4 Perbedaan Canon EOS R5C dan EOS R5, Mana Juaranya?

Baru-baru ini, Canon meluncurkan kamera sinema hybrid EOS R5C yang mampu merekam video hingga pada resolusi 8K/60p. Dilengkapi dengan kipas pendingin, kamera ini tidak akan overheat karena pemakaian dengan durasi yang panjang.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa perbedaan Canon EOS R5C dan EOS R5? Simak ulasan mengeai reviewnya di bawah ini hingga selesai untuk  mengetahui jawabannya. 

Spesifikasi Canon EOS R5C & R5

Canon EOS R5C & R5

Sama-sama produk terbaik Canon, EOS R5C dan EOS R5 memiliki kamera 8K. Lalu, secara teknologi, keduanya memiliki banyak kemiripan. Kedua kamera Canon tersebut sama-sama memakai mount RF, memiliki tipe baterai sama, sensor full frame 45MP, Dual-pixel AF, dan jendela bidik layar dengan jumlah dot sama.

Keduanya juga memakai dual slot CFexpress dan SD card UHS-II, tetapi EOS R5C lebih tebal dan berat dibandingkan dengan EOS R5. Berikut adalah spesifikasi lengkap keduanya. 

SpesifikasiCanon EOS R5Canon EOS R5C
Bobot bodi650 gram680 gram
Ukuran 135.8 x 97.5 x 88 mm142 x 101 x 111 mm
Sensor 45 MP full frame CMOS45 MP full frame CMOS
Fokus otomatisDual Pixel CMOS AF IIPhoto: Dual Pixel CMOS AF II • Video: Dual Pixel CMOS AF with Eye AF and EOS iTR AF X
Kecepatan maksimal mode burst12fps mechanical shutter, 20fps electronic shutter12fps mechanical shutter, 20fps electronic shutter
LCD2,100 dots2,100 dots
Dynamic range12 stops14 stops
Stabilisasi in body image5-axis, up to 8 stops
Stabilisasi electronic image5-axis5-axis
Resolusi maksimal8K/30p8K/60p (with external power)

Perbedaan Canon EOS R5C vs R5

Perbedaan Canon EOS R5C vs R5

Setelah menyimak spesifikasi lengkap Canon EOS R5 dan Canon EOS R5C di atas. Kamu juga perlu tahu bahwa terdapat beberapa perbedaan yang nyata dari keduanya. Beberapa perbedaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. IBIS (In Body Image Stabilization)

Perbedaan Canon EOS R5C dan EOS R5 yang pertama terletak pada penggunaan IBIS. IBIS memungkinkan sensor pada kamera bergerak otomatis untuk melawan goyangan kamera sehingga gambar yang dihasilkan lebih stabil.

IBIS digunakan pada kamera Canon EOS R5 dan R6. Namun, kini EOS R5C tidak lagi menggunakannya. Akan tetapi, kamu masih dapat melakukan run and gun dengan memakai stabilizer dalam lensa.

Mengenai penggunaan IBIS dan stabilizer, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. IBIS bekerja dengan baik pada fokus yang lebih pendek, sebaliknya pada fokus panjang sensor tidak mampu bergerak cukup untuk mengimbangi guncangan pada kamera.

Pada stabilizer lensa, semua dapat distabilkan dalam kamera. Tetapi, stabilizer dalam lensa lebih mahal dibandingkan IBIS.

2. Sistem Fokus Otomatis

Canon EOS R5 dibekali fitur fokus otomatis, yakni Dual Pixel CMOS AF II. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melacak wajah, kepala, mata dan tubuh manusia, hewan dan mengenali kendaraan.

Pelacakan subjek tertentu oleh EOS R5 ini dapat dilakukan dalam mode diam maupun video. Hal ini dapat memungkinkan penggunanya untuk melacak kendaraan maupun hewan saat perekaman.

Sementara itu, EOS R5C menggunakan fitur tersebut hanya pada saat memotret. Saat merekam video, kamera jenis ini menggunakan sistem Dual Pixel CMOS AF asli. Sistem ini memungkinkan penggunanya melacak video, tetapi terbatas dan tidak dapat menjangkau subjek tertentu.

3. Fitur Video

EOS R5C didukung lebih banyak fitur video dibandingkan R5. Sebagai kamera sinema, terdapat fitur 12-bit Cinema RAW Light pada EOS R5C yang tidak dimiliki EOS R5. Tidak hanya itu, terdapat juga tombol-tombol yang diberi angka untuk memilih fitur video lebih lanjut, seperti menampilkan waveform atau ingin mengambil HDR video.

4.  Tuas Mode Foto dan Video

Perbedaan Canon EOS R5C dan EOS R5 selanjutnya adalah EOS R5C memiliki tuas mode foto dan video yang terpisah. Pada bagian kiri atas terdapat tuas ON dan OFF yang tidak biasa, di mana kiri adalah ON-photo, tengah adalah tombol OFF, dan sebelah kanan adalah ON-video. 

Harga Canon EOS R5C dan EOS R5

Harga Canon EOS R5C dan EOS R5

Dengan spesifikasi yang telah disebutkan di atas, pre-order Canon EOS R5C dibanderol dengan harga Rp90 juta body only. Sebagai perbandingan, EOS R5 berada pada harga Rp57,3 juta body only.

Demikian review kamera Canon EOS R5C dan EOS R5. Jika dilihat dari fiturnya, R5C mempunyai kedudukan yang lebih unggul. Namun, semuanya kembali pada preferensi masing-masing. Setelah mengetahui spesifikasi dan perbedaan Canon EOS R5C dan EOS R5, mana yang lebih menarik hatimu?

Baca Juga: