Review Kamera Ricoh GR III X: Kamera Premium untuk Street Fotografi

Review kamera menjadi hal penting sebelum Anda memutuskan membeli kamera. Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah tujuan penggunaan kamera. Kemudian, spesifikasi dan budget.

Kamera untuk street fotografi dan human interest memiliki peminat cukup banyak saat ini. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, Anda bisa mempertimbangkan kamera Ricoh GR III X.

Perubahan Utama Ricoh GR III X

Kamera Ricoh GR III X

Ricoh GR sendiri sudah lama dikenal sebagai pilihan populer untuk pecinta kamera poket, khusus street photography. Salah satu rilisan terbaru dari tipe ini adalah GR III X yang membawa perubahan menarik.

Perubahan paling mencolok adalah bagian lensa yang mampu menyajikan full frame lebih besar. Versi GR III dibekali lensa f/2.8 yang mampu menyajikan frame penuh 28 mm.

Nah, untuk versi GR III X sendiri, lensa yang disematkan adalah f/2.8 (26.1 mm). Lensa ini mampu memberikan frame penuh 40 mm. Angka ini ada tepat di antara 35 mm dan 50 mm yang menjadi dua focal lengths paling populer di kalangan street photographer.

Sebenarnya pilihan 40 mm ini cukup mengejutkan. Mengingat hampir semua seri Ricoh GR konsisten menggunakan lensa ekuivalen 28 mm. Salah satu alasan pemilihan lensa 40 mm ini karena hasil foto akan lebih mirip dengan pandangan mata manusia.

Kenapa Harus Mempertimbangkan Ricoh GR III X?

Review Kamera Ricoh GR III X

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat kamera satu ini laris di pasaran meskipun versi GR III juga masih populer.

1. Kualitas JPEG Tidak Perlu Diragukan

Kamera ini memang memiliki editor bawaan, tetapi tidak semua fotografer suka foto yang diedit. Banyak pecinta foto rawdan kamera ini sangat cocok untuk preferensi tersebut.

Kualitas JPEGnya sangat baik dengan profil warna yang luar biasa. Kamera ini bisa mengontrol noise dengan baik.

2. Lensa Impresif

Fungsi utama dari kamera adalah untuk mengambil gambar. Lensa baru di versi GR III X ini mampu menghasilkan foto yang impresif. Ketajaman, bokeh, hingga kontrol distorsi tidak perlu Anda pusingkan lagi.

Lensa yang baru memiliki 7 elemen dalam 5 grup. Ini lebih baik jika dibandingkan dengan Ricoh GR III yang hanya punya 6 elemen dalam 4 grup.

3. Editor Kamera Bawaan

Siapa yang hobi edit foto sebelum mem-posting-nya? Kini Anda bisa melakukan editing lebih mudah di GR III X. Penyesuaian ukuran, aspek rasio, color space, hingga white balance bisa langsung dilakukan di kamera.

Anda juga bisa menyesuaikan penerangan peripheral, kompensasi pencahayaan, mengurangi noise, dan mengoreksi shadow. Selesai editing, Anda bisa langsung transfer foto ke smartphone dan mem-posting-nya di platform mana pun.

4. Compact

Siapa pun yang pernah menggunakan Ricoh GR III akan merasa familiar saat memegang GR III X. Ini karena kedua kamera memiliki ukuran, berat, dan kontrol layout yang identik.

Kamera ini mudah untuk digenggam dan bisa masuk ke kantong celana atau pakaian tanpa ribet. Semua tombol dan menu reachable hanya dengan ibu jari dan jari telunjuk.

5. Fitur Keren

Fitur pada kamera ini terbilang cukup lengkap, mulai dari IBIS, filter ND bawaan, koreksi horison, mode makro, bluetooth hingga wifi. Tambahannya, Anda mendapat memori penyimpanan mencapai 2GB. Slot SD card-nya juga bisa menerima kartu UHS-I.

Mode makro memungkinkan Anda untuk mendapat foto yang cantik dalam jarak dekat, sekitar 4.7 inch. Filter ND membantu Anda untuk menangkap gambar lebih luas di siang yang terik.

Baca Juga:

Kekurangan dan Kelebihan Ricoh GR III X

Kamera Ricoh GR III X
PlusMinus
+ Kualitas foto makin oke– Daya tahan baterai kurang
+ Filter ND bawaan dan mode makro– Terasa hangat saat dipakai terus
+ Penyimpanan internal mencapai 2GB– Tidak dilengkapi flash
+ Lensa baru dibekali optik yang bagus– Lebih mahal dari GR III
+ Performa fokus otomatis baik– LCD kurang terang dan glossy
+ Sangat compact
+ Touch screen responsif
+ Memiliki editor gambar yang oke di kamera

Dari review kamera di atas, apakah menurut Anda Ricoh GR III X wajib dimiliki? Atau Anda sudah cukup puas dengan performa Ricoh GR III? Yuk, sharing di kolom komentar.


Source:

  1. https://photofocus.com/reviews/ricoh-gr-iiix-review-the-gr-iiix-is-a-great-street-camera-but/
  2. https://fstoppers.com/gear/best-compact-camera-street-photography-review-new-ricoh-gr-iiix-578956
  3. https://www.infofotografi.com/blog/2021/09/ricoh-gr-iii-x-kamera-pocket-berkualitas-premium-untuk-sehari-hari/

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …