5 Tips Foto Portrait Aesthetic dengan Kamera HP

Foto portrait merupakan jenis fotografi yang menjadikan wajah seseorang sebagai fokusnya, berbeda dengan fotografi landscape. Jenis fotografi yang populer ini telah dieksplorasi oleh fotografer pemula sampai profesional.

Biasanya, fotografer akan menggunakan kamera profesional untuk mendapat hasil maksimal. Kalau kamu masih pemula dan hanya memiliki HP, kamu bisa mengikuti tips fotografi portrait dengan kamera HP berikut ini.

1. Foto Portrait Natural dengan Memanfaatkan Cahaya Alami

Foto Portrait Natural

Cahaya sangat berpengaruh dengan hasil foto yang akan diambil. Jika pencahayaan tidak sesuai, hasil foto pun akan menjadi buruk. Sebagai contoh, objek foto tidak akan terlihat bila fotonya diambil di ruangan gelap yang minim cahaya.

Mengambil foto portrait di luar ruangan sangat tepat apabila kamu ingin memanfaatkan cahaya alami. Sebarkanlah pencahayaannya agar foto terlihat lebih natural.

Jangan mengambil foto di mana objek akan terkena sinar matahari secara penuh atau cahaya langsung yang berlebih karena bisa memunculkan bayangan gelap atau warna tidak rata.

Bila kamu ingin menambahkan cahaya pendukung, seperti lampu LED atau lampu sorot, sebaiknya pasang diffuser di bagian depannya. Diffuser itu bisa berupa lembaran putih atau soft box yang membantu menetralkan cahaya sehingga efeknya lebih natural.

2. Mengatur Kadar Efek Bokeh

Foto Portrait Bokeh

Efek bokeh adalah istilah yang digunakan pada hasil foto dengan latar belakang yang blur atau buram. Buramnya latar belakang membuat foto menjadi terfokus pada objeknya dan menciptakan kesan yang lebih estetik bila dibandingkan dengan foto biasa.

Awalnya, untuk mendapatkan foto dengan jenis bokeh ini diperlukan kamera dengan exposure yang besar. Namun seiring berjalannya waktu, kamera HP memiliki perkembangan yang besar dan kini bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Caranya pun sangat mudah karena kamera HP telah menyediakan pengaturan kadar efek bokeh-nya. Kamu hanya perlu menentukan besar kadarnya, seperti 50% atau 60% sesuai dengan keinginanmu.

3. Pilih Background Foto yang Menarik

Background Foto yang Menarik

Tips selanjutnya adalah memilih background yang menarik. Memang, wajah seseorang adalah fokus utama dari foto portrait, tetapi bukan berarti kamu tidak memperhatikan background fotonya.

Background foto yang berantakan akan membuat foto terlihat tidak bagus. Pilihlah background simpel, tetapi menarik, seperti bunga, pohon, dedaunan, sampai lampu hias. Keberadaan background ini memberikan nilai tambah pada hasil fotonya.

Jenis background yang patut dihindari adalah background yang terlalu ramai. Background seperti itu hanya akan mengalihkan fokus orang yang melihat fotonya. Jadi, gunakan background sederhana sehingga fokusnya tetap pada objek foto.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Zoom Aesthetic yang Keren

4. Gunakan Posisi yang Berbeda

Pose Foto Portrait

Pada umumnya orang mengambil foto portrait dari depan objeknya. Cara mengambil foto seperti itu sudah terlalu sering dilakukan sehingga hasil fotonya tidak akan jauh berbeda dari foto lainnya.

Kalau kamu ingin mencoba hal baru, mengambil foto dengan perspektif yang berbeda bisa jadi pilihannya. Contohnya, kamu bisa mencoba untuk mengambil foto dari samping atau atas objek foto.

Posisi itu membuat objek fotonya terlihat lebih fresh sehingga setiap fotonya tidak tampak monoton. Coba terus mencari posisi baru untuk mendapat sudut foto terbaik.

Kamu juga bisa memakai teknik foto portrait candid supaya hasil fotomu menjadi terlihat natural. Foto candid tersebut bisa dibidik dari jarak yang dekat atau cukup jauh. Background akan lebih banyak terlihat apabila kamu mengambil foto dari jarak yang cukup jauh.

5. Poles dengan Aplikasi Edit Foto

Foto Portrait Keren

Setelah semua foto portrait selesai di ambil, terakhir kamu poles foto-fotonya dengan aplikasi edit foto android. Tips foto portrait ini sangat penting untuk dilakukan agar hasil fotonya jadi lebih apik dan profesional.

Kebanyakan HP telah memiliki fitur edit foto yang beragam. Apabila fiturnya dirasa masih kurang, pakailah aplikasi edit foto dengan fitur yang lebih lengkap. Misalnya, menambahkan filter kilauan cahaya pada background foto atau mengubahnya menjadi hitam putih.

Dalam proses editing kamu pun dapat menghilangkan bagian yang mengganggu, mengubah latar belakang, sampai mengatur warna foto. Dengan begitu, foto portrait yang telah diambil akan terlihat apik dan bisa kamu posting ke media sosial.

Demikian tips foto portrait yang apik dengan menggunakan kamera HP. Dari sini kamu sudah tahu cara mengambil foto portrait yang baik agar memberikan hasil yang memuaskan.

Dengan begitu, kamu tetap bisa mempelajari berbagai teknik fotografi meskipun tidak memiliki kamera profesional seperti kamera DSLR.


Referensi:

Check Also

Lensa fleksibel

5 Kelebihan Lensa Kit dan Trik Jitu Memaksimalkannya

Lensa kit adalah paket lensa dengan ukuran zoom 18-55 mm, 16-50 mm, 15-45 mm dan sejenisnya. …