7 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Bisa Laku Setiap Hari

Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu sebab bisnis online makin diminati. Pasalnya, kamu bisa melakukan jualan online tanpa modal dengan penghasilan yang lumayan tinggi. Meski banyak usaha yang bisa kamu lakukan melalui online, kamu perlu tahu strategi sukses dalam memulainya. Yuk, kita bahas dalam artikel kali ini!

Strategi Sukses Cara Berjualan Online Tanpa Modal

Jika kamu ingin berpenghasilan, tetapi memiliki kendala modal, tempat, dan waktu, kamu bisa mencoba untuk melakukan bisnis secara online. Dalam memulai berjualan, kamu perlu strategi yang tepat dan nggak menawarkan suatu produk maupun jasa secara asal-asalan.

Selain sambungan internet yang memadai, kamu memerlukan perangkat pendukung seperti laptop, smartphone, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan bisnis yang ingin kamu jalani.

Adapun langkah-langkah agar sukses dalam memulai usaha online yang bisa kamu lakukan sebagai berikut.

1. Fokus pada Bisnis Tertentu

7 Cara Sukses Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Berjualan secara online memang menarik banyak perhatian dari berbagai kalangan. Namun banyaknya jenis usaha yang bisa dilakukan secara daring membuat kebanyakan orang melakukan bisnis lebih dari satu macam. Sebagai langkah sukses dalam memulai jualan online, kamu hanya perlu menekuni satu jenis bisnis terlebih dahulu.

2. Memilih Bisnis Sesuai Passion dan Kapasitas

Memilih Bisnis Sesuai Passion

Pastikan ketika memilih untuk terjun ke dalam dunia bisnis, kamu memilih usaha yang sesuai dengan keahlian atau kapasitasmu. Tidak sedikit ide jualan online tanpa modal yang bisa kamu pilih, seperti reseller, Youtuber, web developer, penerjemah. Bahkan, kamu bisa membangun bisnis sesuai hobi seperti penulis atau desainer grafis freelance.

Dengan memilih usaha sesuai passion, kamu tentu lebih menikmati proses perkembangan usahamu. Kamu juga tahu kapasitas kerja yang bisa kamu lakukan jika dibarengi dengan aktivitas di luar bisnis tersebut, misal sebagai mahasiswa atau ibu rumah tangga.

3. Mencari Pasar yang Tepat

Riset pasar untuk Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Setiap produk tentu memiliki targetnya masing-masing. Kita tidak bisa asal menjual suatu produk atau menawarkan jasa ke semua kalangan. Dalam melakukan bisnis, kamu perlu mencari target pasar yang tepat. Kamu bisa memanfaatkan social media maupun website untuk menjaring pasar bisnismu.

Sebaliknya, kamu bisa memilih bisnis yang sesuai dengan permintaan pasar. Contohnya, bila kamu memilih untuk menjual sebuah produk, kamu perlu melakukan riset produk. Cari tahu apa yang berpeluang besar dijual dan mendatangkan keuntungan tinggi dengan modal sedikit, atau bahkan tanpa modal.

4. Memasang Harga Sesuai Pasar

Setiap konsumen akan membandingkan harga dari satu penawaran ke penawaran lain. Kamu perlu tahu harga yang pantas untuk dipasang dalam penawaran produk atau jasa yang kamu ajukan. Makin baik kualitas yang kamu tawarkan, maka pelanggan juga tidak akan ragu untuk memilih produkmu dibandingkan yang lainnya meski harga yang dipasang terbilang tinggi.

5. Terima Masukan Klien sebagai Prioritas

Istilah “pembeli adalah raja” bisa kamu jadikan sebagai motivasi untuk membuat bisnismu sukses, dengan maksud tidak mengabaikan kritik dan saran dari klien atau konsumen.

Setiap kritik dan saran yang masuk bisa kamu jadikan prioritas sebagai evaluasi bisnis kamu agar makin meningkat kualitasnya sehingga banyak pelanggan yang akan memercayai dan suka dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

6. Memaksimalkan Media Sosial dan Website

Selain menjaring pasar yang tepat, kamu bisa memaksimalkan media sosial maupun website untuk meningkatkan penjualan. Dengan berbagai strategi SEO dan copywriting, kamu dapat menarik minat para target untuk melakukan closing atau kerja sama. Untuk itu, membangun social media atau website sebagai cara jualan online akan sangat membantu.

7. Profesional dalam Berbisnis

Salah satu rahasia sukses cara jualan online adalah bersikap profesional. Sikap profesional merupakan salah satu bagian terpenting yang akan menentukan apakah bisnismu sukses atau tidak. Makin kamu bersikap profesional, makin percaya konsumen terhadap bisnismu.

Secara tidak langsung kamu juga bisa meningkatkan permintaan atas produk yang kamu tawarkan dengan adanya rekomendasi pelanggan sebelumnya. Sebenarnya, masih banyak strategi sukses yang bisa kamu lakukan dalam melakukan usaha online.

Namun, tujuh cara berjualan online di atas sudah cukup membantumu untuk memulai. Jangan lupa! Selain strategi yang kamu lakukan, kamu juga harus memiliki rasa percaya diri dan semangat yang tinggi dalam menjalankan bisnis. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: