10 Kamera Vlog Terbaik untuk YouTuber Pemula 2021

Kamera vlog

Jika Anda hobi membuat vlog sekaligus menguploadnya di YouTube, maka harus memiliki perangkat yang mumpuni. Salah satu alat yang harus Anda miliki adalah kamera vlog, kamera yang cocok untuk video vlogging dengan berbagai fitur dan setting yang lengkap.

Jangan khawatir, banyak kamera vlog terbaik untuk YouTuber pemula yang dibanderol cukup terjangkau. Dengan berbekal kamera terbaik dari kualitas dan harga, Anda memiliki bekal yang berharga dalam usaha menjadi YouTuber profesional.

10 Kamera Vlog Terbaik Murah Cocok untuk YouTuber Pemula

Kamera vlog terbaik

1. Fujifilm X-A3

Kamera Mirrorless Terbaik
Fujifilm X-A3

Kamera Fujifilm adalah salah satu merek kamera yang digunakan banyak fotografer profesional dalam membidik objek yang mereka inginkan. Jika Anda ingin mencoba peruntungan dengan membuat vlog lalu mengunggahnya di kanal YouTube, maka bisa menggunakan kamera Fujifilm, yaitu Fujifilm X-A3.

Fujifilm X-A3 adalah kamera vlog murah yang cocok untuk video vlogging karena bisa menghasilkan video kualitas mumpuni. Harganya yang hanya 6 jutaan sangat cocok untuk Anda yang ingin merintis karir menjadi YouTuber dan vlogger.

Fujifilm X-A3 sudah dilengkapi dengan lensa Fujinon XC 16-50 dengan resolusi 24,2 MP, aperture f/3.5. OIS II, layar kamera layar sentuh ukuran 3 inci dan lain sebagainya. Hebatnya lagi, layar kamera bisa dilipat ke depan sehingga Anda bisa selfie dan vlogging dengan mudah.

2. Olympus Pen E-PL8

Olympus Pen E-PL8
Olympus Pen E-PL8

Jika Anda lebih suka melakukan kegiatan outdoor vlogging, maka bisa menggunakan kamera Olympus Pen E-PL8. Kamera mirrorless ini didesain begitu ramping dan ringan (bobot 374 gram) di genggaman, sehingga Anda bisa bergerak ke sana kemari dalam waktu lama tanpa merasa pegal.

Selain desain stylish dan ramping yang cocok untuk outdoor vlogging, kamera vlog kecil ini juga bisa diandalkan untuk memberikan kualitas video yang baik. Olympus Pen E-PL8 dibekali dengan kamera resolusi 16 MP yang bisa menangkap gambar dengan hasil tajam dan jernih.

Kamera ini juga memiliki fitur penstabil video, jadi video akan tetap smooth dan mulus meski direkam sambil bergerak. Jika ingin mencobanya, Olympus Pen E-PL8 ini dibanderol mulai dari 7 juta hingga 8,7 juta.

3. Nikon 1 J5

Nikon 1 J5
Nikon 1 J5

Kamera vlog murah yang cocok untuk YouTuber pemula maupun veteran berikutnya adalah Nikon 1 J5, yang sudah dibekali dengan lensa kit ukuran 10 hingga 30 mm dengan bukaan f/3.5-3.6. Kamera ini mampu menghasilkan video kualitas 4K dengan kecepatan 60 fps, jadi hasil vlogging tidak mengecewakan.

Selain itu, fitur utama lain yang ditawarkan kamera ini adalah built in Wi-Fi, NFC, layar flip-on dan masih banyak lagi. Harganya cukup terjangkau untuk newbie, yaitu kisaran 4 hingga 5 jutaan, yang sangat worth it jika dilihat dari spesifikasinya.

4. Samsung NX3000

Samsung NX3000
Samsung NX3000

Selanjutnya ada Samsung NX3000, kamera yang cocok untuk menunjang aktivitas seorang vloger dengan kualitas video yang mumpuni. Kamera mirrorless ini memiliki fitur contrast detect AF dalam keadaan statis, sehingga video yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Lebih-lebih Samsung NX3000 ini juga support sensitivitas cahaya (ISO) mulai ISO 100 hingga ISO 25.600. Sama seperti lazimnya kamera mirrorless, Samsung NX3000 ini juga sudah dibekali dengan NFC dan koneksi built-in Wi-Fi untuk kemudahan sharing foto/video.

Kemudian ada foto depan resolusi 20,3 MP, yang bisa memberikan hasil selfie yang sempurna. Jika penasaran dengan kualitasnya, Anda bisa memiliki kamera ini dengan mengeluarkan biaya sekitar 6 jutaan.

5. Canon EOS 70D

Canon EOS 70D
Canon EOS 70D

EOS 70D adalah kamera DSLR Canon yang bisa mendukung hobi Anda melakukan vlogging. Kamera satu ini memang memiliki layar yang fleksibel dan bisa dibalik, sehingga Anda bisa melakukan vlogging dengan mudah.

Selain sensornya yang baik, kelebihan utama dari kamera ini adalah sensor Dual Pixel CMOS AF, yang bisa fokus secara otomatis terhadap objek rekaman. Sesuai kualitasnya, kamera ini dibanderol agak mahal, sekitar 12 jutaan, yang tetap worth it jika melihat spesifikasinya.

6. Canon Powershot G7X

kamera vlog Canon Powershot G7X
Canon Powershot G7X

Berikutnya ada Canon Powershot G7X, kamera vlog terbaik mirrorless yang pernah digunakan oleh vlogger populer macam Raditya Dika dan Karin Novilda. Layar kamera ini bisa dilipat 180° ke atas dan 45° ke bawah untuk aktivitas vlogging tanpa ribet dengan hasil memuaskan.

Fitur utama lain yang ditawarkan oleh kamera ini adalah shutter priority, aperture priority, auto, hybrid auto, Manual dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik, maka bisa membeli kamera Canon Powershot G7X dengan harga mulai 6 hingga 7 jutaan.

7. Sony Alpha α7

Sony Alpha a7
Sony Alpha α7

Kamera vlogging yang kami rekomendasikan selanjutnya adalah Sony Alpha α7, yang memiliki resolusi 24,3 MP dengan sensor 35 MM full-frame Exmor. Kualitas yang dimiliki kamera ini sudah sama dengan kamera DSLR terbaik di luar sana.

Kualitas yang dihasilkan oleh kamera ini juga jangan ditanya, pastinya memiliki sensitivitas, detail dan kualitas yang paripurna. Hal ini karena Sony Alpha α7 telah mengadaptasi prosesor canggih bernama BIONZ X paling baru plus teknologi auto focus paling canggih.

Prosesor BIONZ X tersebut juga bisa me-render warna menjadi lebih realistis, mengurangi noise dan membuat burst mode lebih cepat. Kamera ini cukup dihargai mahal, yaitu sekitar 15 juta, yang sesuai dengan spesifikasi di dalamnya.

8. Canon EOS M10

Canon EOS M10
Canon EOS M10

Jika Anda sedang mencari kamera yang cocok untuk vlogging dengan fitur auto focus yang akurat, maka bisa mencoba membeli Canon EOS M10. Kamera ini telah dilengkapi dengan fitur CMPS AF II, jadi Anda bisa merekam dengan kecepatan tinggi dan lebih mudah fokus.

Kamera ini memiliki lensa resolusi 18 MP, yang layarnya bisa diputar hingga 180°, jadi Anda bisa selfie dan vlogging dengan mudah. Jangan lupakan juga fitur NFC dan Wi-Fi untuk keperluan sharing anti ribet. Kamera yang bisa merekam kualitas video full HD ini dibanderol sekitar 5 jutaan.

9. Sony DSC-RX100

"<yoastmark
Sony DSC-RX100

RX-100 adalah kamera saku yang juga bisa dimanfaatkan sebagai kamera vlogging. Kamera buatan Sony ini telah dilengkapi dengan sensor CMOS Exmor 20 MP yang memiliki ukuran 1 inci, sensor yang cukup bagus untuk sebuah kamera saku.

Selain sensor yang baik, kamera ini juga memiliki fitur pendukung yang tidak kalah berkualitas, misalnya saja fitur panorama, HDR, Multi Shot Noise Reduction dan lain sebagainya. Jadi, kamera ini bisa merekam video di cahaya yang minim dengan hasil yang baik.

Lebih-lebih juga ada fitur steady shot, yang bermanfaat untuk meminimalisir efek getaran ketika Anda sedang melakukan perekaman. Kamera ini dibanderol sangat terjangkau, yaitu mulai dari 6,5 jutaan.

10. Sony Alpha A5100

Sony Alpha A5100
Sony Alpha A5100

Kamera vlogging yang cocok untuk YouTuber pemula terakhir adalah Sony Alpha A5100, yang dibekali dengan APS-C 24 MP, prosesor BIONZ X terbaru dan Auto Focus Hybrid yang super cepat. Kamera ini juga memiliki layar sentuh, microphone stereo dan mampu menghasilkan rekaman kualitas HD.

Ada juga NFC dan built-in Wi-Fi yang memudahkan Anda untuk sharing file dengan perangkat lain. Kamera ini bisa Anda dapatkan online maupun offline dengan kisaran harga mulai dari 5 hingga 7 jutaan.

Daftar kamera vlog di atas bisa dipertimbangkan jika Anda sedang menekuni vlogging dan ingin mengunggahnya di kanal YouTube pribadi maupun platform lain. Dengan harga yang variatif, Anda bisa menyesuaikannya dengan bujet dan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *