Inilah 7 Tips Memilih Fotografer Pernikahan yang Andal

Momen perayaan pernikahan sudah sepatutnya diabadikan dengan sepantasnya dalam bentuk album foto dengan kualitas yang sangat baik, mengingat acara pernikahan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. 

Untuk itu, Anda membutuhkan bantuan fotografer pernikahan andal yang mampu mengabadikan momen bahagia Anda bersama pasangan dalam bentuk foto dengan kualitas yang sangat baik. Bagaimana cara memilihnya? Berikut beberapa kiat-kiat/tips memilih fotografer pernikahan.

Tips Memilih Fotografer Pernikahan yang Andal

1. Menetapkan Style

gaya foto pernikahan

Sebelum melakukan pencarian fotografer pernikahan, Anda harus sudah menetapkan terlebih dahulu gaya fotografi yang Anda inginkan untuk acara pernikahan Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai mencari beberapa kandidat yang sekiranya cocok dengan preferensi Anda.

Tanpa menetapkan style fotografi terlebih dahulu, Anda akan kesulitan dalam menemukan fotografer yang paling cocok untuk acara pernikahan Anda. Mengingat, setiap jasa foto pernikahan memiliki style dan ciri khasnya masing-masing dalam mengambil gambar. Karena itu, untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya Anda menetapkan terlebih dahulu style fotografi pernikahan yang Anda inginkan.

2. Perbanyak Referensi

Referensi fotografer pernikahan

Berikutnya, Anda bisa mulai memperbanyak referensi dan rekomendasi untuk memilih dan memilah beberapa vendor fotografi potensial atau beberapa kandidat yang sekiranya cocok untuk menjadi fotografer pernikahan Anda.

Anda bisa mengecek website, blog, dan media sosial fotografi mereka untuk mengetahui kinerja mereka melalui testimoni dari klien yang telah mereka tangani sebelumnya. Dengan begitu, Anda akan mempunyai sedikit gambaran tentang pekerjaan mereka.

3. Lakukan Wawancara

Hal ini dilakukan guna mengetahui dan mengenal mereka lebih jauh. Aturlah waktu bertemu dengan tiga hingga lima vendor atau kandidat potensial untuk mendiskusikan segala hal terkait fotografi pernikahan serta aspek-aspek yang Anda harapkan untuk foto pernikahan.

Kemudian, perhatikan bagaimana sikap mereka dalam wawancara tersebut. Apakah mereka memahami keinginan Anda? Seberapa ahli dalam menerapkan teknik fotografi? Apakah mereka cukup menjanjikan untuk meng-handle foto pernikahan Anda?

Dan, apakah mereka mampu menjawab setiap pertanyaan Anda dengan memuaskan? Jika ya, besar kemungkinan mereka adalah fotografer yang tepat untuk Anda ajak bekerja sama.

4. Mengecek Portofolio Mereka

Fotografer pernikahan yang andal tentunya sudah menangani banyak klien dan memiliki banyak portofolio, bukan? Karena itu, untuk lebih memastikan tentang pekerjaan mereka, Anda perlu mengecek portofolio mereka, mulai dari yang ada di website, blog, hingga media sosial mereka.

Jika beberapa kandidat yang Anda pilih semuanya memiliki portofolio yang menjanjikan, seleksi lagi dengan mengajukan pertanyaan: mana yang paling sesuai dengan style fotografi yang Anda tetapkan? Atau, mana yang sudah berpengalaman menangani klien dengan konsep pernikahan yang hampir sama dengan yang Anda inginkan?

5. Meminta Full Album Pernikahan

album foto pernikahan

Jangan merasa puas hanya dengan mengecek portofolio mereka yang ada di website atau di media sosial saja. Pasalnya, pada platform tersebut kemungkinan hanya akan menampilkan hasil foto terbaik pilihan mereka saja.

Padahal, Anda butuh lebih banyak foto yang sudah mereka ambil untuk dapat lebih jelas mengetahui bagaimana gaya fotografi mereka, serta bagaimana mereka memperhatikan detail untuk diambil sebagai objek fotografi dalam acara pernikahan. Oleh karena itu, mintalah full album berisi foto-foto pernikahan yang sudah pernah mereka ambil sebelumnya untuk mengetahui bagaimana pekerjaan mereka.

6. Temukan Kecocokan

Hal berikutnya yang sangat penting dalam memilih fotografer pernikahan adalah menemukan kecocokan dengan kepribadian sang fotografer. Pasalnya, sebagai mempelai, Anda akan terus diikuti oleh sang juru foto selama pernikahan berlangsung atau bahkan mulai dari sesi prewedding.

Jika fotografer mempunyai kepribadian yang menyenangkan dan punya vibes yang positif, tentunya hal itu akan membuat Anda feel good nantinya sehingga akan membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih bagus.

Oleh karena itu, ingat-ingat kembali bagaimana kepribadian mereka pada saat sesi wawancara sebelumnya. Apakah kepribadian mereka membuat Anda nyaman? Atau justru sebaliknya?

7. Sesuaikan dengan Budget yang Tersedia

Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan vendor fotografer incaran Anda telah sesuai dengan budget yang sudah Anda sisihkan untuk foto pernikahan.

Jangan ragu untuk berinvestasi kepada fotografer profesional yang andal mengingat momen pernikahan hanya terjadi satu kali seumur hidup. Sehingga, hasil gambarnya pun harus mempunyai kualitas yang optimal.

Perhatikan juga paket-paket yang ditawarkan oleh vendor atau penyedia jasa fotografer tersebut, mulai dari harganya hingga fasilitas-fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat menuntun Anda menemukan fotografer pernikahan andal yang mampu mengabadikan momen bahagia Anda bersama pasangan. Semoga bermanfaat.