5 Kelebihan Lensa Kit dan Trik Jitu Memaksimalkannya

Lensa kit adalah paket lensa dengan ukuran zoom 18-55 mm, 16-50 mm, 15-45 mm dan sejenisnya. Banyak pemula yang menggunakan paket lensa ini walau dianggap sebagai lensa berkualitas rendah.

Harganya terjangkau dan bisa langsung dipakai untuk memotret. Umumnya dipatok dengan harga di bawah Rp6 jutaan. Paket lensa tidak akan menawarkan bukaan yang dahsyat karena paling besar hanya ada di f/3.5.

Apa itu Lensa Kit?

Apa itu Lensa kit

Lensa kit sering digunakan pada kamera mirrorless atau DSLR. Kamera jenis ini bisa digonta-ganti lensanya.  Kemampuan paket lensa ini standar, yakni berbentuk lensa zoom. 

Lensa dengan ukuran 18-55 mm akan memiliki batasan aperture sekitar 3.5-5.6. Material lensa menggunakan bahan yang tidak terlalu mahal dan dijual dengan badan kamera beserta perlengkapannya misalnya saja strap dan baterai.

Umumnya gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam. Fotografer pemula menggunakannya untuk mempelajari sudut pandang dan teknik fotografi.

Kelebihan Lensa Kit 

Kelebihan Lensa kit

Selain dari segi harga, lensa ini memiliki banyak kelebihan lainnya. Walaupun murah, bukan berarti kualitasnya murahan. Berikut beberapa keunggulan dari paket lensa ini.

1. Bobot Ringan

Paling umum paket lensa dijajakan dengan ukuran 18-55mm. Lensa ini mungil sehingga memiliki bobot yang ringan. Cocok digunakan untuk dibawa traveling serta tidak memakan banyak tempat, contohnya saja, paket lensa Canon 18–55 f/3.5–5.6 IS STM yang memiliki berat 200 gram. Panjang maksimumnya hanya 6 cm.

2. Minimum Focusing Distance Bagus

Kemampuan fokus jarak dekat lebih bagus. Sebagai contoh 18–55mm f/3.5–5.6 baik milik Canon dibandingkan dengan lensa 17–55mm f/2.8. Hasilnya tidak kalah bagus dibandingkan lensa mahal.

Selain itu ada 4 panjang focal klasik dalam satu lensa. Empat panjang focal ini adalah 28mm atau wide-angle, 35mm untuk ukuran medium wide, 50mm termasuk ukuran normal dan 85mm (portrait).

3. Memotret Makro Mudah

Selain mampu memotret dalam jarak dekat, lensa kit juga bisa mengunci fokus, khususnya jika memotret objek foto dengan jarak dekat. Sehingga memotret objek kecil seperti detail tanaman, serangga, dan benda-benda berukuran kecil bisa sangat terbantu.

4. Bisa Memotret Low Key

Dalam memotret low key dibutuhkan bukaan lensa yang kecil. Tujuannya agar cahaya dari background tidak gelap total. Lensa jenis ini bahkan bisa diperkecil hingga nilai f/32. Kemampuannya lebih baik daripada lensa 50 mm dengan minimal bukaan hanya f/16.

5. Bokeh

Mendapatkan hasil foto bokeh bisa didapatkan dari jenis lensa ini. Kamu cukup mengatur jarak antara objek foto dan lensa. Ada batas yang jelas terlihat antara bagian foto yang diblur dengan tajam.

Kamu bisa menggunakan focal length berjarak 55 mm. Atur jarak objek foto dengan background cukup jauh sehingga gambar bokeh mudah didapatkan. Lalu bagaimana memaksimalkan lensa kit?

Bagaimana Cara Memaksimalkan Lensa Kit?

Memaksimalkan Lensa Kit

Lensa adalah bagian terpenting dalam kamera. Melalui lensa ini, foto bisa diambil lebih tajam, bokeh maupun jelas ketika gelap. 

Paket lensa memiliki berbagai ukuran lensa yang bisa dipakai untuk memotret objek jarak dekat. Dalam penggunaanya, lensa kit akan lebih maksimal jika mengikuti tips di bawah ini.

1. Atur Jarak Fokus

Lensa dengan sudut lebar cocok untuk foto alam maupun arsitektur. Jangkauannya bisa mengambil gambar secara keseluruhan. Paket lensa dapat meningkatkan kemampuan fotografer karena mampu memakai beragam sudut dan teknik komposisi yang tepat.

Latar belakang blur akan lumayan sulit didapatkan menggunakan lensa jenis ini. Walaupun begitu, bukanlah tidak mungkin menghasilkan foto bokeh jika mengatur jarak fokus yang pas.

2. Pakai Reverse Ring

Apabila ingin memotret makro, sebaiknya gunakan reverse ring. Atur posisi objek foto dengan lensa sedekat mungkin. Pakai fokus terjauh dan bukaan paling besar. 

3. Manfaatkan Tripod

Kamera DSLR memiliki fitur image stabilization guna mengurangi goncangan. Selain mengaktifkan fitur tersebut, manfaatkan tripod khusus saat memotret di malam hari. Atur kecepatan selambat mungkin dan bukaan terlebar agar cahaya yang didapatkan maksimal.

4. Aktifkan Mode RAW

Mode RAW menghabiskan banyak memori, tetapi memiliki warna foto lebih kaya. Hasil warna yang lebih padat ini bisa mempermudah dalam proses editing.

Pada intinya, Lensa kit memiliki banyak keunggulan meskipun harganya murah. Lensa ini mampu memaksimalkan kemampuan fotografer dalam mengambil objek foto dari berbagai angle kamera.


Sumber :

Check Also

komposisi simetris fotografi

3 Komposisi Simetris Fotografi (Vertikal, Horizontal, Radial)

Saat mengambil foto dengan kamera apapun, seorang fotografer harus memahami tentang komposisi agar hasilnya menjadi …