Review Kamera Pentax K-3 Mark III: DSLR Canggih dan Premium

Sejujurnya keberadaan kamera DSLR kini tidak sepopuler dahulu. Memang masih ada komunitas atau pecinta kamera tipe ini. Namun, kehadiran kamera mirrorless membuat persaingan lebih seru.

Pentax sepertinya tetap teguh untuk melihat prospek fotografi SLR masih sangat cerah. Mereka hadir dengan Pentax K-3 Mark III. Bagaimana kualitas kamera ini? Cek review kamera tersebut di sini!

Spesifikasi Kamera DSLR Pentax

Pentax K-3 Mark III

Saat Canon dan Nikon tidak lagi merilis kamera DSLR terbaru dalam dua tahun terakhir, Pentax mengambil jalan berbeda. Setelah 6 tahun lalu merilis K-3 II, kini Pentax merilis versi upgrade K-3 III.

Bagaimana perbandingan versi baru ini dengan sebelumnya? Apa saja yang berubah dan apakah kamera ini bisa bersaing di tengah serbuan kamera mirrorless?

Berikut kami jabarkan review kamera Pentax K-3 III secara singkat.

1. Desain

Meskipun sebenarnya K-3 III lebih kecil dari versi K-3 II, layaknya kamera DSLR standar, Anda tetap tidak akan bisa mengantongi kamera ini. Pasalnya, desain bodinya cukup besar dan bulky.

Selaras dengan desain bodi, kamera ini cukup berat. Terlebih jika Anda menggabungkannya dengan lensa yang lumayan besar, misalkan 11-16mm, Anda wajib menggunakan strap. Bahkan, rasa beratnya akan terasa setelah beberapa jam membawa kamera ini.

Terlepas dari beratnya, Pentax K-3 III ini memang dibuat dengan sangat baik. Kamera ini menggunakan bahan magnesium alloy yang bebas debu dan weatherproof.

2. Spek Kamera

Harga kamera ini memang mahal, setara dengan Nikon D500 atau Canon 7D Mark II. Untuk itulah, Pentax membekalinya dengan sensor 25.7MP APS-C tanpa AA filter.

Jenisnya sendiri adalah BSI yang statusnya lebih baik. Kemudian sensor ini juga dilengkapi 5 axis stabilizer. Kamera Pentax K-3 III ini mampu merekam video dengan resolusi 4K 30p.

Bagaimana dengan autofocus-nya?

Tentu ada upgrade agar sesuai dengan harga. Di versi sebelumnya hanya ada 25 titik AF. Namun, di versi baru ini menjadi 101 titik AF yang 25 di antaranya masuk kategori cross-type. Jadi, kamera bisa fokus meski kondisi gelap (hingga -4 Ev).

Selain itu, sistem autofocus ini juga mendapat dukungan algoritma prediksi AF berkelanjutan yang sudah di-upgrade. Hal ini membuat Pentax K-3 III punya kemampuan pelacakan subjek lebih cepat dan akurasi warna foto yang tajam.

Dibanding dengan versi yang lalu, Pentax K-3 Mark III juga memiliki shutter speed yang lebih oke. Kamera ini bisa memotret tanpa henti hingga 12 fps karena ada desain shutter mekanik baru di dalamnya. Jumlah ini lebih banyak 4 fps dibanding versi sebelumnya.

3. Fitur Kamera

Untuk fitur andalan, tidak banyak berubah. Fitur lama seperti Pixel Shift Resolution, Dual Slot Memory, hingga AA Simulator masih dipertahankan.

Kerennya, kamera ini punya jendela bidik prisma yang terbilang mewah, yakni dengan perbesaran 1,05x dan 100% view. Tidak ingin ketinggalan dari pesaingnya, Pentax juga menyematkan fitur Wireless LAN agar pengguna bisa langsung upload foto.

4. Tombol Kontrol

Salah satu yang menarik dari kamera DSLR ini adalah hadirnya berbagai tombol kontrol di seluruh bodi. Selain itu, ada tuas dan roda serta joystick di bodinya.

Tombol kontrol ini diharapkan memudahkan Anda untuk mengatur kamera sesuai kebutuhan. Sayangnya, LCD kamera ini tak bisa dilipat.

Kemungkinan besar, Pentax mengambil keputusan menggunakan LCD flip out agar bodi makin kokoh. Jadi, saat kondisi sulit atau tidak memungkinkan layar akan tetap dalam kondisi aman.

Mode di kamera ini juga terbilang lengkap sehingga Anda bisa menggunakan dengan nyaman dan mudah.

Baca Juga:

Kelebihan dan Kekurangan Pentax K-3 Mark III

Kelebihan Pentax K-3 Mark III
PlusMinus
+ Kualitas gambar sangat baik– Tidak ada flip-out LCD (tidak bisa dilipat LCD-nya)
+ Stabilitas gambar tidak perlu diragukan– Video resolusi 4K terpotong
+ Handling dan build-nya luar biasa– Ada masalah di autofocus
+ Banyak tombol kontrol– Harga mahal
+ Durasi baterai terbaik

Secara keseluruhan, Pentax K-3 Mark III cukup menggoda dibandingkan pendahulunya. Maklum saja, jarak perilisan juga jauh. Jadi, tidak heran ini adalah versi upgrade terbaik dari K-3 II.

Kamera ini juga cocok untuk jurnalis ataupun liputan di outdoor. Semoga dengan review kamera Pentax di atas, Anda bisa menentukan pilihan untuk membeli K-3 III ya.


Source:

Check Also

camera zoom fx vs camera fv-5

Camera Zoom FX Vs Camera FV-5, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi membuat smartphone turut berkembang, dan hal ini juga berdampak pada dunia fotografi lho. …