Mengenal Logo dan Manfaatnya Untuk Brand

Logo menjadi salah satu bagian dari dunia desain grafis. Kamu mungkin pernah melihat orang yang menawarkan jasa pembuatannya. Hal ini menunjukkan bahwa logo merupakan hal yang cukup penting sehingga orang rela membayar untuk membuatnya. Agar makin paham, simak penjelasan detail tentang pengertian, manfaat, hingga cara membuatnya berikut ini.

Logo pertama kali muncul di tahun 1810 dengan sebutan logotype yang berarti tulisan nama yang didesain dengan teknik penulisan lettering. Awalnya hanya dibuat dengan menggunakan tulisan saja. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, orang-orang mulai mendesainnya secara khusus menggunakan tambahan gambar dan warna.

Sebab itu, logo dapat diartikan sebuah desain simbol khusus yang mengombinasikan gambar, warna, dan juga tulisan. Pada prosesnya, pembuatan tanda spesial ini umumnya menyesuaikan konsep produk, brand, atau perusahaan yang ingin dibuat. Konsep yang bisa digunakan dalam proses pembuatan ini adalah filosofi dan karakteristik tersendiri.

Hasilnya, logo yang diciptakan harus memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan konsep yang telah disusun. Ciri khas tersebut bisa dibentuk dari banyak elemen, meliputi warna, penggunaan filosofi, dan font. Tujuan dari penciptaan ciri khas ini agar publik dapat membedakan satu dengan yang lainnya.

Manfaat Logo untuk Brand

Manfaat Logo untuk Brand

Meskipun terlihat sederhana karena hanya perpaduan antara simbol, warna, dan juga tulisan, ternyata ada beberapa jenis logo dan memiliki beberapa manfaat penting. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Menciptakan Identitas

Manfaat yang pertama adalah untuk menciptakan identitas suatu perusahaan, brand, produk, organisasi, dan lainnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seorang desainer harus mampu menggunakan konsep dan karakteristik tersendiri dalam proses pembuatan logo. Hal ini dilakukan untuk menciptakan identitas tersendiri dari hasil yang dibuatnantinya.

Oleh karena itu, makin unik sebuah karya, makin mudah diingat oleh orang lain. Jadi, hanya dengan melihat sebuah tanda unik saja, publik sudah bisa mengetahui nama brand atau perusahaan beserta produk yang dijual.

Contohnya, gambar sebuah apel dengan sedikit gigitan menjadi sebuah lambang ikonik dari brand Apple. Hanya dengan melihat simbol apel tersebut, orang-orang akan langsung ingat dengan brand Apple.

2. Bisa Digunakan untuk Media Promosi

Salah satu manfaat utama dari penggunaannya adalah bisa digunakan sebagai media promosi. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan desain simbol tersebut, kamu bisa menambahkan informasi seputar hal yang ingin ditawarkan. Contohnya, kamu bisa menambahkan desain gambar produk dan juga nama produk.

Menambahkan gambar produk ataupun nama produk pada logo tentu bisa menjadikannya media promosi efektif. Ketika orang lain melihatnya, mereka akan mengetahui produk apa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Jadi, sebuah simbol khusus saja sudah cukup membantu untuk mempromosikan brand.

3. Menciptakan Brand Image

Brand image merupakan gambaran dan citra suatu merek berdasarkan sudut pandang konsumen. Jika sedang membuat atau membangun brand baru, kamu wajib menciptakan brand image. Salah satu manfaat dari penggunaan logo adalah bisa menciptakan dan membangun brand image pada produk atau perusahaan.

Jika kamu menggunakan suatu desain yang unik dan mudah diingat orang lain, citra brand yang kamu miliki sudah meningkat. Selanjutnya, ketika orang tertarik dan ingat dengan simbol brand yang kamu miliki, konsumen akan mencari tahu tentang brand kamu.

Cara Membuat Logo yang Keren

Cara Membuat Logo yang Keren

Setelah mengetahui manfaat dan pentingnya penggunaan logo, saatnya mempelajari tentang cara membuatnya. Bagi yang pernah mempelajari desain grafis, kamu tentunya sudah mahir dalam proses pembuatannya. Akan tetapi, pemula tentu sangat asing dengan seluruh rangkaian proses pembuatan.

Nah,  jika ingin belajar membuat logo, simak caranya di bawah ini.

  • Pilih aplikasi design logo atau tools khusus, contohnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Canva dan lainnya.
  • Tentukan konsep dan filosofi dibalik penggunaan logo tersebut agar bisa menentukan unsur-unsur apa saja yang harus ada di dalamnya.
  • Pilih jenis desain gambar yang ingin dibuat, beberapa jenis populer adalah lettermark, pictorial, wordmark, dan emblem.  
  • Sesuaikan desain dengan produk atau brand. Sebagai contoh, jika ingin membuat logo toko pakaian, kamu bisa menggunakan simbol pakaian.
  • Jika ingin praktis, bisa gunakan beberapa template yang tersedia di website atau aplikasi desain lainnya. 

Itulah sedikit pembahasan tentang pengertian, manfaat dan cara membuat logo. Jika ingin belajar untuk mendesainnya, kamu tidak perlu memiliki latar belakang desainer. Terlebih lagi, kini ada banyak aplikasi dan tools yang bisa membantu kamu dalam proses pembuatannya. Jadi, tidak ada salahnya belajar membuat simbol unik dan menarik untuk brand sendiri.