Mengenal Tripod Kamera, Jenis, Tips Memilih dan Rekomendasi

Tripod Kamera

Selain stabilizer, salah satu alat yang bisa digunakan untuk menstabilkan pengambilan gambar adalah tripod kamera. Dengan menggunakan alat ini, kamera bisa berdiri tegak dan memiliki jarak yang sama dengan objek. Selain itu, pengguna juga bisa memberikan beban kamera pada alat ini.

Tripod kamera memiliki jenis yang beragam dan fungsi yang bervariasi juga. Ada yang cocok digunakan pada kamera yang kecil sampai ke kamera yang besar. Kalau Anda memiliki kamera dan membutuhkan aksesori, tripod adalah pilih yang tepat.

Mengenal Jenis Tripod Kamera

Tripod adalah alat stan untuk membantu kamera berdiri dengan tegak, yang berfungsi mengurangi guncangan (shake) tangan fotografer.

Tripod yang digunakan untuk kamera ternyata jenisnya cukup bervariasi dan masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli tripod yang sesuai dengan kebutuhan, simak dulu jenisnya di bawah ini.

1. All in One Tripod

Tripod jenis pertama yang sering digunakan adalah all in one tripod. Alat ini umumnya memiliki kepala dan kaki yang saling tersambung. Jadi, Anda tidak bisa mengotak-atik dan harus membeli yang sesuai dengan kebutuhan dan bentuk dari kamera.

Karena memiliki cukup banyak keterbatasan, tripod jenis ini biasanya memiliki harga yang murah. Anda bisa menggunakan all in one tripod untuk belajar fotografi. Selanjutnya, kalau sudah mahir, bisa membeli jenis yang lebih baik seperti studio tripod.

2. Studio Tripod

Tripod studio memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari jenis standar. Umumnya tripod ini digunakan untuk tempat meletakkan kamera yang ukurannya besar. Tripod juga dipakai untuk memasang lighting atau kebutuhan lain dari fotografi.

Karena memiliki ukuran yang besar, alat ini jarang sekali dipakai untuk kebutuhan di luar ruangan seperti pelesir. Namun, masih sering di bawah ke sana kemari oleh fotografer kalau ada sesi pemotretan di luar studio.

3. Travel Tripod

Tripod jenis ini biasanya dipakai untuk kebutuhan pelesir. Anda bisa menggunakan tripod ini untuk memotret di tempat wisata dan tidak membutuhkan orang lain untuk membantu. Karena dibawa saat pelesir, ukurannya tidak akan terlalu besar dan memiliki bahan yang ringan.

Bahan yang dipakai biasanya plastik atau serat karbon. Bahan ini sangat ringan dan bisa dibentuk menjadi lebih fleksibel serta bisa dipanjangkan atau dipendekkan. Jadi, tidak akan memenuhi tas dan ruangan lain di dalam kendaraan.

4. Pocket Tripod

Seperti namanya, tripod jenis ini bentuknya sangat kecil dan hanya memiliki satu fungsi saja. Beberapa bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam kantong. Fungsi dari tripod ini adalah menyangga kamera di atas tanah yang datar untuk membantu proses pemotretan.

5. Monopod

Monopod adalah tripod yang kakinya hanya satu saja. Bagian bawahnya rata dan memiliki panel yang kuat. Alat ini digunakan untuk menyangga kamera yang besar di atasnya agar fotografer tidak goyang saat menggunakannya.

6. Suction Tripod

Alat ini memiliki kepala yang akan mencengkeram kamera atau ponsel. Selanjutnya di bagian kakinya berupa suction. Saat ditempelkan ke kaca, alat akan mencengkeram dengan kuat dan pengambilan gambar berjalan dengan baik.

Suction tripod digunakan untuk mengambil gambar di dalam kendaraan. Misal syuting dengan latar di dalam mobil. Untuk meminimalkan operator di dalam mobil dan mengganggu proses syuting, alat ini dipakai untuk mengambil video secara otomatis.

7. Flexible Leg Tripod

Sebenarnya hampir sama dengan tripod kebanyakan. Namun, bagian kakinya lebih fleksibel sehingga bisa ditarik agar memanjang dan memendek. Selain itu, kaki juga bisa membentuk sudut tertentu dan tetap stabil.

Tips Memilih Tripod

Memilih tripod sebenarnya gampang-gampang susah. Karena sering sekali tripod yang sudah dibeli tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Untuk itu, coba simak beberapa tips di bawah ini agar tripod yang dibeli benar-benar sesuai dengan keinginan.

