Pengertian Vignette pada Fotografi & Gambar [Beserta Contoh]

Vignette dalam dunia fotografi adalah efek gelap ditepi foto membentuk ilustrasi bingkai dekoratif guna menambah seni pada konsep foto. Meskipun demikian, bagi sebgaian orang efek ini dianggap sebagai sebuah kesalahan atau cacat ketika memotret.

Apa yang Dimaksud dengan Vignette?

Contoh Gambar Vignette
Contoh Gambar Vignette

Vignette (Light fall-of) adalah area gelap dibagian sudut gambar, dengan kata lain penurunan tingkat kecerahan di area tepi foto. Efek penggelapan foto digital ini dapat terjadi secara alami maupun rekayasa (disengaja).

Bagi pecinta efek foto yang satu ini, kehadiran efek ini akan menambah nilai seni yang membuat gambar menjadi semakin terkesan lebih mendalam. Menghasilkan gambar vignette secara alami tanpa rekayasa akan sedikit sulit jika tanpa pengetahuan dan pengalaman.

Oleh karena itu mari simak perbedaan jenis serta beberapa cara dalam menghasilkan efek gambar ini secara natural.

Jenis Vignette dan Faktor Penyebabnya

Ada beberapa macam dan jenis dari efek yang timbul pada gambar ini. Setiap jenis yang dihasilkan dipengaruhi oleh faktor yang berbeda pula. Ketahui jenis dan faktor penyebabnya di bawah ini:

Vignette Mekanis

Ini adalah efek gelap di tepi foto yang tercipta akibat penggunaan aksesoris eksternal pada kamera. Sebagai contoh penggunaan lens hood, penambahan aksesoris yang ada dipinggir lensa bagian depan ini dapat memicu terjadinya efek ini.

Pemasangan lens hood / lensa tudung berfungsi untuk melindungi dan menghalangi paparan cahaya matahari yang terlalu terang (over exposure) masuk dari sudut kemiringan tertentu.

Namun perlu diingat bahwa pengurangan cahaya pada sudut tertentu inilah yang akan meningkatkan terjadinya efek vinyet ini.

Vignette Optik

Jenis optik adalah efek gelap yang terjadi secara alami akibat perbedaan struktur optik pada lensa kamera. Misalnya perbedaan struktur desain pada lensa tele dengan wide angle lens dan juga lensa macro.

Perbedaan tebal kaca pada lensa juga akan perdampak langsung terhadap seberapa lebar atau sempitnya cahaya yang masuk. Bahkan ketika Anda menambahan kaca filter lensa, akan menghasilkan vinyet dengan gradasi yang lebih lembut.

Vignette Alami

Efek ini disebabkan oleh sudut bias cahaya yang masuk dan diterima bagian pinggir sensor lebih sedikit dibanding tengah, imbas dari pemasangan aksesoris eksternal kamera dan desain konstruksi optik.

Ketiga jenis tersebut (mekanis-optik-alami) akan menghasilkan efek gelap permanen pada foto, sehingga akan sulit untuk diperbaiki.

Vignette Rekayasa

Yang terakhir adalah vinyet rekayasa, ini merupakan efek gelap tepi foto yang sengaja dibuat menggunakan photoshop ataupun aplikasi edit foto lainnya. Kelebihan vignette jenis ini adalah Anda dapat mengatur gelap tepi foto sesuai kebutuhan.

Dari pengertian vignette di atas, Anda dapat meng eksplor teknik fotografi untuk menghasilkan efek vinyet secara alami.

Check Also

hapus background

10 Aplikasi Penghapus Background Foto Online Gratis

Aplikasi penghapus background foto akan kamu butuhkan untuk kebutuhan desain. Dulu orang hanya terbatas menggunakan software Photoshop dan sejenisnya, tetapi …