Content Creator Newbie? Catat 5 Alat Live Streaming Ini!

Beberapa tahun terakhir ini marak bermunculan content creator di beragam sosial media. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk menjadi content creator? Jenis pekerjaan bidang digital marketing yang fokus pada konten dan live streaming ini mudah dipraktikkan dan bisa dikerjakan di mana pun dan kapan pun.

Tak ayal, kini pekerjaan tersebut mulai digandrungi oleh banyak orang. Bagaimana tidak, keuntungan yang didapat juga tidak main-main. Lihat saja Raffi Ahmad, Atta Halilintar, dan Deddy Corbuzier yang mampu menghasilkan pendapatan bulanan  ±300 juta dari pekerjaannya sebagai content creatorWah, menggiurkan sekali, bukan?

Beberapa hal di bawah ini juga akan kamu dapatkan apabila menjadi seorang content creator sukses. Yuk, simak sampai habis!

Keuntungan Menjadi Content Creator

Content Creator

1. Dikenal banyak orang

Dari konten dan siaran langsung yang sudah dibuat dan diunggah, kamu tentu saja bisa menarik perhatian banyak orang. Jika kamu rutin membuat konten dan mendapatkan banyak perhatian dari khalayak ramai, menjadi terkenal bukanlah hal yang mustahil.

2. Memiliki kredibilitas

Bila kamu berhasil menarik perhatian banyak orang dan mendapatkan penggemar yang loyal, kamu akan dianggap sebagai seorang yang kredibel atau dapat dipercaya. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah didengar oleh khalayak luas.

3. Monetisasi konten

Kamu bisa meraup banyak keuntungan finansial dengan mudah saat jadi content creator populer, yakni melalui skema monetisasi. Namun, perlu diingat bahwa banyaknya jumlah likes dan penonton dari konten dan kegiatan live streaming yang kamu lakukan akan berpengaruh besar terhadap hasil monetisasi konten.

Maka dari itu, kamu harus rajin-rajin membuat konten, agar penggemarmu juga makin banyak dan loyal.

4. Ada target pasar tersendiri

Masing-masing content creator pasti memiliki fokusnya sendiri dalam mengembangkan suatu konten. Jadi, kamu harus sudah menentukan fokus bidang konten dari awal. Dengan begitu, kamu akan memiliki peluang pasar yang besar dalam satu bidang yang sudah kamu fokuskan tersebut.

Nah, melihat keuntungannya, benar-benar sangat menggiurkan, bukan? Apabila ingin menghasilkan konten siaran langsung berkualitas, proses pembuatannya juga harus ditunjang dengan alat-alat terbaik. Berikut ini beberapa rekomendasi alat live streaming yang harus kamu miliki.

Alat-alat yang Harus Dimiliki untuk Melakukan Live Streaming

1. Kamera

Kamera

Alat yang satu ini wajib untuk kamu miliki. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis kamera, seperti camcorder, mirrorless, webcam, bahkan smartphone. Akan tetapi, pastikan kalau kamera yang akan kamu gunakan memiliki kualitas mumpuni. Hal ini tentu bertujuan untuk menghasilkan kualitas video live streaming yang memuaskan penonton

2. Lighting

Lighting

Untuk menghasilkan video yang keren, kamu juga memerlukan efek pencahayaan yang bagus. Ada beberapa pilihan lighting yang bisa kamu gunakan. Untuk profesional, kamu dapat menggunakan Fresnel atau LED lighting.

Sementara itu, buat kamu para newbie, menggunakan ring light saja sudah lebih dari cukup. Menariknya, kini kamu bisa memilih ring light dengan mudah karena banyak penjual yang menawarkan jenis dan ukuran sesuai kebutuhan pasar.

3. Microphone

Microphone

Ketika membuat sebuah konten, suara yang jernih menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan kepuasan bagi penonton. Penggunaan microphone dapat membantu kamu untuk memfokuskan penangkapan suara dan mengurangi gangguan suara external yang tidak diinginkan.

Tidak perlu mahal, kamu cukup membeli microphone murah, mulai dari harga 250 ribu-350 ribu.

4. Laptop

laptop

PC/laptop dapat membantu kamu untuk mengolah data-data video maupun audio. Alat ini juga membantu kamu untuk melakukan proses editing sehingga menghasilkan video keren berkualitas. Ingin membeli? Carilah laptop dengan spesifikasi berikut, Core i5, Ram 8gb, memiliki external graphic card. Namun, hal-hal tersebut juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

5. Software live streaming

Software live streaming

Fungsi dari software ini adalah untuk membantu kamu mengunggah, mengedit, dan mengatur tampilan yang sudah kamu siapkan agar terlihat lebih profesional. OBS studio merupakan salah satu software edit video gratis yang bisa kamu gunakan.  Namun, jika memerlukan software yang berbayar, kamu dapat menggunakan  software vMix untuk mendukung kebutuhanmu.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi alat-alat khusus saat kamu akan melakukan live streaming. Intinya, untuk menghasilkan kualitas video premium, kamu juga harus memiliki alat-alat pendukung berkualitas. Alat-alat di atas adalah rekomendasinya, tetapi kamu bisa menyesuaikan pilihan alat tersebut sesuai bujet dan kebutuhan.