1. Sesuaikan dengan Ukuran Kamera

Sesuaikan dengan ukuran dari kamera agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jadi, tripod bisa dimaksimalkan fungsinya. Bukan sekadar beli lalu tidak digunakan kembali.

Berdasarkan ukurannya, tripod dapat bedakan kedalam tiga ukuran berbeda yaitu small, medium dan large. Ukuran small atau mini compact umumnya digunakan untuk beban ringan seperti smartphone dan kamera digital.

Untuk Kamera DSLR standar pada umumnya direkomendasikan memilih tripod berukuran medium. Sedangkan DSLR dengan penambahan aksesoris berat seperti misalnya lensa telephoto, disarankan untuk memilih tripod ukuran large.

2. Kapasitas Beban Besar

Kapasitas beban pada bagian kaki dan kepala atau pan head umumnya terdapat standar beban maksimal yang berbeda. Misalnya saja kapasitas pan head memiliki kapasitas beban lebih besar dibanding kapasitas beban yang mampu ditopang oleh kaki tripod.

Oleh karena itu, skala dua kali lipat dari beban kamera yang dimiliki sangat direkomendasikan. Misal kamera yang Anda miliki bebannya 400-500 gram, kekuatan kepala harus di atas 1 kg.

3. Tipe Head atau Kepala Tripod

Kamera dan lensa memiliki ukuran dan beban berbeda, oleh karena itu pilih tripod head sesuai fungsi dan kegunaan aktivitas fotografi.

  • 3 Way Head

3 way head tripod

Tipe 3 way head atau pan-tilt head jenis kepala tripod untuk mengatur 1 axis secara terpisah, horizontal atau vertical. Direkomendasikan untuk mengambil gambar landscape photography, dimana objek yang diambil dalam keadaan diam tidak bergerak.

Kekurangan head jenis ini adalah sulit untuk mengambil gambar dengan pergerakan objek yang cepat. Dan sedikit repot untuk dibawa karena ukurannya yang sedikit besar.

  • Ball Head

Ball Head Tripod

Tipe ball head adalah kepala tripod fleksible berbentuk bulat (seperti bola) guna meningkatkan stabilitas dan pergerakan rotasi kamera lebih responsif dan akurat untuk memotret. Memiliki desain simple dan bobot lebih ringan, karena umumnya terbuat dari logam atau plastik.

  • Gear Head

gear head tripod

Kepala tripod jenis gear head memiliki cara kerja yang sama dengan 3 way head dalam mengatur arah vertical atau horizontal. Bedanya, gear head menggunakan gear untuk mengatur arah, sedangkan 3 way head dengan tuas.

Kelebihan gear head adalah mampu merubah posisi sudut kamera lebih presisi dan mantap, karena dilakukan secara terukur. Tetapi sayangnya kepala tripod jenis ini memiliki bobot lebih berat berkat adanya komponen gear yang rumit serta harga tergolong tinggi.

  • Fluid Head

fluid head tripod

Kepala tripod jenis Fluid Head umumnya digunakan untuk mengambil gambar cinematic atau keperluan video lainnya. Kepala tripod ini berisi cairan fluida yang berfungsi menjaga pergerakan kamera tetap halus.

  • Gimbal Head

gimbal tripod head

Kepala tripod jenis gimbal head direkomendasikan untuk kamera yang memakai lensa telephoto yang panjang dan berat. Desain yang unik membuat pergerakan kamera menjadi lebih ringan dan mudah.

4. Dudukan Kamera

Dudukan pada kaki harus mudah dipasang dan tidak mudah goyang. Kalau bagian kaki mudah goyang dan tidak bisa menempel sempurna di lantai, kemungkinan besar sulit untuk dipakai. Tripod tidak membuat pengambilan gambar jadi stabil.

  • Mount Ring

Mount Ring Tripod

Mount Ring adalah aksesori lensa yang memungkinkan lensa dipasang ke tripod. Ketika berat lensa mencapai ambang tertentu, sehingga tidak lagi aman untuk memasang kamera ke tripod karena berat lensa tersebut akan terlalu membebani pemasangan lensa

  • Quick Ralease Plate

quick release plate for tripod

Quick Release Plate adalah adapter yang memungkinkan proses pemasangan antara kamera dengan tripod lebih mudah. Sehingga membuat proses pemasangan maupun pencopotan kamera di tripod dapat dilakukan dengan cepat.

