Review Kamera Ricoh WG-70: Si Tahan Banting dan Tahan Air

Petualangan selalu identik dengan lokasi outdoor. Ini membuat para fotografer penyuka adventure harus berhati-hati saat membawa kamera. Namun, tidak perlu khawatir karena kini telah hadir Ricoh WG-70. 

Kamera yang satu ini lahir khusus untuk kamu yang hobi aktivitas outdoor. Fiturnya juga tidak kalah menarik. Penasaran kan pastinya? Yuk, cek review kamera Ricoh satu ini.

Kelebihan Ricoh WG-70

Ricoh WG-70

Meski tajuknya cocok untuk petualang, sejujurnya kamera tahan banting dari Ricoh ini bisa untuk segala medan. Jadi, bisa Anda gunakan untuk pekerjaan yang mengharuskan ada di medan sulit.

Apa saja kelebihan kamera ini?

1. Compact Camera

Kamera ini memiliki ukuran cukup kecil sehingga mudah dibawa. Bahkan, Anda bisa mengaitkannya di berbagai tempat. Beratnya kurang dari 200 gram dengan dimensi 12.2 cm x 6.15 cm x 2.9 cm.

Desainnya cukup mengesankan, yakni memiliki kesan sporty dan tangguh. Ada dua pilihan warna untuk kamera ini. Hitam dan kombinasi hitam-orange. Kedua warna ini sama-sama mampu memberikan kesan tangguh dan bold. Selain itu, hitam dan orange juga membuat kamera tidak cepat kotor.

Kamera Ricoh WG-70 juga memiliki desain body yang berlekuk. Jadi, Anda bisa menggenggamnya dengan mudah. Sekilas lekukan ini bisa mencegah kamera terjatuh saat dipegang.

2. Lampu LED di Sekitar Lensa

Keunggulan sekaligus keunikan lain dari kamera ini adalah eksistensi lampu LED di sekitar lensa. Lebih tepatnya, lampu-lampu ini ditempatkan untuk melingkari lensa. Total ada sekitar 6 buah lampu LED yang disematkan di kamera ini.

Fungsinya sebagai penerang ketika kondisi sekitar gelap. Jadi, Anda tidak akan kesulitan memotret objek meski kondisi sangat gelap.

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa keberadaan lampu ini bisa berlebihan saat kondisi ada di antara terang dan gelap. Bisa saja lampu LED ini membuat silau.

Tetapi jangan khawatir, karena Anda bisa menyalakan lampu LED ini hanya sebagian atau keseluruhan. Ketika kondisi belum terlalu gelap, Anda cukup menyalakan sebagian lampu agar tidak berlebihan.

Opsi untuk menyalakan lampu sebagian ini juga bisa Anda fungsikan agar objek foto lebih berdimensi. Akhirnya akan tercipta bayangan foto diambil.

Baca Juga:

3. Lensa 5x Optical Zoom

Ricoh WG-70 ini dibekali lensa 5x optical zoom, mulainya dari angka 28-140mm f/3.5 sampai 5.5. Sensornya ½.3” dengan resolusi 16MP. Sedangkan, untuk video resolusinya HD.

Secara umum, kualitas kamera ini memang standar ya. Tidak sebanding dengan DSLR atau mirrorless camera. Namun, ketangguhan kameranya tidak perlu Anda ragukan.

4. Ketahanan

Kamera Ricoh berdesain unik ini memiliki ketahanan kelas wahid. Pertama, bisa tahan di bawah air selama dua jam dengan maksimal kedalaman 14 meter. Jadi, aman untuk kena hujan, menyeberangi sungai, atau saat diving.

Kedua,tahan banting karena aman meski jatuh dari ketinggian maksimal 1.6 meter. Kamera ini cukup riskan untuk terjatuh saat naik roller coaster, tetapi bisa diandalkan untuk aktivitas outdoor.

Ketiga, ketahanan suhu kamera ini lumayan baik, yakni durable untuk suhu hingga -10 derajat celcius. Keempat, Ricoh WG-70 juga tahan tekanan hingga beban 100 kg. Jadi, saat kejatuhan sesuatu ketika beraktivitas kemungkinan kamera ini selamat lebih besar.

Terakhir, kamera ini juga tahan debu sehingga Anda tidak perlu khawatir Ricoh WG-70 mudah kotor karena debu.

5. Mode Pengambilan Gambar Baru

Sebagai penerus WG-60, WG-70 mendapat tambahan mode baru. Pertama, Digital Microscope yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar foto yang sudah diambil.

Kedua, Advanced Underwater Shooting khusus untuk mengoreksi warna foto dan video bawah air. Ketiga, Cross Processing yang berfungsi untuk memberikan efek warna sehingga foto terlihat seperti diambil menggunakan kamera film.

Tiga mode di atas tentunya akan memberikan pengalaman yang lebih baik saat Anda mengambil foto dan video outdoor.

Kesimpulan dari review kamera kali ini, Ricoh WG-70 cocok untuk Anda bawa beraktivitas outdoor, mulai dari aktivitas di air, mendaki gunung, menjelajah, telusur gua, hingga pekerjaan konstruksi dan tambang. Tertarik untuk memiliki kamera ini? Harganya sekitar Rp3.99 juta ya.


Source:

  1. https://www.yangcanggih.com/2020/02/06/ricoh-wg-70-kamera-saktu-tangguh-dengan-fitur-mikroskop-digital/
  2. https://www.tokopedia.com/blog/review-ricoh-wg-50/

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …