7 Trik Fotografi Hewan Peliharaan Lucu dan Gemes

Tidak hanya manusia, kini foto binatang peliharaan pun banyak seliweran di jagat maya. Banyak juga yang memiliki akun sosmed bahkan memiliki banyak follower dari seluruh dunia. Ingin turut membagikan kelucuan anabul milikmu di media sosial atau ke Shutterstock agar menjadi cuan?

Ketahui beberapa trik fotografi hewan peliharaan untuk tangkapan gambar yang pas dan berkualitas. Jepretan di momen yang tepat tidak hanya akan membuat foto tampak lucu dan estetik, tetapi juga bisa menonjolkan ciri khas atau kepribadian teman setiamu itu.

Ajak Bermain di Area Terbuka

fotografi hewan peliharaan Bermain di Area Terbuka

Hewan peliharaan senang berada di tempat terbuka. Biasanya, mereka akan jadi lebih lincah dan bersemangat. Kondisi ini akan memudahkanmu menangkap gambar mereka saat sedang beraksi, seperti melompat, mengejar kupu-kupu, atau bermain air. Halaman rumah atau taman bisa jadi pilihan.

Ingat, pilih waktu saat cuaca berawan atau matahari sedikit turun. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya bayangan yang tegas di foto.

Berfoto di Lokasi Cantik

fotografi hewan peliharaan di Lokasi Cantik

Selain tempat terbuka di sekitar rumah, kamu bisa memilih tempat dengan pemandangan yang indah untuk hasil lebih maksimal. Sesekali, bawa anabul ke area pepohonan, pegunungan, atau pantai. Latar belakang alam yang cantik akan membuat foto hewan peliharaan tampak lebih dramatis.

Tangkap Ekspresi Wajah yang Detail

Tangkap Ekspresi Wajah yang Detail

Bidikan yang menggambarkan ekspresi wajah peliharaan secara detail akan menimbulkan kesan intim. Binar mata, hidung, hingga garis mulut yang seolah tersenyum akan membuat foto hewan makin lucu nan menggemaskan.

Trik fotografi hewan peliharaan untuk menangkap detail ekspresi yaitu dengan membawa makanan dan mainan. Layaknya bocah kecil, anak bulu juga terkadang perlu dipancing dengan makanan dan mainan kesayangan mereka supaya acara foto-foto berjalan lancar.

Tunjukkan dua benda tersebut di dekat fokus kamera supaya anjing atau kucing mau menoleh. Kamu pun bisa membidik angle yang pas dari wajah anabul. Selain makanan dan mainan, kamu juga bisa meninggikan peliharaanmu dan mengambil fotonya dari jarak dekat. Detil wajah mereka pun akan lebih mudah dijepret kamera.

Buat Anabul Lelah

Buat Anabul Lelah

Tantangan membidik gambar anabul salah satunya datang dari tingkah laku mereka yang sering kali terlalu lincah dan susah diam. Jika menghadapi kondisi seperti itu, biarkan peliharaanmu bergerak sampai lelah.

Jika sudah merasa capek, biasanya mereka akan lebih tenang sehingga mudah diambil fotonya. Selain itu, dalam keadaan lelah dan mengantuk, mereka juga cenderung bisa menerima suasana pemotretan. Camilan tertentu juga bisa membantu mereka untuk bersikap  tenang.

Pakai Sumber Cahaya Natural

fotografi hewan peliharaan Pakai Sumber Cahaya Natural

Cahaya natural yang menyebar akan menghasilkan gambar berkualitas. Selain itu, cahaya alami juga mengurangi risiko binatang kaget dengan kilatan cahaya lampu. Jadi, fotolah teman bulu milikmu saat cahaya cukup terang.

Jika harus berfoto di dalam ruangan, carilah spot di sekitar jendela yang berukuran besar. Dengan begitu, akan ada cukup cahaya yang masuk.

Tekankan Objek Utama

Tekankan Objek Utama

Tonjolkan binatang peliharaan sebagai objek utama dalam foto. Caranya, gunakan fitur yang berfungsi menyamarkan latar belakang. Langkah ini bisa jadi solusi saat kamu tidak bisa mengajak peliharaanmu ke tempat-tempat bagus.

Pada kamera digital, pilih mode f-stop rendah untuk mengaburkan background yang menurutmu kurang instagrammable. Tidak harus kamera DSLR, kamu pun bisa menggunakan ponsel untuk mendapatkan efek ini. Perangkat tertentu sudah memiliki fitur yang membuat latar belakang menjadi buram. Jika ponselmu tidak memilikinya, kamu bisa mengunduh aplikasi kamera yang menyediakan mode f-stop manual.

Sesuaikan Bukaan Kamera

fotografi hewan peliharaan

Kenali gambar yang dihasilkan berbagai bukaan kamera. Ini dilakukan untuk menentukan kedalaman foto yang kamu ambil dan lebih fokus pada objek.

Bukaan kamera yang lebih lebar akan menghasilkan kedalaman yang lebih dangkal sehingga seperti ada sekat antara binatang dengan latar di belakangnya. Gambar binatang peliharaan pun akan tampak lebih tajam di foto.

Sebaliknya, jika ingin menangkap suasana sekitar, kamu bisa menggunakan bukaan layar yang lebih kecil. Kedalaman foto pun akan lebih jauh menampilkan latar belakang.

Nah, demikian 7 trik fotografi hewan peliharaan yang bisa kamu coba. Jika hasil fotonya bagus, kamu juga bisa menguploadnya ke Shutterstock agar bisa jadi uang. Selamat berburu momen menggemaskan bersama anabul kesayangan!

Check Also

hapus background

10 Aplikasi Penghapus Background Foto Online Gratis

Aplikasi penghapus background foto akan kamu butuhkan untuk kebutuhan desain. Dulu orang hanya terbatas menggunakan software Photoshop dan sejenisnya, tetapi …