5. Dicoba Langsung

Kalau ingin mendapatkan tripod yang benar-benar cocok, ada baiknya untuk beli secara langsung ke tokonya. Bawa kamera yang sering dipakai dan langsung dicobakan. Jadi, cocok atau tidaknya akan terlihat dengan jelas.

Kalau memang cocok seperti kokoh dan tidak menyebabkan masalah, Anda bisa membelinya. Coba beberapa merek dan usahakan untuk memilih yang sesuai fungsi. Kalau ada yang lebih murah, Anda bisa memilihnya asal secara fungsi sama.

Tripod Kamera Terbaik Dibawah 1 Jutaan

Harga tripod kamera bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Untuk mengetahui berapa kisaran harga dari tripod yang ingin dibeli, simak ulasan di bawah ini.

1. Slik U8000

Tripod ini sedikit premium karena dibanderol dengan harga sekitar 700 ribu rupiah. Anda akan mendapatkan tripod dengan tinggi maksimal 1,2 meter dan berat sekitar 1,5 kg. Alat ini akan stabil kalau diberi beban kamera di atasnya maksimal 2 kg.

silk u8000

Spesifikasi

  • Kapasitas Beban 2 kg
  • Tinggi Maksimum 1.5 Meter
  • Tinggi Minimum 0.5 Meter
  • Panjang Terlipat 58.9 cm
  • Berat 1.5 kg
  • Head Type 360° integrated twist lock
  • pan-and-tilt
  • Quick Release, 1/4″-20 mount, pin indeks anti-twist

2. Velbon CX–888

Bahan yang dipakai oleh tripod yang bisa memanjang sampai 135 cm ini adalah aluminium yang kokoh. Beratnya hanya 1.3 kg dan mampu menahan beban maksimal 2,5 kg dari kamera yang ada di atasnya. Harga dari tripod yang kuat ini sekitar 500-600 ribu rupiah.

velbon cx–888

Spesifikasi

  • Kapasitas Beban 2.5 kg
  • Tinggi Maksimum 1.3 Meter
  • Tinggi Minimum 0.5 Meter
  • Panjang Terlipat – cm
  • Berat 1.3 kg
  • Head
  • pan-and-tilt

3. Beike Q999

Salah satu tripod paling tangguh yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Beban yang bisa ditampung maksimal 8 kilogram. Jadi, kalau punya kamera yang besar tripod ini adalah solusinya. Untuk harga, hanya sekitar 600 ribuanrupiah saja.

Beike Q999

Spesifikasi

  • Kapasitas Beban 8 kg
  • Tinggi Maksimum 1.6 Meter
  • Tinggi Minimum 0.4 Meter
  • Panjang Terlipat 43 cm
  • Berat 1.5 kg
  • Head Type 360° Swivel Fluid Head
  • Ball Head

4. Manfrotto Compact Light Aluminium

Tripod mini yang mampu menahan beban 1.5 kg ini memiliki desain yang menarik dan warna-warni. Dengan harga sekitar 900 ribuan rupiah ini, Anda bisa mendapatkan tripod yang tingginya maksimal 130 cm dan bisa dilipat jadi 40 cm saja.

Manfrotto Compact Light

Spesifikasi

  • Kapasitas Beban 1.5 kg
  • Tinggi Maksimum 1.3 Meter
  • Tinggi Minimum 0.4 Meter
  • Panjang Terlipat 39 cm
  • Berat 0.9 kg
  • Ball Head, quick-wheel for attaching camera

5. Takara Lightweight Eco-193A

Tripod terakhir yang bisa jadi andalan kalau Anda ingin mengambil foto adalah Takara. Dengan bobot hanya 1 kg saja, Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengambil berbagai jenis gambar dan video dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Harga 170-200 ribu rupiah.

Takara Lightweight Eco-193A

Spesifikasi

  • Kapasitas Beban 3 kg
  • Tinggi Maksimum 1.5 Meter
  • Tinggi Minimum 0.5 Meter
  • Panjang Terlipat – cm
  • Berat 1 kg

Tripod kamera adalah aksesori yang harus ada kalau Anda sangat hobi fotografi. Apalagi hobi ini dipakai untuk mendapatkan penghasilan. Berbagai jenis tripod bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan baik itu keperluan pemotretan indoor atau outdoor.

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya untuk melakukan survei khususnya kecocokan dengan kamera. Dengan begitu, tripod yang dihasilkan benar-benar bisa dimaksimalkan fungsinya dan terhindar dari barang yang palsu berkualitas sangat buruk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *