Cara Menjual Foto dan Video di ShutterStock

Inilah cara menjual foto dan video di Shutterstock yang merupakan platform jual belil berbagai macam konten digital seperti foto, video, vektor, efek suara, hingga model 3D yang paling populer saat ini. Banyak fotografer, videografer, maupun pembuat konten lainnya—yang kemudian disebut kontributor—yang menjual hasil karya mereka pada platform ini.

Setelah mencapai jumlah tertentu, kontributor dapat mencairkan hasil penjualan karya mereka ke rekening pribadi masing-masing. Berapa harga 1 foto di Shutterstock? Kalau di Shutterstock 1 foto mulai 0,5$ hingga puluhan/ratusan dollar US. Tapi kalau di EyeEm kalau bisa tembus ke Getty Image bisa tembus sampai 500$.

Cara Bermain di Shutterstock Contributors

Cara Menjual Foto dan Video di Shutterstock Contributors

Sebelum bisa mengunggah hasil karyamu untuk dijual, kamu harus mendaftarkan diri sebagai Shutterstock Contributor yang bisa kamu akses lewat tautan ini. Kamu cukup menuliskan nama lengkap, nama tampilan (username) yang diinginkan, alamat email, dan kata sandi pada kolom yang disediakan.

Setelah itu, beri tanda centang pada kolom persetujuan dan verfifikasi, klik “Selanjutnya”, dan akun kamu pun sudah terdaftar. Akun yang sudah dibuat bisa digunakan untuk membeli konten maupun menunggah karya untuk dijual di Shutterstock.

Cara Mengirim Foto ke ShutterStock

Cara Mengirim Foto ke ShutterStock

Kamu bisa mengunggah berbagai macam konten untuk dijual di Shutterstock. Harap diingat kalau masing-masing tipe konten memiliki persyaratannya tersendiri. Untuk konten foto dan video, biasanya persyaratan teknis yang harus dipenuhi adalah resolusi minimum, format file, dan ukuran maksimal dari file yang akan diunggah.

Tips: Gunakan Gcam jika kualitas kamera HP milikmu rendah. Gcam akan mempertajam dan menjernihkan hasil jepretan fotomu bahkan di waktu malam. Silahkan download Gcam.

Untuk mengunggah karya, kamu cukup login ke situs https://submit.shutterstock.com/ dengan akun yang sudah kamu buat. Lengkapi data diri yang diminta pada kolom yang disediakan, lalu pilih “Upload Content”, pilih file dan unggah ke situs. File akan ditinjau oleh tim Shutterstock selama 1-2 hari. Konten yang lolos peninjauan akan ditampilkan di kolom Catalog Manager dan akan dipublikasikan dalam 72 jam setelah disetujui.

Pembayaran ShutterStock

Pembayaran Shutterstock

Pelanggan harus membayar lisensi untuk mengunduh konten kamu tanpa tanda air (watermark) dari Shutterstock. Sebagian dari lisensi ini akan dibayarkan ke akunmu sebagai pengunggah dan pemilik hak cipta dari konten tersebut. Penghasilan minimum yang bisa kamu tarik ke rekening pribadi adalah $35.

Pastikan kamu sudah melampirkan formular pajak yang lengkap dan memilih penyedia pembayaran elektronik yang diinginkan seperti PayPal, Skrill, atau Payoneer. Demikian tips yang bisa kamu co

Check Also

hapus background

10 Aplikasi Penghapus Background Foto Online Gratis

Aplikasi penghapus background foto akan kamu butuhkan untuk kebutuhan desain. Dulu orang hanya terbatas menggunakan software Photoshop dan sejenisnya, tetapi …