Ini Dia 5 Bisnis Kerajinan Tangan yang Menjanjikan

Hasil kerajinan tangan yang indah dan menarik sering menjadi alasan mengapa orang membeli kerajinan tangan. Makin unik dan inovatif desain dari kerajinan tangan, makin banyak pula peminatnya.

Ini membuat kerajinan tangan menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan di industri kreatif. Berbagai jenis kerajinan tangan yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai usaha dengan modal kecil dapat kamu lihat di sini.

1. Kerajinan Tangan Kayu Selalu Jadi Bisnis yang Menjanjikan

Kerajinan Tangan Kayu

Kerajinan tangan dari kayu sudah terkenal sejak zaman dahulu. Selain terlihat cantik, kerajinan tangan dari kayu juga banyak yang fungsional. Bahan yang kokoh juga membuat kerajinan tangan kayu masih diminati sampai sekarang karena bisa bertahan lama.

Jenis kerajinan tangan kayu yang paling banyak diminati adalah dipan tempat tidur, peralatan dapur atau makan, mainan kayu, rak buku, meja hias, tempat pensil, dan masih banyak lagi. Pembuatannya pun tidak selalu mengandalkan kayu solid saja, tetapi bisa juga menggunakan limbah kayu.

Penggunaan limbah kayu akan membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan hemat modal. Tekstur limbah kayu yang mudah dibentuk membuat perajin lebih kreatif dan inovatif dalam membentuk kerajinannya.

2. Kerajinan Tangan dari Kain

Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kain termasuk bahan yang sering digunakan dalam kerajinan tangan. Hal ini karena kain memiliki banyak motif unik dan bisa dibentuk menjadi banyak jenis kerajinan. Proses pembuatan kerajinan tangan dari kain juga cenderung mudah untuk dilakukan.

Umumnya, jenis kain yang bisa dimanfaatkan adalah kain perca, flanel, brokat, dan renda. Kain perca dan flanel termasuk jenis kain yang paling sering dipakai pada kerajinan tangan. Kamu bisa mendapatkan kain perca dengan murah dari kain sisa di toko kain atau penjahit.

Kain-kain itu kemudian dapat kamu kreasikan menjadi dompet, tas, sarung bantal, tempat pensil, dan sarung handphone. Karena bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk dan fungsi, kerajinan tangan dari kain akan terus menjadi bisnis yang menjanjikan.

3. Hiasan Rumah

Kerajinan Tangan Hiasan Rumah

Media sosial membuat minat terhadap dekorasi rumah terus meningkat. Kamu bisa dengan mudah menemukan foto rumah di media sosial dengan berbagai hiasan menarik yang membuat ruangan menjadi lebih cantik. Kamu bisa memanfaatkan minat yang tinggi itu untuk memulai usaha hiasan rumah.

Tidak perlu hiasan yang rumit, hiasan rumah yang sederhana dengan bahan bekas juga sudah cukup. Contoh hiasan rumah dari bahan bekas adalah hiasan dari stik ice cream, pot tanaman dari botol atau kaleng bekas, dan tempat penyimpanan dari kardus bekas.

Mengolah kembali barang bekas yang sudah tidak digunakan itu akan membuat lingkungan lebih terjaga, apalagi mengolah limbah yang sulit terurai. Barang bekas yang cenderung murah meriah membuat kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk memulai bisnis.

4. Kerajinan Rajut

Kerajinan Rajut

Dibanding jenis kerajinan tangan sebelumnya, kerajinan rajut ini lebih sulit untuk dilakukan. Alasannya karena ada teknik tertentu yang harus dipahami untuk bisa membuat kerajinan rajut. Tanpa memahami tekniknya, kamu akan kesulitan dalam menciptakan kerajinan rajut.

Meski sulit bukan berarti kamu tidak bisa mencobanya, perkembangan teknologi memudahkanmu untuk belajar teknik merajut. Kamu bisa menemukan berbagai video tutorial merajut di YouTube, mulai dari tingkat pemula sampai yang sudah mahir.

Bila kamu sudah mahir merajut, selanjutnya kamu tinggal membuat kerajinan rajut. Contoh kerajinan rajut yang bisa kamu jadikan lahan bisnis adalah sweater rajut, tas rajut, syal, kupluk rajut, dan boneka. 

5. Kerajinan Tembikar

Kerajinan Tembikar

Tembikar adalah kerajinan tangan dengan bahan dasar tanah liat. Sama seperti kerajinan rajut, kamu membutuhkan keahlian khusus untuk membuat tembikar. Kalau kamu tidak memiliki keahlian tersebut, kamu bisa bekerja sama dengan perajin tembikar.

Agar kerajinan tembikar terus dilirik oleh pembeli, kamu harus memaksimalkan desain tembikarnya. Lebih baik lagi kalau kamu memiliki ciri desain tersendiri sehingga kerajinan tembikar milikmu terlihat unik dan berbeda dari kerajinan tembikar lainnya.

Misalnya, kamu ingin mengembangkan usaha vas dan guci tembikar. Tambahkanlah tanda atau corak warna tertentu pada vas dan guci tembikar itu sehingga pembeli bisa langsung mengenali tembikar milikmu.

Tadi itu adalah lima jenis kerajinan tangan yang memiliki banyak peminat. Jumlah peminat yang tidak surut membuatnya menjadi salah satu jenis bisnis yang patut dilirik dan dicoba oleh calon pengusaha. Selama kamu bisa mempertahankan kreativitas pada kerajinan tangan kamu, maka kamu akan terus mendapat keuntungan.


Referensi:

  1. https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/operasional/jenis-usaha-kerajinan-tangan-yang-bisa-dijual-harga-tinggi
  2. https://koinworks.com/blog/terbukanya-peluang-bisnis-kerajinan-tangan-yang-menjanjikan/
  3. https://bp-guide.id/AXdrxD5R
  4. https://www.jawapos.com/ekonomi/bisnis/19/01/2020/catat-4-bisnis-kerajinan-tangan-yang-menjanjikan-keuntungan/?amp
  5. https://blog.investree.id/bisnis/5-ide-usaha-kerajinan-tangan-yang-mudah-untuk-dilakukan/

Check Also

Scale up Startup

5 Kesalahan Startup yang Harus Dihindari Ketika Scale Up

Alih-alih maju dan berkembang, kesalahan startup ketika melakukan scale up justru bisa membuat perusahaan bankrut …