6 Perbedaan Kamera Polaroid dan Kamera Instax!

Apakah kamu pernah mendengar jenis kamera Polaroid ataupun kamera Instax? Dua nama ini merujuk pada jenis kamera yang dapat langsung mencetak hasil foto yang diambil atau biasa disebut kamera instan. Namun ternyata perbedaan kamera Polaroid dan kamera Instax sangatlah jauh.

Meskipun sama-sama merupakan kamera instan, namun jangan sampai salah apalagi menyamakan kedua nama ini agar tidak terjadi hal-hal seperti salah membeli produk kamera. Oleh karena itu penting untuk bisa membedakan antara kamera Polaroid dan kamera Instax.

6 Perbedaan Kamera Polaroid dan Kamera Instax

Berikut ini adalah perbedaan mendasar antara kamera Polaroid dan juga kamera Instax.

1. Dari Segi Nama/Brand

Dari Segi Nama:Brand

Ternyata Polaroid dan Instax bukanlah sebuah nama jenis kamera, namun justru nama brand dari kamera itu sendiri. Polaroid merupakan sebuah perusahaan/brand yang memproduksi kamera instan pertama di dunia dan dikenal hingga kini.

Meski sempat mengalami kebangkrutan pada tahun 2001 dan kemudian mengumumkan tak lagi memproduksi kamera instan pada 2008, Polaroid berhasil bangkit kembali pada tahun 2017. Kini berkat upaya dari Impossible Project, kamera Polaroid terbaru berhasil dibuat dan dipasarkan.

Sedangkan kamera Instax merupakan jenis kamera instan yang diproduksi oleh brand Fujifilm yang juga sudah sangat terkenal di dunia perkameraan. Meski merupakan kamera instan, namun Fujifilm menghadirkan berbagai fitur canggih di dalam kamera Instax mereka.

2. Dari Segi Baterai yang Digunakan

Dari Segi Baterai yang Digunakan

Kamera-kamera instan dari Polaroid pada umumnya menggunakan baterai yang langsung menyatu dengan film sehingga kamera Polaroid tidak akan bisa dinyalakan tanpa adanya film terpasang. Sedangkan pada kamera Instax, baterai yang digunakan biasanya berupa batera AA sebanyak 4 buah.

Letak baterai pada kamera instan milik Fujifilm ini juga tidak menyatu dengan film sehingga kamera tetap bisa dinyalakan meskipun tanpa film yang terpasang di dalamnya.

3. Perbedaan Jenis Film yang Digunakan

Perbedaan Jenis Film yang Digunakan

Perbedaan berikutnya dari kedua kamera ini dalah dari segi film yang digunakan. Kamera Polaroid masih menggunakan film dengan I-type yang memiliki bingkai berwarna putih di sekitarnya yang sangat khas. Sedangkan kamera Instax menggunakan jenis film yang beragam tergantung jenis dan fiturnya.

Beberapa kamera Instax memiliki fitur pengambilan gambar yang berbeda seperti foto wide sehingga setiap menggunakan film dengan ukuran yang lebih lebar. Sedangkan kamera Instax Mini menggunakan film yang lebih mungil ketimbang film ukuran kotak pada umumnya.

Namun setelah kebangkitan Polaroid, mereka juga meluncurkan jenis kamera yang beragam untuk ikut bersaing di pasar kamera instan. Misalnya saja kamera Polaroid Go yang merupakan kamera instan dengan ukuran kecil layaknya kamera Instax Mini milik Fujifilm.

Lalu ada juga beberapa jenis kamera Polaroid lain seperti SX-70 dan 600 yang merupakan hasil pengembangan teknologi kamera sehingga menghasilkan gambar yang lebih berkualitas serta menggunakan jenis film khusus.

4. Perbedaan Kamera Polaroid dan Kamera Instax dari Harga Film

Perbedaan Kamera Polaroid dan Kamera Instax dari Harga Film

Selain itu dari segi harga juga terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari film yang digunakan kamera Polaroid dan kamera Instax. Harga film I-type yang digunakan oleh kamera Polaroid memiliki harga yang jauh lebih mahal dari film yang digunakan oleh kamera Instax.

Bahkan selisih perbedaan harga dari film yang digunakan untuk mendapatkan jumlah shot yang sama dengan kedua kamera ini bisa mencapai 3 sampai 4 kali lipat.

5. Dari Segi Hasil Gambar/Foto yang Dihasilkan

Dari Segi Hasil Gambar:Foto yang Dihasilkan

Perbedaan berikutnya dari kamera Polaroid dan kamera Instax adalah dari segi gambar atau foto yang dihasilkan. Untuk hal ini tentu akan bergantung dari penilaian, selera, hingga pembahasannya akan lebih spesifik agar bisa menentukan sendiri mana yang lebih cocok.

Teruntuk para pecinta foto dengan warna yang vivid dan sesuai dengan warna aslinya, kamera Instax dari Fujifilm akan lebih unggul dari kamera Polaroid. Namun jika mencari hasil foto yang terlihat klasik, bernuansa nostalgia dan memiliki efek vintage, maka kamera Polaroid bisa lebih unggul.

6. Dari Segi Fitur dan Penggunaan Kamera

Dari Segi Fitur dan Penggunaan Kamera

Perbedaan kamera Polaroid dan Instax yang terakhir bisa dilihat dari berbagai fitur serta penggunaannya. Masing-masing kamera instan dari Polaroid maupun Instax milik Fujifilm memiliki jenis dan tipe berbeda-beda yang membawa fitur unggulan tersendiri.

Misalnya saja kamera Polaroid 600 Type 80s yang menawarkan foto bernuansa klasik dengan desain yang juga bergaya retro seperti tahun 80an. Kemudian jika ingin menikmati kamera instan dengan sistem digital, kamera Instax Mini LiPlay merupakan pilihan yang disediakan oleh Fujifilm.

Polaroid juga memiliki kamera yang dapat terkoneksi dengan perangkat seperti Android maupun iOS yaitu pada tipe Polaroid OneStep+. Dengan terintegrasinya kamera pada smartphone membuat berbagai fitur seperti manual mode, remote trigger dan sebagainya bisa digunakan.

Perbedaan kamera Polaroid dan kamera Instax ternyata cukup banyak dan cukup mencolok. Oleh karena itu jika kamu ingin memiliki kamera instan, lakukan riset terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan agar mendapat pilihan kamera terbaik.

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …