Rekomendasi Lensa Tele Terbaik dan Cara Memilih Lensa Tele

Buat Anda yang baru belajar tentang fotografi, pasti sempat bingung apa itu lensa telephoto. Lensa telephoto adalah jenis lensa yang memiliki focal length atau panjang fokus dalam rentang tertentu. Berbeda dengan lensa fix yang hanya memiliki satu focal length saja, focal length lensa tele dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Jika Anda menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, jenis lensa bawaan yang ada pada kamera tersebut adalah lensa tele. Dengan menggunakan lensa ini, Anda bisa zoom in dan zoom out dengan mudah tanpa harus berpindah posisi atau sudut bidikan.

Bagaimana Cara Memilih Lensa Tele yang Sesuai Kebutuhan?

1. Pilih Focal Length Sesuai Kebutuhan

Pertama pilih lensa tele yang sesuai dengan jarak objek yang ingin Anda tangkap. Ada beberapa produk lensa tele yang super, yang mampu mengambil foto dari jarak jauh dengan kualitas yang baik.

Namun begitu, super-telephoto lens tersebut tidak akan sesuai jika objek yang Anda tangkap memiliki jarak yang dekat. Misalnya saja Anda seorang sport photographer, maka bisa menggunakan lensa tele dengan panjang fokus 70-300 mm (aperture rendah) untuk olahraga di dalam ruangan.

Berbeda jika Anda ingin memfoto momen olahraga di luar ruangan, lensa tele dengan panjang fokus mencapai 500 mm menjadi pilihan yang tepat. Dengan lensa tersebut, Anda bisa mengabadikan momen olahraga lebih detail hingga ke ekspresi wajah pemain.

Beda lagi jika Anda ingin memfoto burung-burung di alam liar, yang lebih membutuhkan super telephoto lens. Sedangkan jika objek Anda adalah wajah manusia (portrait), maka bisa menggunakan lensa tele dengan focal length mulai 85 mm hingga 135 mm.

2. Periksa Fitur Image Stabilization

Semakin besar focal length pada lensa telephoto, maka semakin besar juga terjadinya blur pada hasil foto yang Anda bidik. Karena itu, penting bagi lensa tele untuk memiliki fitur Image Stabilization, agar foto Anda sempurna tanpa blur sana-sini.

Meski tidak terlalu terpakai pada lensa telephoto dengan focal length mulai 70 mm hingga 300 mm, namun fitur Image Stabilization wajib ada jika Anda berencana menggunakan super-telephoto lens. Fitur ini akan membantu Anda menghasilkan foto terbaik meski diambil dari jarak jauh.

3. Perhatikan Berat Lensa

Anda bisa memilih besar lensa sesuai dengan gaya maupun objek foto yang ingin Anda tangkap. Karena memiliki focal length yang besar, kebanyakan lensa tele memiliki bobot yang berat. Namun begitu, ada beberapa lensa tele yang didesain ringan dan ramping.

Jadi, jika objek yang ingin difoto adalah dinamis (bergerak) seperti pertandingan olahraga dan semacamnya, maka bisa memilih lensa tele dengan bobot tidak lebih dari 1 kg. Namun jika Anda memiliki tripod, maka bisa menggunakan lensa tele seberat yang diinginkan.

Rekomendasi Lensa Tele Terbaik

1. Nikon AF-S Nikkor 70-200mm f/2.8E FL ED VR

Nikon AF-S Nikkor 70-200mm

Lensa tele buatan Nikon ini bisa Anda manfaatkan untuk membidik berbagai objek, mulai dari satwa liar, konser, wedding indoor/outdoor, portrait dan seterusnya. Produk ini juga siap dibawa ke manapun, meski cuaca sedang buruk, berkat fitur dust resistance, water drop resistance dan weather sealing design.

Anda juga bisa menghasilkan foto terbaik meski dalam keadaan backlit berkat fitur HRI,6 ED glass dan Nano Crystal. Intinya, lensa tele seharga 36 jutaan ini bisa menjadi pilihan tepat jika ingin menghasilkan foto terbaik di segala kondisi dan cuaca.

2. Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM

Sigma 150-600mm f5-6.3 DG OS HSM Contemporary Zoom

Super-telephoto lens ini memiliki focal length mulai 150 mm hingga 600 mm dan aperture minimal f/22, yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan fotografi dengan objek beraneka ragam. Pastinya, mendapatkan foto terbaik tidak akan sulit, entah itu satwa liar, pertandingan olahraga dan seterusnya.

