7 Manfaat Bisnis Plan dalam Berwirausaha

Bisnis plan adalah rencana yang disusun untuk menentukan ke mana dan bagaimana usaha itu akan berjalan. Rencana ini harus disusun dengan matang karena sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha yang akan dirintis.

Tidak hanya itu, perencanaan bisnis juga memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. Lihat berbagai manfaatnya di bawah ini!

1. Bisnis Plan Membantu Mencapai Tujuan Usaha

Tujuan Usaha

Setiap usaha tentunya memiliki tujuan tersendiri yang ingin dicapai. Membuat perencanaan usaha akan membuat perusahaan lebih fokus untuk mencapai tujuan mereka. Tanpa tujuan yang jelas, perusahaan akan kesulitan dalam berkembang.

Pengusaha pun akan tahu rencana apa saja yang harus disusun agar tujuan perusahaan cepat tercapai. Saat ada masalah yang muncul, perusahaan jadi tahu masalah mana yang harus diprioritaskan penyelesaiannya supaya tidak mengganggu tujuan perusahaan. Usaha jadi bisa berjalan dengan baik karena semua sudah direncanakan secara matang oleh perusahaan.

2. Menetapkan Target yang Masuk Akal

Menetapkan Target Usaha

Selain tujuan, perusahaan juga memiliki target dalam berusaha seperti target penjualan. Dengan bisnis plan, kamu akan mengetahui kemampuan perusahaan dalam mencapai target sehingga mereka bisa menetapkan target yang masuk akal.

Target yang masuk akal akan lebih cepat tercapai oleh perusahaan dibanding target yang tidak realistis. Setelah perusahaan mampu meningkatkan target yang masuk akal itu, perusahaan sudah bisa mulai meningkatkan target mereka.

3. Memprediksi Risiko Kegagalan dan Masa Depan Usaha

Risiko Kegagalan Usaha

Dalam menjalankan bisnis, kamu akan selalu menemui risiko mengalami kegagalan. Kalau perusahaan tidak bisa memprediksi risiko ini sejak awal, perusahaan akan kewalahan dalam upaya mengatasi kegagalan tersebut.

Oleh karena itu, perencanaan dibuat agar perusahaan bisa memprediksi risiko kegagalan beserta dampaknya terhadap perusahaan di masa depan.

Perusahaan bisa meminimalisir risiko kegagalannya dengan membuat rencana yang berisi opsi alternatif yang bisa digunakan serta jalan keluar saat ada masalah yang muncul. Perencanaan juga bisa menentukan strategi mana yang paling ampuh untuk terus mengurangi risiko kegagalan di masa yang akan datang.

4. Memberikan Gambaran Kepada Investor

Presentase kepada investor

Masalah permodalan merupakan masalah yang sering terjadi saat merintis sebuah usaha. Modal yang sudah dikumpulkan sendiri mungkin tidak cukup untuk menjalankan usahamu. Untuk mengatasinya, perusahaan akan mencoba menarik investor supaya mau menanamkan modal di perusahaan mereka.

Bisnis plan yang dibuat dengan rapi, detail, dan jelas akan memberikan gambaran yang tepat mengenai usaha kepada investor. Mereka jadi tahu jenis usaha, tingkat risiko, dan potensi yang perusahaan miliki sehingga nantinya mereka tahu perusahaan itu layak ditanami modal atau tidak.

Baca Juga:

5. Membuat Ide Usaha Berjalan Lancar dan Terarah

ide usaha

Untuk menjalankan dan mengembangkan usaha, kamu membutuhkan ide usaha yang terarah. Ide usaha yang kreatif dan inovatif dapat membantu perusahaan agar terus tumbuh melalui keberagaman produk yang dimiliki.

Perusahaan akan sulit berkembang apabila mereka tidak menawarkan inovasi baru terhadap produk mereka. Agar ide usaha tersebut bisa diterapkan dengan baik, kamu memerlukan perencanaan yang tepat.

Perencanaan yang dibuat sejak awal akan membantu perusahaan mengetahui waktu penerapan ide usaha dan jenis inovasi yang tepat sehingga bisa diterima oleh orang-orang.

Baca Juga:

6. Mengatasi Perubahan

Menyusun perubahan bisnis plan

Perubahan merupakan hal yang tidak terhindarkan saat menjalankan usaha, mulai dari perubahan terhadap jumlah peminat, tren terkini, kompetitor yang kian meningkat dan perkembangan pasar.

Perubahan itu ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan untuk perusahaan. Selain perubahan dari luar, ada juga perubahan dari dalam perusahaan. Contoh perubahan dari dalam adalah makin bertambahnya pengeluaran seiring berjalannya usaha.

Sebab itu, kelola perubahan tersebut dengan menyusun bisnis plan yang berisi analisis pasar, kompetitor, dan keuangan perusahaan lalu menyesuaikan perusahaan dengan perubahan yang ada.

7. Mengelola Sumber Daya Perusahaan

Mengelola Sumber Daya Perusahaan

Perusahaan membutuhkan sumber daya untuk menjalankan usaha mereka. Jika perusahaan tidak memiliki sumber daya yang mumpuni, perusahaan cepat atau lambat pasti akan gagal. Bisnis plan akan membantu dalam menentukan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Rencana yang telah disusun akan memberi tahu perusahaan seberapa banyak modal yang dibutuhkan, peralatan yang diperlukan, tipe karyawan yang ingin direkrut, serta lokasi yang memadai untuk usaha. Pengelolaan sumber daya juga membuat struktur dalam perusahaan menjadi lebih rapi.

Ada banyak sekali bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bisnis plan? Untuk itu, jangan pernah menyepelekan proses perencanaan saat berwirausaha agar bisnis bisa terus berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat. Silahkan baca juga contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.


Referensi:

  1. https://blog.investree.id/bisnis/5-manfaat-bisnis-plan-dalam-mengembangkan-usaha-anda/
  2. https://blog.amartha.com/apa-itu-business-plan-dan-manfaatnya-bagi-bisnis-kamu/
  3. https://fastwork.id/blog/membuat-business-plan/
  4. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/keuangan/pengertian-bisnis-plan-beserta-manfaat-dan-cara-kerjanya?page=6
  5. https://www.modalrakyat.id/blog/business-plan-adalahhttps://companyplan.com/business-plan-importance/

Check Also

Scale up Startup

5 Kesalahan Startup yang Harus Dihindari Ketika Scale Up

Alih-alih maju dan berkembang, kesalahan startup ketika melakukan scale up justru bisa membuat perusahaan bankrut …