Pengertian Rule of Odds Photography dan Penerapannya

Rule of Odds Photography atau dalam bahasa adalah aturan ganjil fotografi adalah istilah yang pasti tidak asing jika kamu menekuni fotografi. Istilah tersebut umumnya memiliki keterkaitan dengan permainan komposisi foto. Tujuan permainan tersebut tentu adalah meningkatkan kualitas pemotretan yang dilakukan.

Aturan ganjil merupakan sebuah trik yang bisa kamu terapkan untuk melakukan pemotretan dengan objek yang ganjil. Dengan trik fotografi ini akan membuat gambar terlihat lebih keren dan muncul. Rule of Thirds adalah nama lain dari Rule of Odds. Umumnya, trik ini bekerja pada objek berjumlah 3, 5, dan jumlah ganjil lainnya.

Apa itu Rule of Odds Photography?

Apa Itu Rule of Odds Photography

Sesuai dengan namanya, Rule of Odds Photography adalah semacam aturan yang menempatkan objek dalam jumlah ganjil ketimbang nomor non-ganjil. Dalam kehidupan, termasuk fotografi jumlah ganjil kerap kali menampilkan sesuatu yang mengesankan dan berbeda. Hal tersebut merupakan sesuatu yang terlihat.

Dalam fotografi, objek-objek yang tampil dalam jumlah ganjil mampu memanipulasi pikiran penonton dimana penonton umumnya tertarik dengan hal yang berbeda. Biasanya sesuatu yang tampil berpasangan tidak memberi kesan aneh. Ketika jumlahnya ganjil, ada kesan aneh atau sesuatu yang berbeda di sana.

Hal inilah yang berusaha dimunculkan dari aturan tersebut. Otomatis, perhatian dan pikiran penonton akan fokus pada sesuatu yang berbeda. Manusia memang memiliki kecenderungan untuk menganalisis hal yang berbeda. Aturan ganjil berusaha memunculkan semacam harmoni dalam keganjilan objek yang dipotret.

Aplikasi Rule of Odds Photography

Aplikasi Rule of Odds Photography

Rule of Odds Photography muncul dan bisa diaplikasikan pada berbagai genre fotografi. Kamu bisa mengaplikasikan aturan ini pada fotografi dasar, fotografi alam, street photography, dan genre lainnya. Rasanya tidak sulit untuk bisa mengaplikasikan aturan ini dengan baik pada berbagai genre.

Berikut adalah pengaplikasian aturan ganjil fotografi pada berbagai genre foto yang bisa kamu pelajari.

1. Jalanan

Dalam fotografi jalanan, kamu bisa menerapkan aturan ganjil dengan memotret tiga objek atau tiga orang yang berada dalam jarak berdekatan. Dalam praktiknya, kamu wajib bersabar dan kadangkala hanya menemukan orang dalam jumlah genap. Ketika muncul satu lagi disanalah pengambilan gambar dilakukan.

2. Kuliner

Sederhana saja, kamu bisa mengatur komposisi makanan dalam jumlah ganjil dan langsung memotretnya. Untuk gambar yang lebih kreatif, kamu bisa menyusun makanan dalam bentuk yang kreatif, seperti segitiga. Memotret objek yang kecil dalam suatu makanan juga merupakan hal yang asyik dilakukan.

3. Alam

Rule of Odds Photography bisa diterapkan dengan baik ketika kamu memotret bunga dan tumbuhan lain. Ketika memotret, pastikan kamu menemukan jumlah ganjil dalam satu bingkai. Cara mengambil gambar mungkin sesederhana yang dipikirkan dimana kamu harus bergerak menemukan angle yang sangat pas.

4. Keluarga

Memiliki keluarga dengan jumlah anggota ganjil? Pemotretan keluarga dengan aturan ganjil pun bisa kamu lakukan. Ayah, ibu, dan seorang anak adalah objek ganjil favorit. Pastikan komposisi objek terlihat mantap dan ambil gambar pada momen yang tepat. Fotografi ganjil untuk pemotretan keluarga menarik dilakukan.

5. Objek Genap

Bisakah aturan ganjil fotografi diterapkan pada objek yang berjumlah genap? Tentu saja bisa. Ingat, bahwa aturan ganjil fotografi selalu menargetkan keganjilan. Maka dari itu atur komposisi dan fokus ketika objek akan dipotret. Pastikan ada satu, tiga, atau lima objek yang dibuat berbeda dari objek lainnya.

Rule of Odds Photography bisa menjadi panduan dan teknik pengambilan gambar yang bisa kamu aplikasikan kapan saja. Kamu bisa bermain dengan komposisi ganjil untuk membuat gambar terlihat mengesankan. Tiga objek sebenarnya sudah sangat cukup untuk menampilkan fotografi ganjil yang mengesankan dan artistik.

Check Also

Lensa fleksibel

5 Kelebihan Lensa Kit dan Trik Jitu Memaksimalkannya

Lensa kit adalah paket lensa dengan ukuran zoom 18-55 mm, 16-50 mm, 15-45 mm dan sejenisnya. …