Kamera Canon 600D: Spesifikasi & Harga, Masih Worth It?

Pecinta fotografi mana yang tidak kenal dengan kamera Canon 600D? Sejak diluncurkan pada Februari tahun 2011, kamera ini bisa dibilang salah satu kamera paling sukses yang pernah dibuat oleh Canon. Bahkan kamera ini sempat diklaim sebagai seri kamera terbaik dari brand Canon.

Sudah lebih dari satu dekade berlalu, tentu saja kamera ini sudah mengalami penurunan harga dan juga tentunya ada beberapa fitur yang tertinggal. Apakah dengan semua itu Canon 600D masih layak untuk dibeli di 2022?

Review & Spesifikasi Kamera Canon 600D di Akhir Tahun 2022

Review & Spesifikasi Kamera Canon 600D di Tahun 2022

Kamera Canon satu ini memiliki sensor 18 Megapixel APS-C CMOS serta didukung dengan prosesor DIGIC 4. ISO kamera ini memiliki rentang antara 100-6400 dan masih bisa ditingkatkan lagi hingga 12800. Kamera dengan bobot body 570 gram ini memiliki satu buah slot SD Card.

Canon 600D memiliki layar LCD yang sangat fleksibel dan bisa diarahkan ke arah yang diinginkan dengan mudah sesuai kebutuhan. Desainnya juga terlihat modern serta elegan tanpa melupakan kenyamanan saat dipegang dan juga digunakan untuk berfoto.

Kamera Canon 600D ini memiliki berbagai fitur-fitur canggih yang membuatnya dipilih oleh banyak pecinta fotografi di berbagai belahan dunia.

1. Fitur On-Screen Feature Guide

Untuk para pemula dalam dunia fotografi dengan kamera DSLR, ada fitur On-Screen Feature Guide yang dapat memberi penjelasan mengenai setiap menu dan pengaturan yang ada dari layar kamera ini. Maka dari itu kamera ini cocok untuk pemula yang ingin serius menggeluti dunia fotografi profesional.

Tombol menu yang sudah tersedia di layar juga memudahkan penggunanya untuk mempelajari setiap pilihan settings yang tersedia layaknya sedang menggunakan perangkat seperti smartphone, tablet, dan sejenisnya.

2. Fitur Pop Up Flash

Jika ingin berfoto di kondisi yang terlalu gelap, kamera Canon 600D menyediakan fitur Pop Up Flash yang dapat memberikan pencahayaan dengan mudah. Cukup dengan mengaktifkannya melalui settings di layar, maka flash akan menyala secara otomatis saat melakukan pengambilan foto.

3. Fitur Scene Intelligent Auto

Saat mengambil foto pada objek foto yang bergerak, dibutuhkan timing yang sangat tepat agar mendapat jepretan terbaik. Tetapi ada kalanya momen itu terlewat hanya karena objek bergerak sepersekian detik sebelum foto diambil sehingga hasilnya tidak memuaskan.

Dengan fitur Scene Intelligent Auto, Canon 600D akan memilih scene terbaik sebelum kamera melakukan pengambilan gambar. Hal ini tentunya sangat membantu mendapatkan foto terbaik pada objek yang bergerak aktif saat hendak difoto.

4. Fitur Creative Filter Effect

Tidak perlu repot-repot melakukan pengeditan setelah mengambil dan menyimpan foto, karena Canon 600D sudah memiliki fitur Creative Filter Effect yang dapat membuat penggunanya bisa melakukan editing foto yang sudah ditangkap.

Mulai dari efek Fish Eye, Miniature, Grainy Black and White, hingga Soft Focus bisa diterapkan pada foto hasil tangkapan untuk mendapatkan foto yang menarik. Kamu juga bisa melakukan opsi pengeditan lain seperti memutar gambar hingga melakukan resize.

5. Fitur Perekaman Full HD 1080p

Canon 600D tak hanya bisa digunakan untuk aktivitas fotografi saja, tetapi juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p Full HD dengan pilihan 24, 25 dan 30fps. Jika ingin melakukan perekaman pada 60fps, kamu harus menurunkan resolusi menjadi 720p.

Meskipun saat ini sudah banyak kamera yang bisa melakukan perekaman video hingga 2K bahkan 4K, namun sebenarnya 1080p bukanlah resolusi yang rendah. Bahkan jika keperluannya hanya untuk media sosial saja, resolusi Full HD sudah sangat cukup.

Harga Kamera Canon 600D di Akhir Tahun 2022

Harga Kamera Canon 600D di Tahun 2022

Pada awal peluncurannya di tahun 2011, Canon 600D dibanderol dengan harga mulai dari 8 juta rupiah untuk body-nya saja, Rp9 jutaan untuk yang menggunakan lensa 18-55mm IS II dan Rp11 jutaan untuk yang menggunakan lensa 18-135mm IS.

Setelah 11 tahun berlalu atau tepatnya di tahun 2022, Canon 600D sudah mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Di marketplace, kamu bisa menemukan toko yang menjual kamera ini mulai dari harga Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan saja.

Dengan harga tersebut, kamu bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan oleh kamera terbaik dari Canon pada masanya ini. Apalagi jika ingin mencari kamera second, maka kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi.

Namun tentu kamu harus melihat lebih jeli lagi agar tidak menjadi korban penipuan atau mendapat barang yang sudah tidak layak digunakan lagi. Untuk memulai petualangan di dunia fotografi, tentu saja mengeluarkan dana di bawah 5 juta untuk kamera dengan fitur beragam bisa dibilang menguntungkan.

Pertanyaan terakhirnya adalah apakah kamera Canon 600D masih layak untuk dibeli di tahun 2022? Dengan segudang fitur yang tersedia, spesifikasi yang masih mempuni, serta harga yang sudah turun hingga mencapai Rp3 jutaan saja, tentu saja kamera ini masih layak untuk dipertimbangkan.

Baca Juga:

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …