Mengenal Jenis-jenis Kamera dan Fungsinya

Fotografi dan videografi sudah menjadi aktivitas yang umum dilakukan banyak orang semenjak era media sosial. Memiliki kamera menjadi poin plus untuk menghasilkan hasil foto atau video yang lebih baik dan terkesan profesional. Namun sebelum memilih, ada baiknya mengenali jenis-jenis kamera terlebih dulu.

Meskipun tujuan utamanya adalah mengabadikan momen dalam foto atau video, namun masing-masing jenis kamera akan memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing. Menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki juga sangat penting agar mendapatkan kamera terbaik.

Jenis-jenis Kamera Beserta Fungsinya

Sebelum memilih kamera apa yang hendak dibeli untuk menunjang aktivitas fotografi maupun videografi, pahami dulu beberapa jenis kamera berikut.

1. Jenis Kamera Analog

Jenis Kamera Analog

Jenis kamera pertama yaitu kamera analog yang merupakan kamera lawas dan masih menggunakan roll film untuk mengambil gambar. Generasi milenial tentu cukup akrab dengan kamera ini atau minimal pernah setidaknya satu kali memiliki foto dari hasil kamera analog.

Meskipun terbilang kamera lawas, namun beberapa tahun belakangan kamera ini mulai kembali populer terutama di kalangan anak muda berkat tren berfoto menggunakan kamera analog di media sosial. Bahkan di Instagram terdapat tagar khusus yang berisi hasil tangkapan kamera analog.

Ciri khas kamera ini adalah bentuknya yang ringkas, tidak terlalu besar, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Selain itu tidak adanya fitur untuk melihat hasil foto memberikan sensasi berfoto yang unik dan seru serta membuat banyak momen tidak terduga bisa tertangkap kamera.

Umumnya kamera ini digunakan untuk mendapatkan gambar dengan efek vintage atau suasana jadul yang natural tanpa filter maupun editan. Namun jangan salah, di tangan yang tepat kamera ini dapat menghasilkan foto yang tak kalah istimewa ketimbang kamera modern.

2. Jenis Kamera DSLR

Jenis Kamera DSLR

Berikutnya ada kamera DSLR atau Digital Single Lens Refrex yang menjadi kamera paling banyak digunakan khususnya dalam dunia fotografi profesional. Prinsip pengambilan gambar kamera ini adalah dengan memanfaatkan sistem cermin otomatis dan pentamirror atau pentaprisma.

Ciri khas dari kamera DSLR adalah body-nya yang lebih tebal dan besar sehingga membuatnya terasa lebih kokoh saat digenggam. Selain itu ukurannya yang besar membuat kamera ini sangat pas untuk dipasangkan dengan lensa yang ukurannya besar dan berat.

Tak hanya untuk fotografi, banyak kamera DSLR juga mendukung perekaman video bahkan hingga resolusi 4K. Banyaknya fitur canggih di kamera ini membuatnya menjadi kamera yang sering digunakan di dunia fotografi maupun videografi profesional.

Sesuai dengan fitur yang ditawarkan, harga dari kamera DSLR tergolong cukup mahal terutama di kelas expert. Bahkan harga termahal dari kamera ini bisa mencapai ratusan juta rupiah!

3. Jenis Kamera Mirrorless

Jenis Kamera Mirrorless

Salah satu kamera yang menjadi pesaing kamera DSLR saat ini adalah jenis kamera mirrorless. Berbeda dengan DSLR, kamera ini tidak menggunakan cermin karena cahaya dari lensa akan langsung menuju sensor untuk kemudian ditampilkan di layar atau viewfinder.

Karena hal itu bentuk dari kamera ini lebih ringkas dan juga ringan. Untuk urusan hasil foto, kamera mirrorless sangat bisa bersaing dengan kamera DSLR. Pengaturan yang lebih sederhana juga membuat kamera ini sering menjadi pilihan favorit fotografer pemula.

Menawarkan fitur yang mempuni dan tak kalah dari kamera DSLR namun dengan ukuran yang lebih ringkas membuat kamera ini sering digunakan untuk merekam gambar atau video dengan lebih mobile dan fleksibel namun dengan kualitas yang berkelas.

4. Jenis Action Camera

Jenis Action Camera

Jika ingin mengabadikan momen pada saat melakukan aktivitas yang penuh aksi atau di lingkungan yang ekstrem, kamera action menjadi pilihan paling tepat. Kamera dengan bentuk paling ringkas dari jenis-jenis kamera lainnya ini sering digunakan oleh para petualang atau penggiat aktivitas ekstrem.

Kamera ini sering dipasangkan di helm, kendaraan, atau dibawa dengan stick saat melakukan aktivitas penuh aksi. Meski ukurannya kecil, fitur dari kamera ini tidak bisa dianggap remeh karena sudah banyak kamera aksi yang menawarkan perekaman hingga resolusi 4K.

Memiliki desain yang sangat ringkas, memiliki banyak fitur canggih seperti stabilisasi kamera luar biasa, daya tahan yang tangguh terhadap medan yang berat, membuat kamera ini akan sangat cocok digunakan oleh petualang, atlet olahraga ekstrem maupun vlogger yang hobi jalan-jalan.

5. Jenis Kamera Polaroid

Jenis Kamera Polaroid

Terakhir ada kamera polaroid yang dapat mencetak foto yang ditangkap secara instan. Kamera dengan ciri khas bentuk yang kotak serta lebih memanjang ke bawah ketimbang menebal ini juga cukup populer di kalangan anak muda.

Kamera ini menggunakan film polaroid yang dapat menghasilkan gambar dengan warna yang kuat dan khas. Kamera instan ini sangat cocok digunakan jika ingin langsung mendapatkan hasil cetakan foto yang diambil secara instan tanpa menunggu lagi atau tanpa repot mencetaknya melalui printer.

Jenis-jenis kamera yang sudah disebutkan di atas merupakan kamera yang banyak digunakan oleh orang-orang pecinta fotografi maupun videografi saat ini. Tentukan kebutuhan lalu sesuaikan dengan fungsi masing-masing kamera untuk mendapatkan kamera yang paling cocok denganmu.

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …