8 Roll Film Terbaik Kamera Analog Dan Jenis Film

roll film

Di era digital yang sudah semakin canggih, kamera analog masih banyak digemari, bahkan menjadi trend kaum milenial. Nah, ketika Anda sudah mempunyai kamera analog, ada yang wajib diperhatikan yakni roll film.

Roll film sendiri merupakan media yang digunakan untuk menyimpan hasil foto. Media ini berupa gulungan-gulungan yang dilindungi dari paparan cahaya putih dengan alas kertas. Gulungan ini pertama kali dibuat oleh Kodak pada tahun 1934. Hingga sekarang sudah banyak jenis dan berbagai macam ukurannya.

Jenis Roll Film

1. Film Black and White

Black & White Photo film

Film ini merupakan film hitam putih dan biasanya terdapat grain pada hasil fotonya. Untuk mencetak foto, film BW ini menjadi jenis film yang prosesnya paling gampang untuk dicetak dengan menggunakan cairan developer atau bahan lainnya yang gampang dicari.

Contoh film dan kisaran harganya:

  • Ilford Delta: Rp100.000
  • Kodak TX400: Rp110.000
  • Lucky 100: Rp50.000
  • Agfa APX: Rp77.000
  • Kodak TMax 100: Rp95.000

2. Film Color/Film Negatif

Film Negatif

Film color adalah jenis film yang lumayan banyak dijual dan warnanya sangat khas. Malah terdapat beberapa yang bilang jika beberapa filter di aplikasi Instagram atau VSCO terinspirasi dari film ini.

Sementara untuk proses cetaknya, jauh lebih ribet. Anda perlu ke lab, sebab prosesnya memakai mesin serta cairan yang digunakan cairan kimia jenis C41.

Contoh film dan kisaran harganya:

  • Kodak ColorPlus 200: Rp50.000
  • Agfa Vista 200: Rp59.000
  • Fujifilm Industrial 100: Rp57.000
  • Kodak Ektar 100: Rp125.000
  • Cinestill 50D: Rp195.000

3. Film Slide/Film Positif

Film Positif

Kalau film ini hampir sama dengan film color. Hasil fotonya terlihat berwarna, yang membedakan adalah setelah dicuci. Gambar akan tampil di klise foto, namun bisa langsung dilihat tanpa harus dilakukan scan dan invert terlebih dahulu.

Cairan yang digunakan pada film slide adalah kimia E6. Anda juga bisa mencuci dengan cairan C41, namun klisenya jadi sama seperti film warna biasa.

Contoh film dan kisaran harganya:

  • Fuji Velvia: Rp170.000

Merk Roll Film Kamera Analog Terbaik

Roll film terbaik kamera analog

Bagi anda yang mau tahu beberapa merk terbaiknya, silahkan ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Kodak Color Plus 200

Kodak Color Plus 200

Merk pertama yang akan dibahas adalah Kodak Color Plus 200. Merk kodak biasanya yang sering digunakan oleh para pemula. Selain harganya yang terjangkau, roll film ini gampang untuk dicari di pasaran.

Merk ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik yakni foto dengan tone warna kekuning-kuningan atau warna yang warm.

Kodak Color Plus 200 sangat dipakai apabila Anda mau mengambil foto bersama matahari di sore ataupun pagi hari.

2. Fujicolor C200

Fujicolor C200

Merk berikutnya datang dari Fujicolor C200 yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau sekitar 60 ribuan. Brand ternama ini mampu menghasilkan karakter warna foto yang bagus.

Merk ini sangat bagus digunakan untuk foto dengan gaya landscape, karena warna yang tampil akan lebih dominan ke warna merah, biru, dan hijau yang lembut.

Tidak hanya itu, merk ini juga cocok digunakan untuk Anda suka mengambil foto dengan objek manusia, sebab skin stone yang dihasilkan terlihat sangat natural.

3. Kodak Portra 400

Kodak Portra 400

Merk kedua adalah Kodak Portra 400. Merk ini banyak sekali digandrungi oleh para fotografer kamera analog, sebab dinilai bisa memberikan hasil foto yang bagus dan terlihat sempurna.

Selain itu, merk ini juga dapat dijadikan opsi terbaik, untuk Anda yang mau menambahkan efek pada foto yang sudah dihasilkan. Contohnya menampilkan warna cantik, tekstur bintik halus, dan juga latitude yang mengesankan.

Bahkan, pada saat anda tidak sengaja mengalami overexpose atau underexpose, merk ini mampu untuk mengatasinya. Dengan cara tetap memberikan hasil foto yang berkualitas bagus dan memuaskan.

4. Kodak Gold 200

Kodak Gold 200

Merk selanjutnya adalah Kodak Gold 200. Merk ini tergolong ke dalam deretan roll film terbaik. Selain harganya murah, produk ini juga gampang banget ditemukan terutama di pasaran Indonesia.

Dengan harga yang terjangkau, namun mampu memberikan hasil kuning keemasan dengan warna tajam yang sangat bagus.

Merk ini sangat tepat dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki hobi mengambil foto pemandangan jalan atau kegiatan masyarakat sekitar. Sebab akan memberikan kesan foto terlihat lebih hidup.

5. Kodak T-Max 400

Kodak T-Max 400

Merk berikutnya adalah Kodak T-Max 400 yang merupakan jenis roll film kamera black and white terbaik yang biasa digunakan oleh fotografer.

Merk ini mempunyai ciri khas bintik halus serta kontras, sehingga dinilai dapat memberikan hasil jepretan yang jernih dan terlihat jelas fotonya.

Apabila Anda memperoleh hasil foto dengan kesan yang realistis, maka merk ini bisa dijadikan salah satu pilihannya.

6. Agfa Vista 200

Agfa Vista 200

Merk terbaik selanjutnya bernama Agfa Vista 200. Namun menurut informasi yang beredar, merk ini sekarang sudah tidak diproduksi kembali. Namun, Anda masih bisa memperolehnya di pasaran Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu sekitar 60 ribuan.

Merk ini mampu memberikan hasil foto dengan karakter warna merah serta magenta yang lebih dominan dengan saturasi yang tinggi juga.

Jika Anda tipe orang yang suka mengambil gambar dengan skin tone yang lebih natural, maka merk ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

7. Kodak Ektar 100

Kodak Ektar 100

Kodak ektar 100 merupakan salah satu jenis roll film kamera terbaik. Merk ini mampu menghasilkan objek yang dipotret berwarna cerah, terutama pada tone warna biru dan merah.

Jika Anda suka menjepret foto dengan tipe arsitektur atau landscape, maka merk ini menjadi pilihan yang cocok, karena bisa memberikan hasil yang menonjol.

Tapi, merk ini tidak dianjurkan untuk para fotografer pemula. Sebab exposure yang dipakai harus spontan. Kemudian, merk ini juga tidak bisa mengatasi masalah underexposing dengan baik.

8. Fuji Industrial 100

Fuji Industrial 100

Merk terakhir adalah Fuji Industrial 100. Merk ini mempunyai dua varian yakni 24exp dan 36exp.Merk ini dibanderol dengan harga yang murah, yakni sekitar 70 ribuan. Fuji Industrial 100 menghasilkan karakter tone warna yang sangat natural dan lembut.

Jadi sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar dengan gaya landscape ataupun portrait.

Bagi Anda yang tertarik dengan kamera analog, sekarang tidak bingung lagi kan tentang roll film seperti apa yang bagus dan cocok untuk digunakan? Kalau Anda tertarik untuk memilikinya, Anda bisa membelinya di berbagai toko offline maupun online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *