Jenis jenis Fotografi Populer Fotografer Profesional

jenis fotografi

Bagi orang awam, fotografi adalah seni yang menghasilkan sebuah karya berbentuk foto yang memiliki karakteristik dari fotografernya. Namun ternyata fotografi memiliki berbagai macam jenis yang dibedakan dari segala aspek. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah jenis-jenis fotografi yang perlu Anda ketahui.

Fotografi Dokumenter

Jenis Fotografi Dokumenter
Source : https://medium.com/

Fotografi dokumenter merupakan visualisasi dunia nyata yang dilakukan oleh fotografer untuk mendeskripsikan peristiwa penting, dalam mengkomunikasikan pendapat dan mudah dipahami publik. Jenis fotografi ini memiliki kemiripan dengan fotografi jurnalistik, namun letak perbedaanya adalah fotografi dokumenter lebih ditujukan sebagai dokumenter sosial atau sejarah.

Sedangkan untuk fotografi jurnalistik hanya fokus untuk menggambarkan tentang kejadian atau peristiwa tertentu saja.

Fotografi Jurnalistik

jurnalistik

Foto jurnalistik adalah bentuk visualisasi dari jurnalisme dalam rangka mengabarkan sebuah berita atau Spot News. Berbeda halnya dengan fotografi dokumenter yang harus mengikuti pelatihan formal untuk mendapatkan hasil yang menarik, fotografi jurnalistik lebih berfokus pada peristiwa yang di dokumentasikan.

Namun fotografer jurnalistik juga banyak dicari untuk dijadikan sebagai fotografer profesional, contohnya selebriti fotografi. Biasanya fotografer jurnalistik akan sering melakukan pekerjaannya di industri hiburan untuk mendokumentasikan aktivitas yang dilakukan oleh seorang artis.

Fotografer band juga dapat dikatakan sebagai fotografi jurnalistik karena mendokumentasikan kegiatan band dan nantinya akan diterbitkan di berbagai media, baik cetak maupun online.

Biasanya fotografer jurnalistik khususnya yang sudah profesional karyanya akan dihargai cukup besar karena foto-foto yang dihasilkannya bersifat eksklusif.

Fotografi Makro

Jenis Fotografi Makro

Fotografi makro adalah memotret dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi pada objek kecil sekalipun. Pada objek berukuran kecil maka gambar yang dihasilkan menjadi terlihat lebih besar daripada ukuran sesungguhnya.

Tidak hanya itu saja, fotografi makro juga membutuhkan berbagai perlengkapan fotografi yang harganya tidak murah. Namun jika Anda ingin mempelajari fotografi makro, bisa berlatih menggunakan mode macro pada kamera digital.

Pada fotografi makro, objek yang diambil biasanya berbentuk butir air, bunga hingga hewan-hewan kecil yang jika di close up akan menghasilkan sebuah foto detail yang sangat bagus.

Fotografi Aksi

Biasanya fotografi aksi dilakukan kepada objek-objek yang bergerak, contohnya seperti fotografi olahraga. Fotografi aksi mengharuskan Anda sebagai fotografer untuk dapat cepat menangkap objek yang bergerak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Fotografi aksi pun harus jeli mengetahui objek yang akan di fotonya supaya dapat mengantisipasi waktu yang diperlukan untuk pengambilan gambar. Fotografer aksi biasanya adalah seorang yang telah memahami dan memiliki ketertarikan khusus pada objek yang akan di fotonya.

Fotografi Glamour

Mungkin seringkali orang awam menyamakan fotografi glamour dengan pornografi, namun sebenarnya kedua jenis fotografi tersebut memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Walaupun memang menghasilkan karya yang menampilkan sisi keerotisan dari objeknya, fotografi glamour lebih berfokus untuk menangkap objek melalui pose yang menekankan bayangan dan kurva.

Seperti namanya, fotografi jenis ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan objek di dalam sebuah cahaya yang glamour dan mewah, sehingga objek tersebut dapat memperlihatkan sisinya yang berbeda.

Fotografi Mikro

Mikro Fotografi
Foto Sehelai Rambut

Fotografi mikro adalah salah satu jenis fotografi yang proses dalam pengambilan gambarnya cukup sulit. Hal ini dikarenakan fotografi mikro membutuhkan mikroskop dan kamera khusus yang tujuannya untuk dapat menangkap objek yang ukurannya sangat kecil.

Biasanya fotografi mikro dilakukan di dalam dunia ilmiah untuk menangkap objek yang tidak dapat dilihat oleh mata. Contoh ilmu-ilmu yang menggunakan bantuan fotografi mikro dalam pekerjaannya yaitu bidang kedokteran, biologi, hingga astronomi.

Fotografi Seni Rupa

Fotografi Seni Rupa adalah seni melukis menggunakan cahaya tapi tidak terbatas pada kamera pada prosesnya. Dan lebih berfokus pada objek foto yang memiliki nilai estetika cukup tinggi dan memiliki makna di balik objek yang di foto.

Biasanya hasil dari fotografi seni akan dipamerkan pada galeri-galeri atau museum. Ditampilkan pada sebuah pameran yang berhubungan dengan sebuah objek yang bernilai estetika atau benda-benda indah yang tujuannya untuk menyampaikan emosi.

Fotografi Bawah Air

Fotografi Bawah Air

Fotografi bawah air bertujuan untuk menggambarkan kehidupan di laut untuk ditampilkan ke permukaan, disebut juga Underwater photography. Tentunya sebagian besar fotografi bawah air digunakan oleh orang yang biasa melakukan kegiatan snorkel atau scuba diving.

Namun yang menjadi kendala dari fotografi bawah air ini adalah mahalnya peralatan snorkeling dan scuba diving yang perlu disewanya. Hal ini pun membuat banyak fotografer yang kurang tertarik dengan jenis fotografi yang satu ini.

Pastinya hal ini juga akan sangat dirasakan bagi fotografer amatir yang hanya memiliki budget terbatas ketika ingin melakukan pemotretan di bawah air.

Fotografi Aerial

Aerial Photography

Fotografi Aerial atau Aerial Photography adalah memotret dari ketinggian atau udara, bisa dari pesawat terbang, Balon Udara, helikopter, pesawat tanpa awak (Drone). Biasanya fotografi jenis ini digunakan untuk keperluan konstruksi atau survei sebuah wilayah.

Selain itu, fotografi aerial juga dapat digunakan untuk memotret cuaca atau benda lainnya yang ada di atas langit. Pada pengambilan objek tertentu, fotografer aerial dapat menggunakan parasut, pesawat atau pesawat remote control untuk mengambil objek foto dari udara.

Fotografi Perjalanan

Salah satu jenis fotografi terbaik yang dapat dilakukan oleh profesional maupun amatir yaitu fotografi perjalanan. Lebih memfokuskan untuk mendokumentasikan pemandangan berupa orang, daerah, budaya, ataupun sejarah.

Pengertian Fotografi perjalanan juga dapat diartikan sebagai jenis fotografi yang di dalam objeknya mengungkapkan perasaan menurut tempat dan waktu, menggambarkan orang yang ada di dalam nya, budaya setempat, dan tidak memiliki batas geografis.

Fotografi Pernikahan

Wedding Photography atau Fotografi pernikahan adalah bentuk film dokumenter di hari pernikahan dan tentunya sering Anda temui di acara-acara pernikahan. Fotografer pernikahan harus memiliki skill yang cukup bagus agar momen acara pernikahan dapat diabadikan dengan sempurna.

Walaupun secara umum fotografi pernikahan adalah foto dokumentasi dari seluruh acara pernikahan tersebut, namun foto pernikahan juga dapat diolah dan diedit untuk dapat menghasilkan sebuah foto dengan berbagai macam efek.

Fotografi Periklanan

Di dalam sebuah iklan, tentunya fotografi menjadi sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan. Fotografi Periklanan merupakan foto yang diambil sebagai sarana promosi suatu produk maupun jasa.

Sebuah iklan yang menarik tentunya harus memiliki hasil fotografi yang menarik pula karena konsumen pertama kali akan melihat tampilan visual dari iklan tersebut.

Banyak fotografer juga memutuskan untuk bergelut di dunia periklanan karena industrinya mudah dijangkau dan tidak perlu menggunakan budget yang mahal. Namun fotografi periklanan harus menghasilkan sebuah karya yang unik dan memiliki kesan eye catching.

Fotografi Jalanan

Jenis fotografi terakhir yang harus dijadikan sebagai salah satu jenis fotografi terbaik yaitu fotografi jalanan atau street Photography. Fotografi jalanan biasanya memotret objek di ruang publik dalam situasi candid, contohnya aktivitas pada fasilitas umum seperti jalanan kota, mall, hingga pantai.

Selain 13 jenis fotografi di atas, masih banyak lagi jenis-jenis fotografi yang dapat Anda ketahui. Jenis fotografi di atas adalah jenis fotografi terbaik yang banyak digunakan untuk menghasilkan karya-karya terbaik dari seorang fotografer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *