5 Tips Memilih Tripod Kamera Terbaik

Memilih tripod sebenarnya gampang-gampang susah, apalagi jenis tripod ada banyak. Karena sering sekali tripod yang sudah dibeli tidak bisa dimaksimalkan dengan baik. Untuk itu, coba simak beberapa tips di bawah ini agar tripod yang dibeli benar-benar sesuai dengan keinginan.

1. Sesuaikan dengan Ukuran Kamera

Sesuaikan dengan ukuran dari kamera agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jadi, tripod bisa dimaksimalkan fungsinya. Bukan sekadar beli lalu tidak digunakan kembali.

Berdasarkan ukurannya, tripod dapat bedakan kedalam tiga ukuran berbeda yaitu small, medium dan large. Ukuran small atau mini compact umumnya digunakan untuk beban ringan seperti smartphone dan kamera digital.

Untuk Kamera DSLR standar pada umumnya direkomendasikan memilih tripod berukuran medium. Sedangkan DSLR dengan penambahan aksesoris berat seperti misalnya lensa telephoto, disarankan untuk memilih tripod ukuran large.

2. Kapasitas Beban Besar

Kapasitas beban pada bagian kaki dan kepala atau pan head umumnya terdapat standar beban maksimal yang berbeda. Misalnya saja kapasitas pan head memiliki kapasitas beban lebih besar dibanding kapasitas beban yang mampu ditopang oleh kaki tripod.

Oleh karena itu, skala dua kali lipat dari beban kamera yang dimiliki sangat direkomendasikan. Misal kamera yang Anda miliki bebannya 400-500 gram, kekuatan kepala harus di atas 1 kg.

3. Tipe Head atau Kepala Tripod

Kamera dan lensa memiliki ukuran dan beban berbeda, oleh karena itu pilih tripod head sesuai fungsi dan kegunaan aktivitas fotografi.

3 Way Head

3 way head tripod

Tipe 3 way head atau pan-tilt head jenis kepala tripod untuk mengatur 1 axis secara terpisah, horizontal atau vertical. Direkomendasikan untuk mengambil gambar landscape photography, di mana objek yang diambil dalam keadaan diam tidak bergerak.

Kekurangan head jenis ini adalah sulit untuk mengambil gambar dengan pergerakan objek yang cepat. Dan sedikit repot untuk dibawa karena ukurannya yang sedikit besar.

Ball Head

Ball Head Tripod

Tipe ball head adalah kepala tripod fleksible berbentuk bulat (seperti bola) guna meningkatkan stabilitas dan pergerakan rotasi kamera lebih responsif dan akurat untuk memotret. Memiliki desain simple dan bobot lebih ringan, karena umumnya terbuat dari logam atau plastik.

Gear Head

gear head tripod

Kepala tripod jenis gear head memiliki cara kerja yang sama dengan 3 way head dalam mengatur arah vertical atau horizontal. Bedanya, gear head menggunakan gear untuk mengatur arah, sedangkan 3 way head dengan tuas.

Kelebihan gear head adalah mampu merubah posisi sudut kamera lebih presisi dan mantap, karena dilakukan secara terukur. Tetapi sayangnya kepala tripod jenis ini memiliki bobot lebih berat berkat adanya komponen gear yang rumit serta harga tergolong tinggi.

Fluid Head

fluid head tripod

Kepala tripod jenis Fluid Head umumnya digunakan untuk mengambil gambar cinematic atau keperluan video lainnya. Kepala tripod ini berisi cairan fluida yang berfungsi menjaga pergerakan kamera tetap halus.

Gimbal Head

gimbal tripod head

Kepala tripod jenis gimbal head direkomendasikan untuk kamera yang memakai lensa telephoto yang panjang dan berat. Desain yang unik membuat pergerakan kamera menjadi lebih ringan dan mudah.

4. Dudukan Kamera

Dudukan pada kaki harus mudah dipasang dan tidak mudah goyang. Kalau bagian kaki mudah goyang dan tidak bisa menempel sempurna di lantai, kemungkinan besar sulit untuk dipakai. Tripod tidak membuat pengambilan gambar jadi stabil.

Mount Ring

Mount Ring Tripod

Mount Ring adalah aksesori lensa yang memungkinkan lensa dipasang ke tripod. Ketika berat lensa mencapai ambang tertentu, sehingga tidak lagi aman untuk memasang kamera ke tripod karena berat lensa tersebut akan terlalu membebani pemasangan lensa

Quick Ralease Plate

quick release plate for tripod

Quick Release Plate adalah adapter yang memungkinkan proses pemasangan antara kamera dengan tripod lebih mudah. Sehingga membuat proses pemasangan maupun pencopotan kamera di tripod dapat dilakukan dengan cepat.

5. Dicoba Langsung

Kalau ingin mendapatkan tripod yang benar-benar cocok, ada baiknya untuk beli secara langsung ke tokonya. Bawa kamera yang sering dipakai dan langsung dicobakan. Jadi, cocok atau tidaknya akan terlihat dengan jelas.

Kalau memang cocok seperti kokoh dan tidak menyebabkan masalah, Anda bisa membelinya. Coba beberapa merek dan usahakan untuk memilih yang sesuai fungsi. Kalau ada yang lebih murah, Anda bisa memilihnya asal secara fungsi sama.

Check Also

komposisi simetris fotografi

3 Komposisi Simetris Fotografi (Vertikal, Horizontal, Radial)

Saat mengambil foto dengan kamera apapun, seorang fotografer harus memahami tentang komposisi agar hasilnya menjadi …