13 Aplikasi Presentasi Populer selain Ms. Powerpoint

Apa yang pertama kali terbesit dalam pikiran Anda ketika mendengar aplikasi presentasi? Kebanyakan orang akan berpikir produk besutan Microsoft, yaitu Ms. Powerpoint. Memang kepopuleran aplikasi ini tidak diragukan lagi.

Namun, tahukah Anda masih banyak software yang tidak kalah mumpuni untuk presentasi? Bahkan rekomendasi di bawah ini layak untuk menggantikan Ms. Powerpoint yang biasa Anda gunakan.

13 Aplikasi Presentasi selain Ms. Powerpoint

Bagi yang ingin membuat tampilan presentasi yang tidak membosankan, tentunya butuh aplikasi yang mendukung. Beberapa aplikasi di bawah ini akan membantu Anda membuat file presentasi yang menarik dan unik.

1. Prezi

Prezi Presentasi

Prezi termasuk software presentasi non linear berbasis cloud. Aplikasi ini dikenal bisa melihat dan mengedit hasil presentasi secara real time. Menariknya, semua hasil presentasi akan disimpan secara cloud.

Tidak perlu khawatir, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline. Prezi menyediakan tools editing gambar yang mumpuni. Dengan demikian, Anda bisa berkolaborasi dan berbagi dengan orang lain dengan mudah.

Fitur melihat pengeditan presentasi secara real time tentu tidak dimiliki semua aplikasi presentasi. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan Prezi sebagai pilihan yang tepat.

2. Visme

Visme Presentasi

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur menarik untuk presentasi. Visme juga menyediakan visualisasi data, infografis, demo produk, resume, dan laporan. Anda bisa menggunakan template menarik yang sudah disediakan di dalamnya.

Tampilan layout dan background HD yang disajikan pun tampak profesional. Anda juga bisa menggunakan jutaan gambar gratis, alat grafis, font, ribuan ikon vektor, dan lainnya. Visme memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk konten visual.

3. Haiku Deck

Haiku Deck

Aplikasi ini seringkali disandingkan dengan Powerpoint dan Prezi. Bedanya adalah Haiku Deck berbasis cloud. Aplikasi ini menyediakan 35 juta stok foto dan 27 jenis template. Anda bisa mengedit setiap slide di dalamnya dengan berbagai kreasi.

Pengguna bisa mengekspor presentasi yang dibuat dari Haiku ke Powerpoint, PDF, dan Keynote. Meski opsi kustomisasi agak terbatas, namun visual yang ditawarkan cukup mumpuni untuk tampilan presentasi menarik.

4. Emaze

Emaze

Jika Anda membutuhkan aplikasi sederhana untuk membuat presentasi, Emaze bisa menjadi pilihan. Tools presentasi ini dibuat dengan HTML5 dan bisa beroperasi di berbagai browser.

Aplikasi ini memang direkomendasikan bagi mereka yang ingin membuat tampilan presentasi secara instan. Tersedia tampilan presentasi profesional, baik dalam 2D maupun 3D.

Aplikasi ini banyak dipilih bagi mereka yang tidak punya banyak waktu mendesain presentasi. Meski bisa membuat presentasi secara kilat, tentu hasilnya tetap layak dan menarik.

5. Keynote

Keynote

Jika pengguna Windows memiliki Ms. Powerpoint, maka MacOS memiliki Keynote. Aplikasi ini memiliki fitur yang intuitif, canggih, dan cerdas. Keynote dikemas dengan kemampuan grafik interaktif, pendukung yang kuat, kumpulan frame, dan lainnya.

Tidak hanya itu, tersedia lebih dari 30 efek sinematik membuat objek dan teks lebih menarik. Dengan demikian, Anda bisa mengedit dan melihat hasil presentasi dengan lebih mudah. Bahkan dengan perangkat iPad atau iPhone.

Keynote memudahkan Anda melihat tampilan presentasi di perangkat mobile. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot-repot pindah ke desktop hanya untuk melihat file presentasi.

6. LibreOffice

LibreOffice

Aplikasi presentasi yang direkomendasikan berikutnya adalah LibreOffice. Aplikasi yang bisa diakses secara online ini bisa diandalkan untuk membuat presentasi yang unik dan keren.

Fitur dan tools di dalamnya dapat digunakan agar tampilan presentasi Anda tidak membosankan. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan upgrade fitur yang lebih menarik.

Berbagai upgrade fitur di dalamnya membantu pengguna yang ingin membuat tampilan presentasi terbaik.

7. Google Slides

Google Slides

Software presentasi berbasis cloud ini menyediakan tampilan yang user friendly. Slides bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan presentasi lebih menarik. Banyak background dengan tema dan desain yang bervariasi.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan kolaborasi. Fitur kolaborasi tentu akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

8. Slidedog

SlideDog Presentasi

Tidak sedikit yang merasa kesulitan ketika harus beralih ke setiap slide, pemutar video, PDF, bahkan website saat presentasi. Slidedog bisa menjadi solusi yang tepat.

Audiens presentasi tidak perlu melihat ke layar desktop Anda ketika harus beralih ke jenis file yang berbeda. Aplikasi ini juga mendukung fitur multimedia sehingga memungkinkan Anda membuat tampilan presentasi lebih baik.

Misalnya jika ingin menggabungkannya dengan slide Powerpoint, klip video, Prezi, PDF, dan halaman web.

9. Focusky

Focusky

Membuat presentasi yang menarik dan tidak mainstream bisa dengan mudah dilakukan. Focusky akan membantu Anda membuat tampilan presentasi yang menarik dan elegan. Meski aplikasi ini bersifat offline, fiturnya tak kalah bagus.

Banyak fitur yang disediakan untuk membuat presentasi yang menarik. Contohnya menggunakan mind-mapping dan berbagai macam efek 3D yang unik. Tersedia pula efek animasi dan transisi yang bisa membuat presentasi lebih hidup.

10. Academic Presenter

Academic Presenter

Kemudahan dalam membuat presentasi juga disediakan oleh aplikasi Academic Presenter. Aplikasi ini mudah dijalankan secara offline. Selain itu, kelebihannya terletak pada fitur dan grafik yang unik.

Dengan demikian, Anda bisa menampilkan presentasi yang elegan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memudahkan penggunanya untuk membagikan hasil presentasi. Misalnya di email, blog, dan lainnya.

11. Projeqt

Projeqt Presentasi

Aplikasi untuk menampilkan presentasi ini termasuk unik. Hal ini karena fitur di dalamnya yang dilengkapi cerita real time. Projeqt merupakan software yang bisa diandalkan untuk tujuan tersebut.

Anda bisa mendapatkan bahan yang berasal dari RSS Feed, gambar Flickr, tweets, dan lainnya. Gunakan pula video yang terdapat di Vimeo dan YouTube sebagai bahan presentasi.

Aplikasi ini bisa diakses di berbagai perangkat yang memungkinkan. Pengguna bisa mengedit dan melihat hasilnya langsung di perangkat lain.

Anda juga bisa mengimpor file PDF dan Powerpoint. Semua fitur yang disediakan ini bisa dinikmati secara gratis.

12. Slidebean

Sildebean

Tidak punya banyak waktu untuk membuat tampilan presentasi? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan Slidebean sebagai alternatif terbaik. Aplikasi ini cukup intuitif dan cerdas untuk membuat tampilan presentasi yang cepat.

Hal yang harus pengguna lakukan adalah menginput konten yang akan digunakan saat presentasi. Setelah itu, aplikasi ini akan mengerjakan presentasi sesuai format dan desain yang dibutuhkan.

13. Zoho Show

Zoho Show

Software presentasi berbasis online ini masih populer hingga kini. Zoho Show memungkinkan Anda membuat tampilan presentasi dengan browser maupun perangkat lainnya yang terhubung internet.

Zoho Show juga memungkinkan tampilan presentasi Anda menampilkan transisi dan animasi yang eye catching. Pengguna juga bisa mengimpor file di berbagai format. Misalnya .ppt, .ppsx, .pptx, .sxi, dan .odp.

Alat ini akan mendukung Anda berkolaborasi dengan rekan. Bahkan pengguna juga bisa menambahkan komentar pada hasil presentasi dengan Zoho Show.

Beberapa rekomendasi aplikasi presentasi di atas bisa menjadi pilihan. Anda jadi tidak terpaku Ms.Powerpoint saja ketika hendak membuat presentasi. Baca juga artikel rekomendasi aplikasi terbaik lainnya yang telah kami rangkum untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *