Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula Tahun 2021

Kamera Mirrorless Terbaik

Kamera mirrorless terbaik ada banyak dan masing-masing jenis cocok dengan profesi dari penggunanya. Ada kamera yang cocok untuk pemula yang baru saja terjun ke dunia fotografi. Lalu ada juga kamera yang memang cocok untuk seorang fotografer profesional.

Kalau Anda ingin mencoba membeli kamera yang tidak memiliki cermin pembalik ini, ada baiknya untuk tidak tergesa-gesa. Mengapa, karena setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Untuk itu, coba simak beberapa rekomendasi kamera mirrorless di bawah ini.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

Sebelum membeli, cek fitur dari masing-masing kamera. Selain itu, kalau Anda punya sentimen pada merek kamera tertentu, bisa mencari dari sana dahulu. Misal lebih suka Canon dari kamera yang lainnya. Berikut beberapa rekomendasi kamera yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Sony α7 III

Sony α7 III Kamera Mirrorless Terbaik
Sony α7 III

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau Sony selalu bisa menghadirkan kamera dengan kualitas yang sempurna. Salah satunya adalah seri α7 III yang menggunakan 35 mm Full-frame Image Sensor. Kamera ini juga dilengkapi 5-axis stabilization untuk menghasilkan gambar yang stabil.

Keunggulan dari Sony α7 III terletak pada akurasi warna yang akan ditangkap. Meski kondisi tidak banyak cahaya, warna yang ditangkap tetap mendekati asli. Gambar yang dihasilkan dengan lensa beresolusi 24 MP ini juga tajam karena ada fitur BSI (Back-Illuminated Structure).

Hal lain yang sangat menonjol dari Sony α7 III yang dibanderol Rp. 31,999,000 (Bodi + Lensa Zoom 28-70mm) ini adalah adanya fitur Wi-Fi, Bluetooth, sampai NFC untuk komunikasi data. Selain itu, kamera ini juga menghadirkan Manual Focus Assist yang cocok untuk food photography.

2. Panasonic LUMIX G7 4K

Panasonic LUMIX G7 4K
Panasonic LUMIX G7 4K

Kamera yang dikeluarkan oleh Panasonic ini adalah jenis lawas yang tetap eksis sampai sekarang. Banyak sekali pengguna pemula yang mencarinya karena cukup mudah untuk dijalankan dan juga memiliki kualitas gambar dan juga video sampai kualitas 4K.

Yang menarik dari LUMIX G7 4K ini adalah desainnya yang menyerupai dengan kamera DSLR. Jadi, terlihat agak besar meski isi di dalamnya adalah mirrorless. Desainnya juga agak retro sehingga menambah daya tarik dan nilai estetika dari produk.

3. Olympus OM-D EM10 Mark II

"<yoastmark

Olympus adalah salah satu pabrikan kamera yang sering menghasilkan produk dengan kualitas baik. Salah satu produk mirrorless yang cukup laris di pasaran adalah seri OM-D EM10 Mark II. Kamera ini cocok sekali untuk pemula karena bisa menghasilkan gambar yang sangat baik.

Kamera dengan bobot tidak terlalu besar ini juga memiliki semacam filter yang menarik. Jadi, selain mengabadikan momen dengan cara biasa, Anda juga bisa menambahkan elemen pendukung lain. Hasilnya, foto yang dihasilkan bisa lebih menarik dan estetik.

Olympus membanderol kamera yang memiliki stabilizer 5-axis sensor-shift image stabilisation ini sekitar 10 jutaan rupiah. Harga ini sebanding dengan kemampuannya yang cukup premium. Pemula yang baru belajar menggunakannya pun bisa menghasilkan gambar yang berkelas.

4. Canon EOS M100 Kit

Canon EOS M100 Kit
Canon EOS M100 Kit

Kamera dari Canon ini sering dipakai untuk pelesir karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Jadi, saat dimasukkan ke dalam tas tidak membebani bawaan. Kamera dibuat menjadi ringkas meski secara umum memiliki kemampuan DSLR dalam menangkap momen dengan baik.

Kalau Anda baru pertama kali menggunakan kamera ini berbagai kontrol yang mudah diakses bisa didapatkan di layar sentuhnya. Jadi, Anda bisa melakukan proses pengambilan gambar dengan setting otomatis atau bisa menggunakan setting manual.

Dengan kemampuan yang cocok untuk pemula ini, Canon EOS M100 Kit sering dipakai sebagai kamera untuk belajar fotografi. Selanjutnya, kalau sudah merasa lebih ahli bisa upgrade ke kamera yang lebih baik dengan merek Canon atau merek lain.

5. Panasonic LUMIX GH5

Panasonic LUMIX GH5
Panasonic LUMIX GH5

Sedikit lebih premium dari yang dibahas pada poin sebelumnya, Panasonic menghadirkan mirrorless yang premium. Kamera ini memiliki kelebihan dari pengaturan fokus saat mengambil gambar. Ada teknologi yang membuat gambar bisa memiliki fokus dengan sempurna.

Begitu gambar diambil, Anda bisa mengatur sendiri fokusnya kalau ada sedikit masalah atau melenceng. Dengan kemampuan ini, semua gambar dan video yang gagal fokus bisa diperbaiki sebelum diolah dan disimpan ke perangkat lain.

Panasonic LUMIX GH5 dengan harga sekitar 30 jutaan rupiah ini memiliki lensa dengan resolusi 20,3 MP. Selain itu, kamera juga dibekali teknologi andalan dari Panasonic yakni DFD yang membuat semua gambar jadi lebih tajam dan sesuai dengan aslinya.

6. FUJIFILM X-T100

FUJIFILM X-T100 Kamera Mirrorless Terbaik
FUJIFILM X-T100

Sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya, X-T100 ini menghadirkan dua buah fitur canggih yaitu multi focus dan super intelligent flash. Multi focus berfungsi untuk membuat lebih dari satu fokus dalam satu gambar sehingga hasilnya lebih menarik dan estetik.

Selanjutnya intelligent flash yang bisa menyesuaikan intensitas cahaya yang dikeluarkan. Selama ini flash hanya bisa keluar otomatis atau mati. Pengaturan berapa banyak cahayanya jarang dimiliki oleh banyak kamera.

7. Nikon 1 J5

"<yoastmark

Kamera Nikon 1 J5 bisa dikategorikan sebagai kamera dengan bobot paling ringan di jenisnya. Selain itu, ukurannya juga mungil sehingga cocok untuk dibawa ke mana saja. Kalau Anda hobi traveling dan tidak mau ribet membawa banyak bawaan yang berat, kamera ini adalah solusinya.

Meski tergolong ringan dibandingkan dengan kompetitor, kamera ini memiliki teknologi yang mumpuni. Resolusi di atas 20 MP dan dapat merekam video dengan kualitas HD. Jadi, Anda bisa memakainya untuk keperluan vlogging atau sejenisnya.

8. FUJIFILM X-A10

FUJIFILM X-A10
FUJIFILM X-A10

Salah satu kamera sejuta umat yang dimiliki oleh banyak fotografer khususnya para pemula di Indonesia. Dengan harga kurang dari 5 juta rupiah, Anda bisa mendapatkan kamera dengan kemampuan mumpuni dan sangat ringan.

Kamera X-A10 ini cocok dipakai untuk melakukan selfie atau berfoto dengan banyak orang. Layar yang dimiliki bisa diputar hingga 180 derajat. Jadi, saat melakukan selfie hasilnya bisa akurat. Apalagi ada fitur yang membuat foto selfie jenis apapun hasilnya lebih baik dan sangat tajam.

9. Nikon Z50

Nikon Z50 Kamera Mirrorless Terbaik
Nikon Z50

Dengan harga sekitar 27 jutaan rupiah, Nikon Z50 bisa menghasilkan gambar dan video dengan kualitas sempurna dan HD. Apalagi ada sensor yang sangat hebat sehingga pengambilan di lokasi yang minim sekali dengan cahaya sekali pun hasilnya akan tetap maksimal.

Nikon Z50 menggunakan lensa dengan kekuatan 20.9 MP. Terdapat OLED electronic viewfinder yang akan membuat gambar lebih cerah. Anda bisa mengatur kecerahannya dari level bawah hingga level 7 yang paling atas.

Kamera mirrorless terbaik tidak dilihat dari seberapa banyak fitur yang disematkan. Kalau Anda tidak bisa memaksimalkan semuanya juga akan mubazir. Untuk itu, cari kamera yang benar-benar akan Anda kuasai sesuai dengan kemampuan yang saat ini dimiliki.

Misal dari kemampuan pemula sampai ke tingkat menengah dan profesional. Seiring dengan meningkatnya kemampuan dan ketersediaan dana, Anda bisa segera menggantinya ke seri atau merek yang lebih baik agar hasil jepretan yang Anda lakukan hasilnya lebih sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *