur tanggal di kolom Datestamp format.

Sekarang semua hasil foto yang kamu ambil dengan Open Camera akan dilengkapi dengan keterangan waktu / jam, tanggal, bulan, serta tahun. Kamu bisa tes kamera untuk memastikan bahwa settingan kamu sudah berhasil.

Cara Gunakan Fitur Open Camera Lainnya

Cara Gunakan Fitur Open Camera Lainnya

Jika sudah tahu cara mengatur tanggal di Open Camera dan kamu tertarik untuk menggunakan fitur lain tapi belum tahu caranya, maka kamu bisa cek di bawah ini ya:

1. Tombol Volume untuk Shoot Gambar

Tombol volume pada perangkat yang kamu gunakan bisa berfungsi ganda sebagai tombol shoot saat kamu menggunakan Open Camera. Cara mengaktifkannya adalah berikut:

  • Buka Open Camera dan masuk ke bagian Settings.
  • Pilih menu Kontrol Kamera Lainnya.
  • Tab tombol volume untuk fungsi lainnya.

Sekarang tombol volume fisik di hp bisa kamu gunakan untuk mengganti rekaman video, jepret foto, mengatur fokus, zoom in / out, aktifkan stabilisasi secara otomatis, dan ubah level pencahayaan.

2. Ambil Foto dengan Suara

Buat kamu yang suka bikin konten tapi belum punya orang yang bisa bantu shoot video / foto, maka kamu bisa gunakan fitur suara pada Open Camera. Kamu bisa jepret foto atau mulai rekam video hanya dengan mengatakan “Cheese” atau kata lain yang bisa kamu atur di bagian settings.

3. Kunci Orientasi Foto / Video

Tanpa harus masuk ke pengaturan hp, kamu bisa mengubah orientasi foto / video langsung dari aplikasi nih. Jadi saat butuh mode landscape atau potret, aplikasi bisa mengunci secara otomatis. Kamu bisa aktifkan fitur ini di dalam menu settings.

Cara setting tanggal di Open Camera sangat mudah, kan? Kamu hanya perlu cari fitur stamp photos di dalam menu settings. Berbagai pengaturan lain juga bisa kamu sesuaikan di settings seperti ambil foto / video dengan suara dan kunci orientasi.

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …