7 Keistimewaan Fitur Canon EOS R3, Sesuai dengan Harganya?

Resmi diumumkan di Indonesia pada Desember 2021 lalu, Canon EOS R3 digadang-gadang menjadi kamera mirrorless idaman para fotografer profesional yang kerap memotret objek cepat, seperti memotret satwa liar dan kegiatan olahraga.

Material bagian body kamera ini dibuat dari magnesium alloy yang tahan terhadap debu dan percikan air. Dengan harga yang cukup fantastis, yakni di angka Rp. 117.370.000, pastinya Anda penasaran dengan kecanggihan fitur di dalamnya.

Faktanya, kamera ini memang dibekali fitur canggih dan terbarukan pada lini EOS R. Di bawah ini, kami akan memberikan review kamera besutan Canon ini secara lengkap. Apa saja fitur unggulannya?

1. Sensor EOS R3

Sensor EOS R3

Canon EOS R3 dibekali teknologi sensor 24,1MP yang menawarkan kecepatan pembacaan di atas rata-rata dan dapat menangkap objek hingga 30fps dengan shutter elektronik dan shutter mekanis mencapai 12fps.

Berbicara mengenai kecepatan shutter, Anda dapat memotret hingga 1/64000 detik untuk menangkap momen tertentu per satuan waktu. Teknologi sensor 24,1MP menawarkan untuk dapat menangkap video 6K RAW hingga 60p, juga dapat merekam 4K oversampled hingga 60p. 

2. Sistem Dual Pixel CMOS AF II

Dual Pixel CMOS AF II EOS R3

Teknologi canggih ini menawarkan kecepatan dan keakuratan fitur Eye Control AF. Ini memungkinkan penggunanya dapat memilih titik fokus dengan gerakan mata melalui EVF atau Electronic View Finder.

Terobosan ini memiliki kecepatan lebih besar dibandingkan dengan memindahkan titik fokus melalui tombol pada kamera. Sekali lagi, untuk mendapatkan titik fokus, Anda hanya perlu menggerakkan bola mata ke subjek.

3. Baterai & Konektivitas

canon eos r3

Dengan baterai berkapasitas 2700 mAH, Anda dapat menggunakan kamera dengan waktu yang lebih lama. Pengisian daya pada baterai dapat dilakukan dengan bantuan power bank yang mendukung Power Delivery (PD) dengan kabel USB-C.

Canon EOS R3 dibekali dengan konektivitas WiFi, Bluetooth dan GPS. Anda dapat melakukan transfer file dengan lebih cepat dari kamera ke smartphone melalui kabel USB menggunakan fitur Mobile File Transfer.

Pengguna juga dapat mengirim foto dengan cepat menggunakan konektivitas LAN kabel untuk pengiriman ke server FTPS, FTP dan SFTP tanpa tambahan aksesori.

Untuk mendukung transfer data dengan kecepatan hingga 2GB/detik, kamera ini juga didukung dua slot kartu memori, yakni CFexpress Type B dan kartu SD.

4. LCD Sentuh Vari-Angle

LCD eos r3

LCD sentuh vari-angle 3,2 inci memungkinkan Anda dapat mengambil gambar secara leluasa dari berbagai sudut. Selain fitur Animal Detection AF dan Eye Detection AF, kamera ini juga memiliki fitur baru, yakni Vehicle Priority AF yang memungkinkan Anda untuk menangkap objek cepat otomotif.

5. Fokus Otomatis

Fokus Otomatis eos r3

Fokus otomatis pada EOS R3 ini dapat mendeteksi objek yang bergerak cepat, seperti mobil dan sepeda motor, bahkan lebih spesifik dapat berfokus pada helm pengemudi. Dibekali dengan deteksi Af hingga EV -7.5, memungkinkan Anda untuk mendapatkan fokus, bahkan pada kondisi minim pencahayaan.

6. IBIS (In-Body Image Stabilization)

Canon Eos r3

EOS R3 dibekali dengan fitur IBIS sebagai penahan guncangan 5-axis hingga 5,5 stop. Efektivitasnya bisa mencapai 8 stop saat dipasangkan dengan lensa RF yang kompatibel. Fitur ini menjadikan hasil bidikan dan rekaman video lebih halus dan stabil.

7. ISO dan Resolusi yang Tinggi

Spesifikasi canon eos r3

Canon EOS R3 memiliki rentang ISO 100-102.400 dan bisa ditingkatkan hingga 204.800. Didukung dengan sensor baru, kamera ini mampu membidik objek pada kondisi minim pencahayaan tanpa khawatir dengan noise pada ISO tinggi.

Kamera ini juga memiliki resolusi 24,1MP, 20% lebih tinggi dibandingkan dengan EOS R6 dan EOS-1DX Mark III. Sementara itu, kinerja resolusinya melebihi EOS 5D Mark IV, pemilik resolusi 30,4MP.

Setelah mengetahui fitur-fiturnya, apakah Anda tertarik untuk meminang kamera Canon EOS R3 ini?

Meski diperuntukkan kepada profesional yang bergelut di bidang fotografi dan videografi, semua orang dapat memiliki dan menikmati fitur-fitur unggulannya.

Harganya memang di atas rata-rata, tetapi sebagai gantinya Anda akan mendapatkan fitur yang tidak biasa.

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …