11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Memulai usaha dan bisnis bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Apalagi mereka tak punya teladan dari orang tua yang jadi pengusaha. Maka, mereka perlu punya niat kuat, semangat dan kemauan keras untuk memulai.

Sebelum memulainya, Anda perlu tahu apa saja contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Mengapa perlu mencari usaha kecil yang belum banyak kompetisinya? Agar usaha yang Anda jalankan cepat dapat penjualan dan usaha Anda bisa segera bertumbuh dan kuat.

Mau tahu apa saja usaha kecil yang punya potensi penghasilan besar? simak sajian penulis tentang contoh usaha kecil yang memiliki potensi penghasilan lumayan.

Mulai jadi Reseller atau Dropshipper

Punya usaha yang menghasilkan tak selalu harus punya modal besar. Walaupun Anda tak punya modal, Anda tetap punya kesempatan untuk menghasilkan uang dengan cara yang mudah.

Apabila Anda hanya punya modal yang terbatas, maka menjadi reseller produk orang lain sangat cocok bagi Anda. Sebab Anda tidak perlu pusing memikirkan produksi barang, lokasi toko untuk jualan dan proses pengemasan.

Jika ada pembeli yang memesan produk, Anda cukup menghubungi agen terdekat hanya lewat ponsel. Modal yang perlu Anda siapkan hanya ponsel/laptop dan kuota internet.

Ada beberapa contoh produk yang bisa Anda jadikan reseller. Seperti peralatan rumah tangga, produk kosmetik, camilan kerupuk, keripik pisang, dessert box, salad buah, minuman kopi, eskrim, dan sebagainya.

Bisnis Minuman Jamu Tradisional

Semua orang pasti ingin selalu sehat dan bugar. Tiba-tiba pandemi datang tanpa permisi. Di kala pandemi saat ini, kesehatan fisik dan mental menjadi hal terpenting. Kebutuhan akan asupan nutrisi, gizi yang seimbang dan vitamin pun semakin meningkat.

Begitu pun kebutuhan minuman kesehatan sangat tinggi. Yaitu jamu tradisonal. Jika Anda mempunyai modal kecil, berjualan jamu patut Anda coba. Modalnya sekitar Rp 1-2 juta tetapi punya  potensi keuntungan bisa berlipat ganda.

Usaha Frozen Food

Era modern banyak melahirkan orang-orang sibuk yang malas. Anda bisa memanfaatkan kemalasan mereka. Caranya? Anda bisa jadikan mereka sebagai target market usaha Anda. Sa;aj satunya adalah usaha makanan frozen.

Bisnis kuliner memang akan selalu menguntungkan jika Anda jeli menemukan pangsa pasar yang tepat. Misalnya, menjual aneka frozen food. ada banyak aneka frozen food yang sudah masyakarat kenal. Mulai dari nugget, daging ayam, daging sapi.

Usaha jenis ini punya potensi pasar yang bagus. Target market Anda adalah ibu yang punya anak-anak usia sekolah. Anda bisa mencari agen frozen food terdekat. Mereka akan memberikan Anda mesin pendingin dan memberikan stok yang cukup. Anda akan membayarnya bila ada yang laku saja. Menarik, bukan?

Bisnis Catering & Nasi Box

Banyak orang sibuk yang punya banyak uang. Maka, saat mereka membutuhkan sesuatu, mereka tidak memasaknya sendiri. Mereka menganggap ini kurang efisien dan kurang praktis. Maka, solusinya mereka memesan kepada jasa katering.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah katering menu sehat. Pandemi telah mengubah pola hidup masyarakat. Termasuk pola makan sehat yang semakin meningkat. Peluang inilah yang bisa menjadi celah Anda untuk memulai bisnis catering sehat.

Sebaiknya Anda juga memperhatikan kebersihan dan tingkat higienis bahan baku dalam memproduksi menu makanan sehat ini. Contoh menu katering sehat adalah nasi merah, cah brokoli jamur, pepes ayam tanpa kulit, kerupuk udang, sepotong melon.

Usaha Baju Bekas Layak Pakai

Punya baju bagus dan layak pakai adalah impian banyak orang. Tetapi tak semua orang bisa punya baju yang bagus dan layak pakai. Maka, mereka membeli baju bekas yang masih layak pakai. Memulai bisnis baju bekas yang masih bagus bisa menjadi pertimbangan Anda.

Jika Anda berhasil menggaet target market yang tepat, maka Anda bisa meraup keuntungan yang lumayan besar. Target market usaha baju bekas ini adalah para mahasiswa yang jauh dari rumah. Alasannya, mereka biasanya ingin bergaya tapi mempunyai uang jajan yang terbatas.

Anda pun bisa menjual baju bekas lewat sosial media. Mengapa sosial media? Karena rata-rata anak remaja dan mahasiswa gandrung dan familiar dengan dunia digital dan sosial media. Hidup mereka seakan-akan tak bisa lepas dari sosial media.

Jualan Sayuran

Kala pandemi datang, semua aktivitas manusia kebanyakan masih dikerjakan dari rumah. Termasuk, membeli kebutuhan sembako atau sayur mayur. Bagi sebagian orang ini adalah masalah tapi bagi seorang calon pengusaha, ini adalah peluang.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka usaha menjual paket sayuran segar dan berkualitas. Lebih dari itu, Anda bisa mengantar sayuran langsung ke rumah-rumah mereka. Anda bisa bekerjasama dengan pihak jasa pesan antar untuk memaksimalkan pengiriman paket sayuran Anda.

Jualan Mainan Balon

Balon adalah mainan yang sangat anak suka. Mereka senang main balon karena balon punya aneka warna yang indah. Anda bisa memulai usaha balon ini dengan dana yang sangat terbatas saja. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa membeli balon dalam jumlah banyak.

Pemasarannya pun mudah. Anda bisa menjajakannya di tempat anak-anak berkumpul. Misalnya, saat hari minggu. Banyak care free day yang jadi tempat kumpulnya anak dan orang tuanya. Mereka pasti bawa uang untuk persiapan jajan dan sarapan.

Maka, Anda bisa menyiapkan balon yang punya corak ramai dan menarik. Pasti usaha ini akan disambut dengan suka cita oleh anak-anak. Tentu saja berpeluang menghasilkan income yang lumayan besar untuk Anda.

Bisnis Cloud Kitchen

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, berikutnya adalah bisnis properti dengan konsep cloud kitchen. Jika modal Anda belum cukup untuk mulai berjualan, Anda bisa berkolaborasi dengan pebisnis properti lainnya.

Anda bisa membuka dapur bersama utnuk usaha bersama. Usaha ini terkenal dengan istilah cloud kitchen. Sehingga, Anda bisa menghemat banyak hal yang penting. Mulai dari pembelian peralatan dapur, biaya sewa tempat, biaya menggaji staf dan biaya operasional.

Cloud kitchen tidak menyediakan fasilitas untuk makan di tempat bagi konsumen. Jadi Anda hanya melayani pengiriman pesanan. Ranah marketing dan pemasaran, Anda bisa memanfaatkan media sosial yang lagi ramai.

Usaha Daur Ulang Barang Bekas

Usaha daur ulang termasuk ide bisnis yang cemerlang dengan modal kecil yang belum banyak pesaing. Pasalnya, dengan membuat produk-produk hasil daur ulang, berarti Anda ikut menjaga keberlangsungan lingkungan sekitar. Sebab usaha Anda menggunakan bahan baku limbah bekas pakai.

Selain itu, produk daur ulang biasanya menghasilkan karya yang unik, berbeda, serta menarik. Namun, produk unik ini memiliki daya jual yang sangat tinggi. Contohnya, tas, pajangan dinding, miniatur, dan sebagainya.  Lihat bisnis kerjaninan tangan lainnya.

Barang Antik

Apabila Anda masih menyimpan barang antik di rumah, sebaiknya jangan langsung dibuang begitu saja seolah sudah tidak bernilai lagi. Jika Anda jeli, peluang bisnis barang antik sebenarnya cukup menjanjikan.

Seiring berjalannya waktu, barang antik bukannya semakin murah harganya. Justru semakin bernilai dan mahal harganya. Bahkan, ada orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan barang antik kesayangannya.

Jual Jamur Tiram

Barangkali Anda mengernyitkan dahi saat mendengar bisnis jamur tiram. Memang, contoh usaha modal kecil ini masih belum banyak pesaingnya. Sebenarnya, jamur tiram adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer.

Namun, untuk melakukan budidaya jamur tiram yang optimal, Anda membutuhkan lokasi yang cukup luas sebagai tempat tumbuh kembang jamur. Cara budidayanya pun mudah dan harganya pun cukup relatif stabil di pasaran.

Keripik Singkong

Camilan aneka keripik selalu menjadi primadona setiap daerah. Tak terkecuali, keripik singkong. Anda bisa memulai bisnis keripik singkong ini dengan menambah inovasi varian rasa atau bumbu tabur ke dalam keripiknya. Misalnya, keripik singkong original, keripik singkong pedas dengan bumbu tabur rasa barbeque, keju, ayam panggang, ayam lada hitam, dan sebagainya.

Jadi Penulis Lepas

Bagi Anda yang mempunyai hobi menulis dan ingin menambah penghasilan, Anda patut mencoba bisnis tanpa modal ini. Ada bayak situs penulis lepas atau agency konten yang membutuhkan skill Anda.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing ini membutuhkan niat dan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Bukan hanya itu, Anda juga harus mempunyai keahlian dalam meramu kata-kata. Sehingga tulisannya enak dan mudah dipahami pembaca.

Kebutuhan akan orang yang bisa menulis di berbagai media seperti situs perusahaan, blog, jurnalistik, copywriting, hingga penulis SEO semakin terbuka lebar seiring perkembangan dunia digital yang semakin pesat.

Buka Kursus Daring

Salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah membuka kursus daring. Jika Anda mempunyai keahlian di bidang tertentu, Anda bisa menjualnya secara daring. Misalnya, Anda pintar memasak kue ulang tahun.

Tidak ada salahnya, Anda membuka kursus daring tentang cara membuat kue ulang tahun yang unik dan menarik. Anda punya skill sebagai pembawa acara kondang. Jual saja skill Anda di dunia maya. Anda berpeluang memperoleh cuan melimpah dari skill yang Anda miliki. Menarik, bukan?

Jasa Editing Video

Anda bisa memanfaatkan laptop Anda miliki untuk menghasilkan cuan melimpah. Salah satunya adalah menjual jasa editing video. Banyak orang yang punya channel Youtube dan sudah menghasilkan tetapi mereka tak punya banyak waktu untuk merekan dan mengedit video.

Jasa edting video punya pangsa pasar yang sangat luas. Selama ada dunia digital dan internet, maka peluang jasa editing video akan semakin meningkat.

Semakin terasah skill (keterampian) editing video Anda, maka semakin besar potensi penghasilan yang akan Anda dapatkan. Para kalangan profesional siap membayar hasil editing video yang bagus dan berpengalaman.

Jasa Sosial Media

Sosial media adalah fenomena dunia digital yang tak bisa kita hindarkan. Kita tidak bisa menghindari sosial media. Sebaliknya, kita perlu bisa memanfaatkan sosial media untuk menebar manfaat dan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Banyak perusahaan dan pebisnis yang mulai menyadari pentingnya sosial media untuk pertumbuhan bisnis mereka. Sosial media bukan hanya jadi tempat untuk curhat tetapi jadi tempat untuk sharing informasi, produk baru, promosi menarik dan program diskon berkala.

Pendek kata, perusahaan memanfaatkan sosial media sebagai media untuk menjaring target market agar simpati, tertarik dan akhirnya mau membeli. Silahkan baca juga ide bisnis digital lainnya.

Bukan hanya itu, sosial media menjelma jadi kekuatan promosi yang efektif bagi brand-brand yang serius membangun konten berkualitas. Para follower dan funs rela menshare konten-konten dari brand berkualitas ini higga viral.

Kesimpulan

Itulah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa penulis sajikan untuk Anda. Anda harus mengenali minat dan bakat Anda terlebih dahulu, baru kemudian menentukan jenis usaha apa yang akan Anda rintis.

Jika Anda hobi memasak, Anda bisa membuka bisnis kuliner. Kuliner termasuk usaha yang tidak ada matinya. Namun, apabila Anda termasuk orang yang kreatif dan peduli lingkungan, Anda bisa memulai bisnis barang daur ulang. Nah, semoga beberapa contoh usaha modal kecil tersebut menginspirasi Anda dan selamat berbisnis ya.