Pengertian Golden Ratio Photography dan Kelebihannya

Salah satu teknik fotografi paling memuaskan dan mengesankan yang pernah ada adalah golden ratio photography. Golden ratio photography merupakan teknik komposisi fotografi yang cukup kompleks, memiliki elemen matematika yang kuat, dan tidak mudah dipraktikkan, terutama untuk amatir dan pemula.

Konsep dan komposisi golden ratio sendiri sudah eksis sejak lama dan banyak dipraktikkan oleh para seniman, termasuk Leonardo Da Vinci. Foto yang diambil dengan teknik ini dijamin membuat siapapun terkesan. Golden ratio merupakan komposisi yang bisa dibuat dengan bantuan aplikasi fotografi di HP.

Apa itu Golden Ratio Photography?

Apa Itu Golden Ratio Photography

Dalam fotografi, golden ratio adalah teknik komposisi fotografi yang menempatkan subjek atau elemen dalam foto pada posisi yang memuaskan mata. Rasionya adalah 1.618:1. Golden ratio tidak hanya ada di dunia fotografi. Dalam golden ratio, sebuah objek dalam bingkai foto akan dibagi ke dalam beberapa kotak.

Dari satu kotak ditarik satu garis melengkung ke arah satu sudut lain secara diagonal. Kemudian, dilanjutkan lagi ke sudut lain sehingga menjadi semakin kecil. Telinga manusia dan ruam siput adalah rupa dari golden ratio yang tercipta secara alamiah. Teknik golden ratio fotografi memang tidak sederhana.

Untuk bisa menciptakannya memang diperlukan keahlian dan perhitungan matematis, sebuah kemampuan yang tidak akan dimiliki oleh para pemula. Di luar fotografi, golden ratio bisa ditemukan di lukisan Monalisa dan Pyramid of Giza. Keduanya memiliki hal yang sama, yaitu sama-sama mengesankan dan memuaskan.

Kelebihan Golden Ratio Photography

Kelebihan Golden Ratio Photography

Dari macam macam komposisi fotografi yang ada, kenapa fotografi golden ratio dipilih oleh para fotografer? Tentu saja, ada yang istimewa dari fotografi golden ratio tersebut. Golden ratio mampu menampilkan gambar yang estetis dengan komposisi yang pantas, tepat, dan pastinya proporsional.

Jika ditelusuri lebih jauh, bentuk dari golden ratio itu sendiri memang memberikan kesan mengesankan dan artistik. Selain di fotografi, golden ratio muncul di dunia seni, arsitektur, dan bahkan di tubuh manusia. Gambar komposisi golden ratio dimanapun, termasuk fotografi memunculkan rasa yang memuaskan.

Aplikasi Golden Ratio

Mengaplikasikan golden ratio photography memang tidak mudah apalagi jika kamu seorang pemula. Untungnya, ada beberapa aplikasi yang menyediakan fitur Phi Grid dan Golden Spiral Overlays. Kedua fitur tersebut membuat kamu bisa mengaplikasikan fotografi golden ratio dengan lebih mudah dan cepat.

Berikut adalah aplikasi foto yang bisa digunakan untuk membantumu mengaplikasikan teknik tersebut.

1. Lightroom

Lightroom

Lightroom merupakan aplikasi mobile (Android dan iOS) yang menyediakan fitur Phi Grid Overlay. Adanya fitur tersebut membuat kamu bisa menemukan dan mengatur komposisi golden ratio dengan lebih cepat dan lebih mudah. Aplikasi Lightroom termasuk populer dan tersedia gratis dengan opsi premium tersedia.

2. Wise Camera

Wise Camera

Aplikasi Wise Camera hanya tersedia untuk pengguna iOS. Aplikasi ini tersedia gratis dengan opsi premium yang juga tersedia. Wise Camera menyediakan macam-macam Camera Overlay yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan golden ratio maupun komposisi fotografi sederhana dan kompleks lainnya.

3. The Golden Ration Camera

The Golden Ration Camera

Kenapa tidak gunakan saja aplikasi yang spesifik menciptakan golden ratio. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini secara spesifik menyediakan komposisi golden ratio. Terdapat Camera Overlay yang membuat kamu bisa mengambil gambar dengan teknik tersebut.

Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS gratis. Seorang penonton gambar dengan komposisi golden ratio tentu tidak akan tahu ada komposisi tersebut tetapi akan tetap terkesan dengan gambarnya.

Golden ratio photography merupakan teknik fotografi yang harus dikuasai apabila ingin menghasilkan gambar berkualitas layaknya lukisan bernilai seni tinggi.

Check Also

Lensa fleksibel

5 Kelebihan Lensa Kit dan Trik Jitu Memaksimalkannya

Lensa kit adalah paket lensa dengan ukuran zoom 18-55 mm, 16-50 mm, 15-45 mm dan sejenisnya. …