Fitur utama lain yang harus Anda perhatikan adalah Image Stabilization, Optical Stabilizer, Accelerometer dan HSM autofocus. Jika Anda tertarik merasakan kemampuan super telephoto lens ini, maka bisa menyiapkan dana sekitar 16 jutaan.

3. Sigma 50-500mm f/4.5-6.3 APO DG OS HSM

Sigma 50-500mm f4.5-6.3 APO DG OS HSM

Dengan focal length 50-500mm, Anda akan dimudahkan dalam mengambil gambar dari jarak yang diinginkan, tentunya dengan hasil yang luar bisa baik. Lensa ini bahkan bisa zoom hingga 10 kali dengan hasil yang maksimal. Anda juga bisa memfoto dari jarak 50 cm dengan hasil yang tidak  kalah bagus berkat jarak fokus minimum.

Fitur lain yang bisa dipertimbangkan adalah 4 SLD (Super Low Dispersion) glass dan Super Multi-Layer Coating yang membuatnya minim flare dan ghosting. Jadi, foto yang dihasilkan akan tetap tajam dan detail meski diambil saat zoom.

Harganya sangat profesional, yaitu kisaran 21 jutaan.

4. Nikon AF-S Nikkor 80-400mm f/4.5-5.6G ED VR

Nikon AF-S Nikkor 80-400mm f4.5-5.6G ED VR

Berikutnya ada lensa telephoto buatan Nikon, yaitu Nikon AF-S Nikkor yang memiliki panjang fokus 80-400mm, yang membuat Anda bisa memfoto objek dari jarak manapun dengan hasil yang baik. Fitur SWM di dalamnya juga membuat lensa ini bisa autofocus dan hening dengan cepat.

Selain itu, lensa tele dengan aperture f/4.5-5.6 ini memiliki pengaturan fokus yang fleksibel, Anda bisa pilih pengaturan manual maupun otomatis tanpa jeda waktu. Dengan spesifikasi tersebut, tidak heran jika lensa ini dibanderol mencapai 37 jutaan.

5. Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM

Canon EF 100-400mm f4.5-5.6L IS USM

Lensa tele dengan focal length 100-400 mm dan aperture f/4.5-5.6L ini sangat cocok dipadukan dengan tripod, karena desain lensa membuatnya mudah dipasangkan dan dilepas dari tripod. Kombinasi lensa ini dengan tripod bisa menghasilkan foto atau video yang luar biasa.

Ada juga fitur Image Stabilization, Optical Image Stabilizer, flourite dan super UD lens element yang akan membantu Anda menghasilkan foto terbaik dengan resolusi tinggi. Jika Anda tertarik, lensa tele buatan Canon ini dibanderol sekitar 28 juta.

6. Tamron SP 150-600mm f/5-6.3 Di VC USD

Tamron SP 150-600mm f5-6.3 Di VC USD

Lensa tele buatan Tamron ini memiliki panjang fokus 150 mm hingga 600 mm, yang bisa Anda manfaatkan untuk memfoto berbagai objek dengan jarak beragam. Ada juga fitur Vibration Compensation dan Ultrasonic Silent Drive untuk menangkap foto bergerak dengan hasil yang baik.

Selain itu, foto juga akan bebas flare dan ghosting berkat fitur eBAND Coating dan BBAR (Broad-Band Anti-Reflection) Coating. Harganya juga sangat ekonomis jika dibandingkan dengan daftar lensa tele sebelumnya, yaitu sekitar 16,5 juta.

7. Nikon AF-S Nikkor 200-500mm f/5.6E ED VR

Nikon AF-S Nikkor 200-500mm f5.6E ED VR

Lensa dengan panjang fokus 200-500mm dan aperture f/5.5E ini adalah lensa yang stabil dan cepat fokus ke objek berkat fitur VR (Vibration Reduction) dan SWM (Silent Wave Motor). Jadi Anda tidak akan melewatkan objek apapun saat mereka berada di pose terbaiknya.

Lebih-lebih jika Anda menggeser lensa ke mode sport, maka VR bisa bekerja secara maksimal, yang membuatnya bisa menangkap momen bergerak seperti olahraga secara akurat. Dengan spesifikasi tersebut, lensa tele Nikon ini bisa dibeli dengan dana sekitar 19 jutaan.

Lensa telephoto adalah lensa yang fleksibel, yang focal length atau panjang fokusnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Karena itu, lensa ini sangat multifungsi, karena bisa digunakan untuk memfoto objek dari jarak jauh maupun dekat dengan hasil yang sama-sama baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *