5 Tips Memilih Kamera dan Lensa Terbaik untuk Travel

Saat sedang traveling, mungkin kamu ingin mengabadikan momen-momen berharga atau tempat menarik yang dikunjungi dengan mengambil foto.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan kamera HP untuk mengambil foto, tetapi terkadang kualitasnya masih kurang jika dibandingkan kamera dan lensa yang canggih.

Agar kamu bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, berikut ini ada tips memilih kamera dan lensa untuk travel terbaik.

1. Mempertimbangkan Berat saat Memilih Kamera dan Lensa

Tips memilih kamera yang pertama perhatikan berat body kamera

Kegiatan traveling sering menuntut kita untuk membawa banyak barang untuk keperluan selama perjalanan. Barang-barang itu tentunya memiliki berat masing-masing, ada yang sangat berat dan ada juga yang ringan.

Nah, tips memilih kamera untuk travel yang pertama kamu harus mempertimbangkan berat dari kamera dan lensa yang dibawa. Berat rata-rata body kamera DSLR adalah 700 gram.

Bila ditambah dengan lensa seberat 800 gram bisa dibilang kamu akan membawa kamera dan lensa yang memiliki berat 1,5 kilogram atau 1,500 gram. Belum lagi jika kamu membawa lensa dan kamera cadangan lainnya.

Bawaan yang berat itu akan menyulitkan kamu selama perjalanan. Karenanya, pilihlah jenis kamera dan lensa yang cukup ringan, seperti kamera mirrorless. Jenis kamera ini lebih ringan dibandingkan dengan kamera versi DSLR.

2. Lihat Kondisi Tempat yang Dikunjungi

Tips memilih kamera untuk foto traveling

Tips memilih kamera selanjutnya adalah menentukan lensa. Tidak semua kamera dan lensa cocok untuk segala tempat. Contohnya, bila kamu traveling di alam, seperti pegunungan atau bukit, penggunaan lensa wide akan lebih cocok.

Ini karena lensa tersebut dapat mengambil foto dengan jangkauan yang lebih luas sehingga seluruh pemandangan akan terlihat. Bila kamu traveling ke tempat dengan festival budaya, lensa yang cocok adalah lensa zoom yang memiliki rentang focal panjang.

Lensa kamera itu akan memudahkan dalam pengambilan foto tanpa harus berpindah-pindah tempat. Untuk mendapat sudut pandang yang beda, kamu bisa juga memakai lensa fix.

Beberapa jenis lensa yang mahal menyediakan fitur weatherseal. Fitur itu membuat lensa tahan dengan debu dan kelembaban. Lensa ini sangat cocok dipakai kalau kamu sering traveling ke tempat yang penuh debu dan memiliki suhu udara rendah.

3. Gunakan Kamera dengan Sensor Besar

Kamera sensor besar

Meski memiliki ukuran foto megapixel yang sama, ternyata kualitas hasil fotonya tetap berbeda antara kamera besar dan kamera HP. Perbedaan itu disebabkan oleh ukuran sensornya. Makin besar sensor yang dimiliki kamera, makin besar pula cahaya yang dapat ditangkap.

Keunggulan sensor besar ini adalah meningkatkan performa kamera dalam kondisi low light sehingga hasil fotonya tetap baik meski minim cahaya atau remang-remang. Sensor besar ini juga memberikan depth of field lebih tipis, jadi lebih mudah dalam mengambil foto dengan efek bokeh.

Namun, besarnya sensor ini turut membuat ukuran lensa membesar. Harga kamera pun ikut terpengaruh karena sensor merupakan bagian yang paling mahal dari kamera digital. Tandanya, kamera bersensor besar cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis kamera lainnya.

4. Pakai Lensa yang Lebih Fleksibel

Lensa fleksibel adalah tips memilih kamera yang bagus

Kalau ingin memilih kamera dan lensa yang bisa diganti, kamu lebih baik menggunakan lensa dengan bukaan diafragma cukup besar. Kisaran angka diafragmanya, yaitu antara 1.8 – 2.8. Diafragma yang besar akan memudahkanmu dalam mengambil foto.

Misalnya, pada saat kondisi cahaya remang-remang, kamu tetap bisa mengambil foto dengan cukup shutter speed tanpa harus memakai tripod. Kamu juga bisa mengambil foto bokeh dengan naik. Bahkan, kamu bisa memotret langit malam penuh bintang dan milky way tanpa memakai ISO kamera yang tinggi.

5. Perhatikan Fitur Lain yang Dimiliki Kamera

Fitur kamera traveling

Mengecek spesifikasi kamera merupakan langkah penting saat memilih kamera dan lensa. Fitur-fitur yang dimiliki kamera tersebut akan berpengaruh dengan penggunaan kameranya selama traveling.

Bila kameranya tidak memiliki fitur yang mumpuni, pengalaman menggunakan kamera pun akan berkurang. Apabila kamu ingin menggunakan kamera untuk foto dan video, coba periksa spesifikasi kameranya dengan baik.

Lihat apakah kamera memiliki fitur yang dibutuhkan. Contohnya, kamu bisa memastikan apakah kameranya memiliki image stabilizer, bisa dipasangi external mic atau tidak, berapa resolusinya dan lain-lain.

Setelah mengetahui fitur apa saja yang dibutuhkan, kamu tinggal mencocokkannya dengan kamera yang akan dipilih. Bila kamera yang kamu pilih sudah memenuhi semua kebutuhanmu, kamu bisa memakainya selama traveling.

Begitulah tips memilih kamera dan lensa untuk travel terbaik. Kini, kamu bisa dengan mudah menemukan kamera dan lensa yang cocok digunakan untuk menunjang kegiatan traveling.


Referensi:

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …