Review Kamera Lumix GH6: Spesifikasi dan Harga Terbaru 2022

Bagi para penggemar dunia fotografi, memiliki kamera dengan fitur canggih memang menjadi sebuah keharusan. Setelah sukses dengan Lumix GH5-nya, kini Panasonic secara resmi telah mengumumkan kamera terbarunya, yaitu GH6 dengan berbagai inovasi dan peningkatan.

Penasaran tentang spesifikasi lengkap dan harga kamera terbaru ini? Tetaplah berada pada artikel untuk mengetahui informasi tentang review kamera Lumix GH6 secara lengkap.

Spesifikasi Lumix GH6

Spesifikasi Lumix GH6

Dibandingkan pendahulunya, yaitu Lumix GH5, kini Lumix GH6 hadir dengan spesifikasi yang lebih unggul. Produk terbaru dari Panasonic ini menjadi kamera mirrorless pertama yang dibekali sensor Micro Four Third atau MFT sebesar 25,2 megapiksel.

Sensor ini diklaim 20% lebih besar dari produk sebelumnya. Tidak hanya itu, sensor ini juga menawarkan dynamic range hingga 12+ stop, dan 13+ stop pada fitur dynamic range boost baru. 

Sensor ini tidak dilengkapi Low Pass Filter (LPF) sehingga dapat memproses gambar beresolusi tinggi dengan efek moire lebih minim, juga meminimalkan rolling shutter pada saat proses perekaman.

Berbicara mengenai dapur pacu, kamera ini dibekali fitur prosesor gambar Venus Engine terbaru, yang digadang-gadang memiliki kecepatan dua kali lebih besar dari pendahulunya.

Dengan dilengkapi kipas internal, ini akan menjaga kamera tetap dingin meskipun dipakai secara maraton. GH6 juga dibekali dengan fitur Dual IS2 untuk stabilisasi gambar.

Dengan stabilisasi 7,5 stop, kamera ini cocok digunakan untuk kamu yang gemar membuat video handheld, bahkan menggunakan lensa tanpa stabilisasi.

Fitur Fotografi

Fitur Lumix GH6

Bagi kamu pecinta fotografi, kamera Lumix GH6 ini tentu tidak akan mengecewakan. Pasalnya, kamera ini mampu mengambil serangkaian foto saat mengaktifkan mode burst dengan kecepatan hingga 14 fps.

Selain itu, kamera ini juga didukung layar fleksibel 3 inci yang mudah dioperasikan, bisa flipping dan rotate, dan membawa jendela bidik elektronik yang tampil dengan layar OLED.

Ingin memotret dan mengabadikan momen selama seharian penuh? Tidak perlu khawatir karena di dalam kamera ini dilengkapi dengan sistem pendingin internal.

Sistem pendingin ini akan menjaga kamera tetap adem dan mencegah overheat karena durasi pemakaian yang panjang. Kamera ini cocok untuk dibawa pergi berlibur ke tempat-tempat indah yang layak diabadikan.

Kualitas Videografi

Videografi Lumix GH6

Tidak hanya memiliki kemampuan pengambilan gambar yang mumpuni, Lumix GH6 juga memiliki fitur yang membuat kemampuan rekam videonya jauh di atas pendahulunya. Berbicara masalah kemampuan rekam video, kamera ini dapat merekam video dengan kualitas resolusi 5.7K/30p.

Kamera ini juga merupakan Lumix pertama yang dapat merekam pada format Apple ProRes 422 HQ. CFexpress Tipe B memungkinkan kamu untuk merekam video codec ProRes 422 HQ dan Pro Res 422 secara internal sehingga akan menghasilkan gambar berkualitas tinggi pada kompresi rendah.

Secara signifikan, ini dapat meringankan beban komputer saat post production. Pada resolusi yang lebih rendah, kamera ini dapat merekam di format 10 bit 4:2:2 pada resolusi 4K/60p, 10bit 4:2:0 pada resolusi 4K/120p, dan video Full HD 1080/240p.

Masih pada videografi, rekam video frame rate variabel didukung hingga resolusi 1080/30p. selain itu, terdapat fitur V-Log/V-Gamut yang memungkinkan perekaman video dengan range dinamik  hingga 13+ stop.

Tidak hanya itu, hadir juga dukungan fitur penstabil pada modus videonya. Mengenai autofocus, kamera ini masih membawa teknologi autofocus DFD (Depth from Defocus).

Kini, kinerja autofocus GH6 diklaim lebih cepat dan dapat mengenali serta melacak subjek dengan lebih baik. Bagaimana, apakah GH6 adalah kamera yang selama ini kamu cari untuk modal awal menjadi seorang video kreator?

Harga Lumix GH6

Harga Lumix GH6

Dengan keunggulan spesifikasi dan fitur canggih yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan kamera ini dengan harga $2.199 atau kisaran 32 juta rupiah hanya untuk body-nya.

Kabar baiknya, kamera ini sudah tersedia di berbagai marketplace. Dengan sekali klik, kamu tinggal menunggu kedatangannya. Demikian review kamera Lumix GH6 yang baru saja dipasarkan secara resmi.

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, apakah kamu tertarik meminangnya untuk menemani keseharianmu dalam berfotografi?

Baca Juga: