5 Cara Menentukan Pilihan Kamera untuk Pemula

Sebelum membeli kamera, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Jika kamu memilih kamera dengan sembarangan bisa saja kamu mendapatkan kamera yang sulit dijalani oleh pemula. Lalu, bagaimana menentukan pilihan kamera untuk pemula? Di bawah ini, ada berbagai cara menentukan kamera agar kamu mendapatkan kamera yang sesuai.

1. Pikirkan Tujuan saat Menentukan Pilihan Kamera

pilihan kamera untuk pemula

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan dari kameranya. Apakah kamera digunakan untuk belajar fotografi di jalanan? Apakah kamu berniat menjadi fotografer profesional? Ataukah kamu hanya ingin kamera untuk traveling saja?

Bila kamu melakukan kegiatan fotografi sebagai hobi, kamera pocket dan mirrorless sudah cukup. Kamera-kamera itu cenderung memiliki ukuran lebih kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja. Penggunaannya juga tidak sulit jadi mudah dipahami oleh fotografer pemula yang baru belajar.

Untuk kamu yang ingin menjadi fotografer profesional, kamera yang cocok adalah kamera DSLR. Kamera ini memiliki fungsi dan fitur lebih canggih dibandingkan dengan kamera lainnya. Itu sebabnya kamera DSLR sering digunakan oleh fotografer profesional dalam pekerjaan mereka.

2. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

pilihan kamera untuk pemula

Kalau kamu memiliki budget yang tidak terbatas, kamu tidak akan kesulitan dalam menentukan pilihan kamera karena kamu dapat memilih kamera apa pun. Sayangnya, tidak semua orang memiliki budget tidak terbatas sehingga mereka harus menentukan budget untuk membeli kamera.

Untuk kamera simpel seperti kamera pocket dan kamera mirrorless, kamu bisa menyiapkan budget mulai dari Rp3 jutaan sampai Rp10 jutaan. Kamera dengan rentang harga itu memiliki fitur dan fungsi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi.

Kamera DSLR memiliki rentang harga yang lebih mahal dibanding kamera sebelumnya. Budget yang disiapkan untuk mendapatkan kamera DSLR yang bagus dimulai dari Rp5 jutaan sampai Rp17 jutaan. Itu semua belum dihitung dengan pembelian lensa tambahan.

Jangan terlalu memaksakan membeli kamera mahal bila kamu belum memiliki budget yang cukup. Gunakan saja kamera yang dimiliki secara maksimal sampai kamu memiliki budget untuk beli yang baru dan lebih berkualitas.

3. Cek Spesifikasi Kamera

Spesifikasi Kamera

Agar kamu bisa menggunakan kamera dengan baik, dibutuhkan fitur yang lengkap untuk mendukungnya. Untuk itu, selalu cek spesifikasi kamera supaya kamu tahu jika fitur kameranya sesuai dengan yang kamu perlukan.

Fitur umum yang perlu dicek adalah besar resolusi, WiFibluetooth, daya tahan baterai, ISO, hingga penyimpanannya. Setelah memeriksa setiap fiturnya, barulah kamu bisa memilih kamera mana yang memenuhi semua kebutuhanmu. Langkah ini akan memudahkan dalam menentukan merek dan jenis kamera yang tepat.

4. Perhatikan Body Kamera

Body Kamera

Selain fitur kamera, kamu juga perlu memperhatikan body kameranya. Berat dan ukuran sering menjadi pertimbangan saat menentukan pilihan kamera. Kamera yang terlalu besar dan berat akan membuat penggunanya kesulitan saat membawa kamera tersebut.

Apabila kamera digunakan untuk jenis fotografi sederhana, seperti street photography atau human interest photography, pakailah kamera dengan ukuran standar dan tidak berat. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan saat akan mengambil gambar dari berbagai tempat.

Beda lagi jika kamera dipakai untuk traveling. Hal yang perlu dilihat adalah apakah body kameranya memiliki kemampuan weather sealing dan waterproof supaya tahan terhadap air dan cuaca.

5. Lihat Review Pengguna di Internet

Review Kamera

Kalau kamu belum pernah memakai kamera sama sekali dan bingung menentukan pilihan kamera, solusinya adalah melihat review di internet. Dari sana, kamu bisa menemukan dengan mudah keunggulan dan kekurangan kamera dari penggunanya sendiri.

Karena ada banyak merek kamera, kamu tentukan terlebih dahulu merek mana yang paling sesuai denganmu. Kamu bisa memilih antara dua atau tiga merek kamera. Lalu, lihat review masing-masing kamera tersebut. Bandingkan hasil review setiap kameranya untuk menentukan kamera mana yang terbaik untukmu.

Lebih baik menjadikan review menyeluruh sebagai bahan pertimbangan. Review yang menyeluruh biasanya menjelaskan mulai dari harga, spesifikasi, keunggulan, kekurangan, fitur, sampai kondisi kamera setelah pemakaian beberapa bulan atau tahun.

Dari berbagai cara di atas, kamu jadi tahu bagaimana menentukan pilihan kamera untuk pemula. Perlu diingat untuk tidak ikut-ikutan dengan orang lain saat akan membeli kamera karena akan sangat berpengaruh pada kenyamanan pemakaiannya. Kamu tentunya tidak ingin mendapatkan kamera yang tidak sesuai, bukan? Jadi, lakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih kamera.

Referensi:

  1. https://www.wartaekonomi.co.id/read209077/kiat-memilih-kamera-yang-benar-khusus-untuk-pemula
  2. https://www.plazakamera.com/step-by-step-cara-memilih-kamera-digital/?amp
  3. https://www.tokopedia.com/blog/tips-memilih-kamera-dslr/amp/
  4. https://m.liputan6.com/hot/read/4082003/5-tips-membeli-kamera-untuk-pemula-jangan-sampai-salah-pilih
  5. https://www.unisbank.ac.id/v2/news/tips-untuk-memilih-kamera-untuk-fotografer-pemula/