5 Cara Belajar Investasi Trading Gratis untuk Pemula

Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi saat ini adalah kemudahan dalam mencari informasi, termasuk mengenai dunia investasi. Kamu bisa mengetahui cara belajar investasi trading gratis dari beragam kanal maya, mulai dari YouTube, website perusahaan sekuritas, hingga komunitas.Apa saja? Perhatikan penjelasan berikut!

1. Stockbit Academy

Stockbit Academy

Stockbit adalah situs trading saham lokal yang bisa kamu manfaatkan juga untuk belajar investasi secara gratis dengan mengikuti Stockbit Academy. Bagi kamu yang tidak memiliki background ekonomi tentu akan menemukan kesulitan dalam mempelajari bahasa-bahasa dunia investasi. Untuk itu, belajar melalui Stockbit Academy bisa jadi pilihanmu untuk mengatasinya.

Menariknya, selain menawarkan cara belajar investasi gratis, di apk trading saham ini kamu juga mendapat kesempatan belajar dari mentor yang tepat dengan materi yang sudah terstruktur rapi juga penjelasan yang tuntas. 

Untuk turut serta, kamu bisa mengakses laman academy.stockbit.com. Jangan khawatir! Semua mentor di sana sudah sangat berpengalaman di bidang investasi, kok. Metode pembelajaran akan dibagi ke dalam 8 modul yang masing-masing terdiri dari beberapa chapters

Kamu akan belajar benar-benar dari dasar, seperti konsep dasar investasi dan istilah-istilah dalam dunia investasi secara umum, memahami laporan keuangan perusahaan secara mendetail, cara menganalisa bisnis secara kualitatif dan kuantitatif, hingga mengenal seluruh sektor-sektor keuangan yang berkecimpung di dalam dunia investasi. 

Bisa dikatakan, kamu akan dapat ilmu investasi yang lengkap mulai dari A-Z, gratis pula. Hanya perlu niat yang kuat untuk belajar setiap harinya. 

2. MNC Sekuritas

MNC Sekuritas

MNC Sekuritas adalah salah satu situs trading saham Indonesia yang juga menawarkan cara belajar investasi gratis, baik secara daring lewat kanal Youtube MNC Sekuritas maupun kelas online. Bagi para investor pemula yang tidak memiliki ilmu sama sekali tentang dunia investasi, kamu bisa mencoba pilihan satu ini. 

Umumnya, banyak pemula yang sangat tertarik dengan investasi saham, tetapi bingung mau belajar dari mana. Meski ada ribuan video ataupun tulisan di website tentang investasi di internet, kamu tentu masih akan kebingungan dalam menentukan tahapan-tahapan belajar karena buta akan kerangka konsep investasi dasar. 

Dengan mengikuti kelas daring seperti ini, para pemula diharapkan dapat belajar secara bertahap, mulai dari materi umum hingga cara menganalisa saham. Menariknya semua tahapan belajar bisa diikuti secara gratis.

3. Kanal YouTube Tentang Investasi

Dr. Indrawan

Seperti yang sudah ditulis di atas, banyak sekali kemudahan dalam mengakses berbagai informasi mengenai dunia investasi saat ini. Sudah banyak content creator keren yang membuat beragam video cara belajar investasi gratis pada media sosialnya.

Salah satu platform yang bisa dimanfaatkan jika ingin belajar investasi secara gratis adalah YouTube milik influencer ternama, seperti Dr. Indrawan Nugroho, Prita Hapsari Ghozie, Felicia Putri, Raditya Dika, Rivan Chandra dan masih banyak lagi. Mereka sering membuat video tentang investasi di kanal YouTube masing-masing. Kamu hanya perlu menonton pembahasannya.

Selain itu, perusahaan-perusahaan sekuritas yang mengeluarkan aplikasi trading saham, seperti Stockbit, Bibit, dan Ajaib juga sering mengunggah video mengenai dunia investasi. Tinggal kamu saja yang memilih ingin belajar mulai dari mana. Hal yang terpenting adalah terus konsisten dalam belajar.

4. Website Tentang Investasi dan Keuangan 

Selain menonton video di YouTube, cara belajar investasi gratis selanjutnya adalah dengan rajin membaca melalui website atau blog. Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa situs yang bisa dijadikan patokan untuk belajar investasi.

Pilihan situsnya adalah seperti idxchannel.com, investasi.kontan.co.id, cnbcindonesia.com, bisnis.com, katadata.co.id, dan juga investor.id. Keenam situs ini menyajikan beragam informasi seputar investasi dan keuangan, data, analisis pasar, komoditas, dan lain-lain.

5. Bergabung dengan Komunitas Trading

Komunitas trading

Terakhir, cara belajar investasi yang bisa kamu pilih adalah dengan cara bergabung bersama komunitas trading. Di sana, kamu akan bertemu dengan banyak sekali investor pemula yang ingin menambah penghasilan pasif lewat investasi. 

Dalam komunitas tersebut, kamu juga biasanya akan bertemu dengan person in charge yang akan mengajarimu bagaimana cara menganalisis saham dan lainnya dengan caranya masing-masing. Oleh karena itu, penting sekali untuk kamu menemukan sebuah komunitas yang tepat. 

Jangan mencoba berbagai komunitas dalam satu waktu karena hal tersebut hanya akan membuatmu pusing. Mengapa? Karena setiap mentor pasti memiliki metodenya sendiri dalam melakukan analisis pasar modal. Bukannya menambah ilmu, bisa jadi kamu makin tambah bingung. 

Itulah 5 cara belajar investasi gratis yang sangat bisa kamu manfaatkan untuk menambah ilmu dan penghasilan. Hal terpenting adalah niat dan konsisten dalam belajar karena tidak ada orang yang bisa sukses secara instan.

Check Also

5 VPN Terbaik untuk Nonton Piala Dunia 2022 Secara Gratis

5 VPN Terbaik untuk Nonton Piala Dunia 2022 Secara Gratis

Penggemar sepak bola tentunya tidak mau ketinggalan keseruan dari Piala Dunia 2022 namun terkadang biaya …