9 Fungsi Tim Media Sosial untuk Startup yang Wajib Kamu Tahu

Tim media sosial memiliki peran yang cukup penting dalam sebuah bisnis, terutama bisnis startup. Selain ide atau gagasan yang cemerlang, sebuah bisnis harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, kamu harus bisa memaksimalkan fungsi tim medsos untuk startup yang dibangun.

Seperti yang diketahui, lebih dari 75% penduduk bumi, memanfaatkan perkembangan teknologi dengan kemudahan mendapatkan informasi. Media sosial menjadi platform terlaris yang digunakan dalam berbagai sektor. Maka dari itu, kamu harus memahami apa saja fungsi tim media sosial untuk startup. 

9 Fungsi Tim Media Sosial untuk Perusahaan Startup

Sebagai founder, kamu harus paham betul fungsi dari tim medsos untuk bisnis yang dibangun. Dengan memahami fungsi-fungsi ini, kamu bisa tahu treatment apa yang paling tepat untuk menunjang kinerja tim medsos.

1. Membangun Branding Image

Tim medsos memiliki fungsi utama untuk membangun branding image. Hampir semua kegiatan social media dalam bisnis harus bisa mencerminkan nilai-nilai dari brand yang dimiliki perusahaan.

2. Menjaga Reputasi

Fungsi kedua adalah menjaga reputasi perusahaan. Tim media sosial juga berfungsi untuk menunjukkan tingkat profesionalitas dan reputasi positif suatu bisnis. Dengan ragam konten dan aktivitas di dunia maya, tim medsos harus dapat mencerminkan etos kerja dari bisnis startup tersebut.

3. Menarik Minat Audience Potensial

Audience potensial di sini adalah pengunjung social media perusahaan yang berpotensi menjadi investor. Maka dari itu, konten yang dibuat harus dapat menarik perhatian banyak pengunjung. Tim medsos harus bisa membaca pasar dan keinginan konsumen terhadap produk yang dijual.

4. Menjembatani Perusahaan dan Konsumen

Fungsi tim medsos berikutnya adalah menjadi penghubung antara perusahaan dengan konsumen. Hal ini mencakup menanggapi komentar, saran atau pertanyaan yang diajukan konsumen terhadap produk atau jasa yang dipasarkan.

5. Analisis Kompetitor untuk Kemajuan Bisnis

Fungsi berikutnya adalah untuk menganalisis kompetitor. Caranya adalah dengan membaca strategi bisnis yang dilakukan kompetitor melalui medsosnya. Hal ini sangat berguna untuk kemajuan bisnis startup. Pada dasarnya, bisnis startup harus mampu berkembang dan bertahan melawan kompetitor.

6. Menghemat Waktu dan Tenaga

Membuat dan menata konten yang baik pastinya bukan perkara yang mudah. Butuh usaha maksimal untuk melakukannya dengan baik.

Maka dari itu, kamu memerlukan tim medsos untuk menghemat waktu dan tenaga terkait posting konten, gambar, video, dan lain-lain untuk keperluan marketing.

Tim ini memiliki pengetahuan dan skill khusus bagaimana membangun relasi dengan customer melalui media digital. Dengan begitu, kamu juga jadi lebih fokus untuk menjalankan bisnis startup. 

7. Mengelola Media Informasi tentang Perusahaan atau Brand

Dari media sosial perusahaan, audience yang tertarik dengan perusahaan atau produk akan mencari informasi penting yang dibutuhkan. Maka dari itu, tim medsos akan menyajikan informasi terkini yang sekiranya dicari atau dibutuhkan audiens dari perusahaan.

8. Mengembangkan Ide, Strategi, dan Taktik yang Efektif

Seperti kebanyakan bisnis lainnya, perusahaan startup juga pasti akan menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan penjualan serta mempertahankan bisnisnya. Hal ini sangat wajar terjadi karena keterbatasan modal, keahlian, dan pengalaman.

Oleh sebab itulah, sebagai seorang perintis startup, kamu membutuhkan ide, strategi, dan taktik yang efektif. Sebagai divisi yang paling dekat dengan target pasar, tim media sosial juga berfungsi untuk membaca kondisi dan persaingan pasar.

Dengan begitu, kamu akan terbantu dalam pengambilan keputusan atau penyusunan strategi marketingyang tepat untuk bisnismu. Dalam menyusun strategi, proses trial and error pasti akan menguras dana dan berdampak pada arus kas bisnis.

Namun, ketika kamu memiliki tim medsos yang andal, kamu bisa terbantu dalam menemukan strategi yang lebih efektif.

9. Kampanye dan Iklan Produk

Media sosial memiliki peluang besar untuk mengumpulkan pelanggan baru. Jadi, penting bagi kamu untuk mengoptimalkan peran tim medsos. Tim ini juga bisa membantu perusahaan dalam kampanye maupun iklan produk melalui social media. Dengan begitu, kamu berpeluang untuk menarik minat banyak investor.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai beberapa fungsi tim medsos untuk startup yang penting untuk dipahami. Kesimpulannya adalah sebuah tim media sosial sangat berfungsi sebagai booster eksistensi perusahaan startup.

Baca Juga: