5 Rekomendasi Lensa Makro untuk Detail Gambar Lebih Baik

Lensa makro adalah lensa yang digunakan oleh para fotografer khusus untuk memotret detail subjek dengan sangat baik. Kamu bisa membidik objek dengan fokus yang mengagumkan, bahkan dari jarak hanya beberapa sentimeter sekalipun. Contohnya, kamu bisa mengambil foto bunga, serangga, atau makanan dengan detail yang mengagumkan.

Jika kamu tertarik dengan fotografi makro yang mengedepankan detail objek yang baik, berikut ini beberapa rekomendasi lensa makro yang bisa kamu gunakan untuk memotret detail objek dengan mengagumkan.

Rekomendasi Lensa Makro untuk Memotret Detail Objek

1. Canon EF 100mm Aperture f/2.8L Macro IS USM Lens

Canon EF 100mm Aperture f/2.8L Macro IS USM Lens

Lensa makro dari brand Canon ini tahan terhadap air dan debu serta memiliki fitur unggulan optical image stabilization yang dapat mengurangi efek getaran tangan saat pengambilan gambar.

Selain itu, ada juga fitur ultrasonic autofocus motor (USM) yang membuat fokus lensa lebih cepat sehingga dapat digunakan dengan lebih praktis dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik dan tajam.

Jika kamu tertarik membelinya, Canon EF 100mm f/2.8L IS USM Lens bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp16 jutaan.

 2. Canon MP-E65mm f/2.8 1-5x Macro Photo

Canon MP-E65mm f/2.8 1-5x Macro Photo

Lensa ini memiliki fitur flotation, elemen lensa UD, dan electromagnetic diafragma (EMD) yang memungkinkan pengguna memperoleh detail gambar lebih baik dan halus. Canggihnya lagi, produk besutan Canon satu ini dapat membuat objek lebih luas dari ukuran sebenarnya hingga 5 kali lebih besar dan memberikan efek bokeh pada latar belakang.

Selain itu, desain dari lensa makro ini dilengkapi dengan dudukan tripod yang bisa dilepas sehingga makin nyaman digunakan. Tak lupa garis penghalang pada bagian depan lensa yang sangat membantu dalam mengurangi cahaya ketika memotret subjek pada jarak dekat.

3. Canon EF-S35mm f/2.8 Macro IS STM

Canon EF-S35mm f/2.8 Macro IS STM

Jika kamu mencari rekomendasi lensa makro dengan harga yang relatif terjangkau, tetapi dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya, lensa Canon yang satu ini bisa jadi yang dipilih. Pasalnya, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp6 jutaan untuk dapat membawa pulang lensa dengan bukaan aperture f/2.8 ini.

Lensa ini tergolong ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Kemudian, lensa ini juga dilengkapi dengan hybrid IS yang memungkinkan kamu menangkap bidikan mikro. Dengan focal length 35mm, kamu dapat memotret gambar dengan hasil yang natural lengkap dengan efek bokeh yang membuatnya makin indah.

Ada juga dual led macro yang bisa diatur pada bagian depan lensa untuk mengatur pencahayaan. Dengan begitu, kamu bisa memberikan sentuhan bayangan pada objek atau bahkan menghapus bayangan yang tidak diinginkan.

Lensa Canon ini cukup ideal untuk menangkap detail objek yang mengagumkan karena dilengkapi dengan fitur autofocus yang cepat, halus, dan senyap, serta motor STM yang dapat menggerakkan lensa dengan sangat cepat.

 4. Nikon AF-S DX 40mm Aperture f/2.8G Micro

Nikon AF-S DX 40mm Aperture f/2.8G Micro

Salah satu lensa makro paling diminati dalam fotografi makro adalah Nikon AF-S DX 40mm f/2.8G Micro. Hal ini karena lensa dari brand Nikon ini tergolong murah, tetapi memberikan hasil yang memuaskan. Memiliki jarak fokus minimum 0.163m membuatnya nyaman digunakan untuk memotret objek dekat dengan presisi tinggi tanpa kehilangan detailnya.

Dari segi bidang pandangnya, lensa 40mm ini setara dengan 60mm pada kamera full-frame. Hanya saja, lensa ini memiliki keterbatasan akibat panjang fokus yang pendek sehingga pengguna perlu berada pada jarak yang cukup dekat dengan objek, yang berarti hal itu dapat memengaruhi intensitas cahaya (menimbulkan bayangan).

Selain itu, lensa makro ini juga tidak dilengkapi dengan fitur tahan debu dan air sehingga berisiko jika digunakan pada saat cuaca ekstrem. Namun, hal itu termaklumi mengingat harganya yang relatif terjangkau dan kualitas gambar yang dihasilkannya yang tetap tajam dan detail.

Harga: Mulai dari Rp 4 jutaan.

5. Panasonic Lumix G Macro 30 mm f/2.8 ASPH

Panasonic Lumix G Macro 30 mm f/2.8 ASPH

Rekomendasi lensa makro satu ini adalah lensa makro pendek yang kerap digunakan untuk fotografi makro dan pemotretan portrait. Dari segi harganya, lensa dari Panasonic ini tergolong terjangkau sehingga sangat cocok untuk para pemula yang baru mempelajari fotografi makro.

Lensa ini dilengkapi dengan fitur OIS, build ringan, dan pemfokusan cepat sehingga nyaman dan mudah digunakan. Lensa ini juga dapat digunakan pada kamera Micro Four Thirds (MFT) dan memberikan bidang pandang efektif setara dengan 60mm. Jarak pemfokusan minimum yang dimilikinya adalah 0.1 m.

Itulah beberapa rekomendasi lensa makro yang bisa kamu gunakan untuk memotret detail objek lebih baik. Jika kamu ingin menggunakan jasa fotografi, ketahui lebih dulu harga jasa fotografer sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat.


Referensi:

  1. https://doss.co.id/news/5-lensa-makro-terbaik-2016
  2. https://www.adelibra.com/2021/04/4-rekomendasi-lensa-makro-terbaik-.html
  3. https://my-best.id/14595https://review.bukalapak.com/gadget/3-lensa-makro-terbaik-untuk-dslr-nikon-49449

Check Also

Kelebihan Kamera iPhone 11 Series Masih Bagus di 2022

7 Kelebihan Kamera iPhone 11 Series, Masih Worth to Buy?

Kamera iPhone sudah terkenal sejak dulu sebagai kamera smartphone yang sangat bagus bahkan selalu bersaing …