Outstanding Shares: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Outstanding shares merupakan jumlah saham beredar yang diterbitkan oleh perusahaan. Dari saham ini, investor bisa pula memperhitungkan laba bersih per saham dan kapitalisasi pasar saham pada bursa efek.

Outstanding shares dan tipe saham lainnya membantu memperhitungkan book value per share sekaligus besaran dividen yang dibagi per saham. Saham ini juga bisa ditingkatkan melalui penawaran pasar modal kedua atau dari opsi saham yang diberikan kepada karyawan sebagai bentuk upah mereka.

Manfaat Outstanding Share

outstanding shares

Istilah saham outstanding diperuntukkan bagi saham yang kini dipegang oleh semua pemegang saham termasuk di dalamnya dari investor institusional maupun saham terbatas milik pejabat atau orang dalam perusahaan itu sendiri.

Pemilik saham ini meliputi institusi, trader jangka pendek, maupun investor perorangan. Pemilik dari saham memiliki hak dalam mendapatkan dividen dan mempunyai hak suara dalam perusahaan. Mereka berhak mengambil keputusan yang memengaruhi manajemen korporasi.

Manfaat dalam menghitung outstanding shares adalah untuk mengetahui beberapa poin di bawah ini.

  1. Free float saham
  2. Dividen per saham 
  3. Nilai buku per saham
  4. Laba per lembar saham
  5. Indeks saham seperti IHSG
  6. Kapitalisasi pasar dan lain sebagainya

Contohnya

Contoh outstanding shares

Untuk memahami lebih lanjut apa itu outstanding shares, kamubisa mempelajari contoh kasus ini. Misalnya, PT. ABC memiliki saham sebanyak 1000 lembar dan terdiri atas bonus saham dan saham utama.

40% saham dimiliki oleh karyawan dalam perusahaan tersebut. Sementara, sisanya dimiliki oleh publik termasuk investor tunggal, institusi, maupun trader yang hanya ingin membeli saham untuk mendapatkan capital gain.

Nah, keseluruhan saham tersebut diakui sebagai outstanding shares. Meskipun beberapa di antaranya dimiliki oleh karyawan PT. ABC ataupun termasuk saham bonus.

Baca Juga:

Tipe Saham Lainnya

Selain outstanding shares, ada juga beberapa jenis lainnya. Jenis-jenis ini juga beredar di pasar modal. Outstanding shares dan tipe saham lainnya dapat kamu simak dalam tabel di bawah ini.

NoJenis SahamDefinisi
1Authorized sharesSaham yang diakui sebagai milik perusahaan dan tertulis dalam akta pendirian perseroan terbatas. Ini juga merupakan jumlah maksimal saham yang akan diterbitkan oleh korporasi tersebut
2Floating sharesSaham yang diterbitkan ketika perusahaan melakukan IPO atau melantai di bursa efek untuk pertama kalinya. Perusahaan akan menyebutkan total saham yang diterbitkan atau dikenal dengan common share atau listed share.Sebagian sahamnya akan dimiliki oleh pemilik awal perusahaan bisa berupa venture capital, private equity, atau pemilik awal dan tidak dijual belikan oleh pemilik tersebut.
3Preferred sharesSaham ini adalah bagian dari outstanding shares yang merupakan milik kepentingan non pengendali. Artinya, pemiliknya adalah yang pertama mendapatkan potongan dari laba perusahaan.  Usai potongan ini pembagian labanya kepada pemilik disebut dengan common shares.
4Common sharesDikenal pula dengan quoted atau listed shares. Awalnya jumlah saham yang beredar ditentukan ketika IPO dan berubah ketika timbul aksi korporasi terkait, seperti adanya stock split/reverse stock split, warrant, employee stock option, penerbitan dividen saham hingga konversi rights.
5Treasury sharesDikenal sebagai saham treasuri, yakni saham yang dibeli kembali oleh manajemen perusahaan dari pasar. Tujuannya adalah agar perusahaan tidak mengalami kerugian secara signifikan saat harga saham perusahaan sedang turun drastis. Ringkasnya, saham ini merupakan saham yang diperoleh kembali oleh perusahaan. Jenisnya adalah saham biasa yang dikeluarkan investor untuk dibeli oleh perusahaan atas namanya sendiri.
6Retired sharePembelian kembali saham oleh perusahaan kemudian untuk disimpan dan tidak diperjualbelikan kembali. Perusahaan bisa memensiunkan saham ini.
7Unissued sharesSaham yang termasuk dalam authorized shares, tetapi belum diterbitkan oleh perusahaan. Karena belum terbit, saham ini tentu tidak bisa dimiliki oleh siapa pun sehingga tidak ada hak atas dividen maupun voting. Saham ini sering pula disebut dengan saham portepel.
8Issued sharesSaham ini diterbitkan oleh korporasi untuk dijual kemudian mendapatkan modal untuk diberikan ke direksi maupun karyawan sebagai kompensasi. Tujuannya adalah agar lebih bersemangat dan mau meningkatkan nilai perusahaan tersebut.

Outstanding shares merupakan semua saham yang beredar, baik saham bonus ataupun saham biasa. Ada banyak manfaat dari saham ini termasuk untuk menghitung laba bersih per sahamnya.

Check Also

Cara Download WhatsApp Aero Terbaru 2022

Download WhatsApp Aero, Setting Privasi Satu Arah

WhatsApp sebagai salah satu aplikasi chat paling banyak digunakan memiliki tampilan yang simpel dan sederhana. …