Nikon Z9 Harga dan Spesifikasi Terbaru 2022

Nikon Z9 adalah kamera mirrorless full-frame pro 45,7 MP yang ditandai dengan sensor yang baru dikembangkan, kinerja AF yang canggih, serta perekaman video 8K beresolusi tinggi.

Sebagai kamera frameless andalan pertama, Nikon menonjolkannya sebagai kamera yang support untuk aktivitas fotografi dan membuat film di berbagai macam aplikasi. Kamera yang sangat menarik, bukan?

Spesifikasi Nikon Z9

Spesifikasi Nikon Z9
Format SensorCMOS
Type SensorAPS-CFull Format
Resolusi Video8K
ViewvinderElektronik
AutofocusTersedia
Self TimerTersedia
Face RecognitionTersedia
ISO Minimum64
ISO Maximum51200
WifiTersedia
USBTersedia
Kisaran HargaRp 90.999.000

7 Keunggulan Fitur Nikon Z9 Sebagai Mirrorless Camera Full Frame

Fitur Nikon Z9

Sebagai kamera mirrorless paling canggih di kelasnya, Z9 memiliki segudang keunggulan, loh. Berikut ini review kamera Nikon Z9 dari berbagai aspek.

1. Dilengkapi BSI CMOS Sensor

Keunggulan utama dari Z9 adalah sensor CMOS bertumpuk format FX 45.7MP BSI yang baru dikembangkan. Desainnya yang bertumpuk menawarkan kecepatan pembacaan yang cepat dan membantu mengurangi rolling shutter.

Tidak hanya itu, desain BSI pada kamera ini berkontribusi pada kejernihan hasil gambarnya yang mengesankan dan kebisingan minimal saat bekerja pada sensitivitas yang lebih tinggi.

Desain BSI full-frame juga dikenal untuk rendering warna dan detail yang indah. Sensor ini juga menawarkan rentang ISO 64-25600 asli, yang dapat diperluas ke ISO 32-102400.

2. Mendukung Video Recording hingga 8K

Mencocokkan atribut foto kelas profesional, Z9 juga merupakan kamera video keluaran Nikon yang paling mumpuni. Pasalnya, kamera ini dilengkapi berbagai resolusi dan kecepatan frame yang tersedia hingga 8K, loh.

Selain itu, kamu juga bisa merekam video dengan kualitas 4K full-frame menggunakan kamera ini hingga 120p untuk pemutaran gerakan lambat.

Jadi, kamu dapat  memilih dan menyesuaikan kebutuhan video recording kamu menggunakan kualitas 8K atau 4K. Masing-masing menghasilkan kualitas gambar 33MP atau 11MP.

3. Desain Bodi yang Profesional

Review kamera Nikon Z9 selanjutnya adalah dari segi bodi kamera. Bodi kamera ini terbuat dari paduan magnesium sehingga tahan terhadap debu dan air.

Z9 menggabungkan LCD layar sentuh miring empat sumbu 3,2 inci 2.1m-dot yang mendukung kamu untuk bekerja dari angle kamera tinggi maupun rendah serta orientasi horizontal atau vertikal dengan lebih baik.

Desain bodi ini memudahkan kamu untuk mengatur kamera dengan berbagai posisi tergantung kebutuhan pemotretan serta cara memegang kamera. Selain itu, terdapat juga dua slot yang kompatibel dengan kartu memori XQD.

Z9 juga dicirikan oleh faktor bentuknya yang ergonomis dan penyertaan vertikal grip untuk kemudahan beralih antara orientasi pemotretan horizontal dan vertikal. Menariknya lagi, kamera ini dilengkapi kunci pengaman VR untuk mencegah kerusakan saat dibawa traveling.

4. Kualitas Gambarnya Menakjubkan

Karena memiliki sensor 45.7Mp, Z9 mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat jernih, detail, dan tajam. Kamera ini juga dilengkapi electronic shutter yang mampu menghasilkan kecepatan pengambilan gambar rana tertinggi 1/32.000 detik untuk bekerja dalam kondisi paling terang dengan bukaan lebih lebar.

Desain sensor bertumpuk mengurangi distorsi rana bergulir. Jadi, bagi kamu yang ingin memotret subjek yang bergerak cepat, seperti bola sepak, raket tenis, atau burung yang terbang, kecepatan rana hingga 1/32.000 detik akan meminimalkan distrosi yang mungkin terjadi.

5. Fitur Deteksi Subjek dengan Teknologi Deep Learning

Memanfaatkan algoritme baru dan teknologi deep learning, deteksi subjek otomatis pada Nikon Z9 dapat mengenali sembilan jenis subjek yang berbeda, mulai dari manusia, hewan, pesawat terbang, hingga sepeda. Hal ini memungkinkan kamu untuk memotret subjek dengan autofocus yang lebih mumpuni.

Saat bekerja di Auto-Area AF, subjek ini akan secara otomatis dideteksi, difokuskan, dan dilacak untuk memastikan fokus yang tajam saat subjek bergerak melintasi bingkai. Eye-Detection AF juga telah disetel untuk meningkatkan akurasi dan eyes recognition yang lebih halus.

6. Dilengkapi Konektivitas Serbaguna

Mari lanjutkan review kamera Z9 dari aspek konektivitasya. Sesuai dengan kualitasnya yang profesional, Z9 dilengkapi dengan berbagai opsi konektivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan fotografi kamu.

Ada port HDMI full size, port USB 3.2 Gen 2 Tipe-C yang mendukung tethering, transfer data, dan pengisian daya baterai dalam kamera.

Terdapat juga port Ethernet yang mendukung koneksi LAN kabel 1000BASE-T untuk mentransfer file melalui FTP dan port 10-pin yang menawarkan aksesori lebar dan konektivitas jarak jauh. Z9 juga dilengkapi konektivitas bluetooth dan Wi-Fi yang memungkinkan transfer file secara nirkabel.

7. Terdapat Sensor Shield

Kamera ini memiliki pelindung sensor khusus yang secara otomatis akan turun saat kamera dimatikan. Jadi, meskipun kamera ini dibawa bepergian, kamu tak perlu khawatir sensornya akan rusak karena gesekan dengan barang lain.

Nah, itulah beberapa keunggulan kamera Z9 ini, semoga dengan membaca reviewnya kamu mendapat referensi tambahan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca Juga:

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …