Compact Camera VS Action Camera: Kamu Butuh yang Mana?

Baik kamera compact maupun kamera aksi cocok untuk dibawa bepergian. Keduanya mudah dibawa dan praktis digunakan untuk menangkap foto dalam berbagai kegiatan. Tertarik untuk membeli salah satunya? Mana yang paling sesuai untuk kegiatanmu?

Mari kita bahas spesifikasi dua jenis kamera ini, compact camera vs action camera. Sebelumnya, jika kamu adalah seorang pemula yang ingin menggunakan DSLR, kamu bisa lihat rekomendasi kamera DSLR Canon untuk pemula.

Compact Camera VS Action Camera

Compact Camera VS Action Camera

Apa perbedaan paling mendasar dari kamera compact dan kamera aksi? Kamera yang pertama adalah kamera dengan bentuk ringkas. Disebut juga dengan kamera pocket, ukurannya memang kecil dan bisa dimasukkan dalam kantong baju.

Fitur di dalamnya terbatas karena fungsi utamanya untuk mengambil gambar saja. Sementara itu, kamera aksi adalah kamera digital yang didesain khusus untuk menangkap gambar atau merekam video berbagai kegiatan outdoor. Kamera aksi cocok untuk kegiatan ekstrem yang tidak memungkinkan pengguna untuk sering melakukan kontak dengan kamera.

Sekarang, kita bahas perbedaan yang lebih detail dari dua kamera ini berdasarkan bentuk, fungsi, dan kisaran harga.

1. Bentuk Kamera

Kamera compact dan kamera aksi sama-sama berukuran kecil. Kamera compact bisa dibawa ke mana pun tanpa kantong khusus kamera, cukup dimasukkan dalam saku. Sementara itu, kamera aksi berukuran lebih kecil dan ditempelkan di spot tertentu sehingga bisa merekam aktivitas ekstrem, seperti selancar, lari, bersepeda, dan banyak lagi lainnya.

2. Fungsi

Kamera compact dibuat untuk menangkap gambar tanpa dilengkapi fitur detail seperti kamera digital lain. Karena itu, kamera ini banyak dipakai untuk mengambil foto kegiatan. Pengoperasiannya sangat mudah, sesuai sebutannya yaitu point and shoot. Tinggal bidik dan jepret, kamera jenis ini bahkan mudah digunakan oleh anak-anak.

Lain halnya dengan kamera aksi. Desainnya mungil dengan lensa yang tangkapan gambarnya statis dan melebar. Karena itu, kamera ini dapat merekam gerakan outdoor ekstrem sekalipun tanpa harus ada kontak. Biasanya dilengkapi dengan pelindung yang membuatnya tahan air dan goncangan.

3. Kelebihan dan kekurangan

Masing-masing kamera compact atau pocket dan kamera aksi memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan kamera pocket yaitu memiliki sensor berukuran kecil, praktis dibawa ke mana pun, dan harganya terjangkau. Kekurangan kamera jenis ini adalah gambar yang dihasilkan kurang jernih. Selain itu, auto fokusnya relatiflambat.

Kelebihan yang ada pada kamera aksi adalah dapat menghasilkan gambar HD sampai full HD meskipun berukuran kecil. Modelnya ringkas dengan ketahanan yang sesuai untuk peruntukannya, yaitu merekam aktivitas outdoor.

Bersifat tahan air dan goncangan, si mungil ini siap merekam berbagai aksimu di alam bebas. Dia juga dapat menampung memori eksternal. Kekurangannya adalah kualitas gambar masih belum memuaskan. Selain itu, file yang dihasilkan berukuran relatif besar karena berformat AVI.

4. Kisaran Harga

Kisaran harga kamera aksi cukup beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Contoh pilihan ekonomis yaitu Kogan Action Camera 4K ultra yang dibanderol seharga 450.000 rupiah. Jika punya budget ekstra, GoPro HERO9 Black bisa jadi pilihan. Produk ini dihargai senilai 8 jutaan.

Sementara itu, kamu harus menyiapkan kocek ratusan ribu hingga belasan juta untuk mendapatkan kamera saku. Salah satu pilihan ramah di kantong adalah SJCAM FunCam Kids yang harganya sekitar 750.000 rupiah. Bagi yang tidak terhalang budget, Kamera Ricoh GR III Digital Camera seharga 15 juta rupiah bisa dipertimbangkan.

Kesimpulan 

Compact Camera VS Action Camera

Secara garis besar, spesifikasi compact camera VS action camera bisa dilihat dalam tabel berikut.

 Kamera CompactKamera Aksi
BentukKecil, bisa dimasukkan dalam sakuKecil, ditempel pada benda tertentu
FungsiMenangkap dan merekam gambarMemotret dan merekam aktivitas ekstrim
Kelebihan dan Kekurangan+ praktis, sensor kecil, harga terjangkau Gambar kurang jernih, auto focuslambat+ praktis, daya tahan tinggi, kualitas gambar HD hingga full HD Resolusi gambar kurang memuaskan, ukuran file besar
Kisaran HargaRatusan ribu hingga belasan juta rupiahRatusan ribu hingga jutaan rupiah

Demikian pembahasan tentang compact camera vs action camera. Sekarang, sudah tahu mana yang paling cocok untuk mengabadikan kegiatanmu?

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …