Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik 2021

aplikasi perekam layar pc

iniDeskripsi: Aplikasi perekam layar PC yang bisa digunakan oleh youtuber pembuat tutorial atau gamers. Rekomendasi aplikasi perekam layar PC terbaru 2021.


Salah satu pekerjaan yang populer dikalangan anak muda adalah Youtuber. Saat ini ada banyak Youtuber yang kontennya berisi tutorial atau bermain game. Untuk bisa membuat hal tersebut, dibutuhkan aplikasi screen recorder PC.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Aplikasi perekam layar PC bisa menangkap setiap aktivitas yang terjadi pada layar PC. Selain bisa merekam pergerakan kursor dan aktivitas pribadi, aplikasi ini juga bisa merekam gameplay suatu game. Bahkan jika kamu melakukan streaming melalui layar PC, videonya bisa direkam menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi untuk merekam layar PC terdapat banyak pilihan. Setiap aplikasi memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa daftar aplikasi perekam layar PC:

1. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

perekam layar pc ringan

Aplikasi perekam layar PC gratis ini bisa merekam tanpa memberikan watermark terhadap video hasil rekaman. Software ini adalah open source dan bisa digunakan untuk berbagai platform.

Memiliki UI yang sederhana, namun kurang user friendly bagi pemula. Fitur yang dimiliki diantaranya merekam desktop, merekam suara, atau merekam webcam.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan modifikasi terhadap hasil rekaman. Format video yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah MP4 atau FLV. Hasil rekaman video nya juga sudah HD.

Spesifikasi minimal untuk dapat mengoperasikan aplikasi ini adalah processor Intel I5 atau AMD FX Dual Core. Butuh RAM 4GB dan memori tersisa 2GB.

2. TinyTake

perekam layar di pc

Aplikasi ini dikembagkan oleh developer MangoApps. Aplikasi ini ada yang versi gratis dan ada yang versi berbayar. Untuk versi gratis kamu cuma bisa merekam aktivitas di layar desktop selama 5 menit. Jika kamu menggunakan versi berbayar, kamu bisa merekam hingga 120 menit.

Aplikasi ini cukup user friendly bagi pemula. Fitur-fiturnya juga cukup mudah dipahami oleh pemula. Tiny take juga berlaku sebagai aplikasi screenshot pc.

Spesifikasi PC minimal untuk bisa menjalankan aplikasi ini tidak terlalu berat. Hanya butuh RAM 4GB dan processor dual core.

3. Action!

perekam layar action

Selain bisa merekam aktivitas di desktop, Aplikasi Action! juga bisa digunakan untuk streaming secara real-time. Tak hanya itu, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan screenshot.

Rekaman video yang dihasilkan aplikasi ini berformat MP4 dan AVI

Aplikasi ini sayangnya hanya bisa beroperasi di PC dengan OS Windows. Spesifikasi yang dibutuhkan juga tidak terlalu berat. Masih bisa berjalan dengan processor core 2 duo dan RAM 1GB.

4. WM Capture

wm captured

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya merekam area layar tertentu dan adanya fitur schedule recording. Dengan fitur schedule recording, kamu bisa mengatur kapan aplikasi bisa mulai merekam.

Format video yang dihasilkan oleh aplikasi ini cukup beragam seperti MPEG, AVI, WMV, DVD-ISO, dll.

Sayangnya aplikasi ini belum mempunyai fitur streaming real time.

Spesifikasi PC yang dibutuhkan juga relatif rendah. Aplikasi ini termasuk aplikasi perekam layar pc ringan karena masih bisa berjalan dengan processor dual core dan RAM hanya 1GB.

5. XSplit Gamecaster

xsplit gamecaster

Aplikasi ini cukup populer. Banyak gamer yang merekam permainan mereka menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga sangat user friendly bahkan bagi pemula.

Selain bisa merekam, aplikasi ini juga memiliki fitur streaming. Fitur streamingnya juga cukup handal. Video hasil streaming bisa stabil.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi menginstal aplikasi editing video tambahan. Ada fitur editing video yang menjadi bawaan aplikasi ini. Setelah merekam, kamu bisa langsung melakukan pengeditan.

Sayangnya aplikasi ini tidak support dengan PC non OS Windows.

Spesifikasi PC minimumnya adalah processor Intel i5, graphic card dengan DirectX 10.1, RAM 8GB dan 2GB memori tersisa

6. ShareX

aplikasi perekam layar tanpa batas waktu

Aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis karena merupakan open source. Meskipun aplikasi ini gratis, kehandalannya sudah terbukti. Ini adalah aplikasi perekam layar pc tanpa batas waktu. Fiturnya cukup lengkap, bahkan bisa menyimpan tangkapan layar dalam format GIF.

Tidak usah khawatir, ini adalah aplikasi perekam layar pc tanpa watermark.

Sayangnya aplikasi ini kurang handal untuk merekam gameplay suatu game.

Spesifikasi PC minimal adalah processor Core 2 Duo dan RAM 1GB sudah mampu mengoperasikan aplikasi ini.

7. DXTory

perekam layar untuk pc

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap dengan tampilan aplikasi yang cukup bersahabat. Mekanisme aplikasi juga cukup mudah. Sangat cocok bagi pemula.

Hasil rekaman video juga berkualitas tinggi. Untuk fitur perekam audio, aplikasi ini mampu merekam suara dari game dan juga suaramu dari mic.

Spesifikasi PC minimalnya juga tidak terlalu besar. Hanya butuh processor dual core dan RAM cukup 1GB.

8. Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay)

nvidia gevorce experience

Aplikasi ini hanya bisa berfungsi pada PC Windows yang terpasang GPU GeForce. Salah satu fitur unik dari aplikasi ini adalah mampu merekam secara mundur. Jadi kamu hanya perlu klik shortcut sebagai penanda akhir video, kemudian aplikasi ini bisa merekam aktivitas selama 20 menit sebelumnya.

Kualitas rekaman, akan menyesuaikan kualitas layar PC. Karena menggunakan GPU, beban kerja processor bisa lebih ringan

Format video yang dihasilkan adalah MP4. Spesifikasi PC yang dibutuhkan adalah processor dual core, GPU Nvidia GeForce, RAM 2GB.

9. Bandicam Screen Recorder

perekam layar bandicam

Aplikasi ini memiliki kemampuan yang sangat handal dalam menghasilkan rekaman terbaik. Aplikasi ini mumpuni untuk merekam di frame rate maupun bitrate yang tinggi. Bahkan hasil rekamannya bisa UltraHD hingga 4K.

Aplikasi ini menyediakan pilihan untuk menggunakan versi gratis atau versi berbayar. Untuk bisa mendapatkan fitur terbaik dari aplikasi ini, kamu harus menggunakan versi berbayar. Sayangnya belum ada fitur streaming pada aplikasi ini.

Spesifikasi PC yang dibutuhkan adalah processor dual core, Graphic Card dengan DirectX 9, RAM 1GB, dan minimal memori tersisa 10GB.


Rekomendasi aplikasi perekam layar PC di atas semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang membutuhkan. Pilih aplikasi perekam layar pc terbaik yang paling sesuai kebutuhanmu. Jika Kamu telah selesai merekam Kami juga Merekomendasikan Aplikasi Edit Video PC.

1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *